Cara Membangkitkan Motivasi Menulis

Image: canva.com

10 Cara Membangkitkan Motivasi Menulis Agar Tetap Konsisten

Setiap manusia memiliki kebebasan masing-masing. Termasuk kebebasan untuk menentukan ke arah manakah Kamu akan melangkah. Memutuskan menjadi seorang penulis juga termasuk kebebasan yang Kamu miliki. Namun pastikan Kamu juga tahu bagaimana cara membangkitkan motivasi menulis.

Menulis adalah sesuatu seni yang indah, karena tidak semua orang bisa menulis dari hatinya. Selalu ada hambatan yang akan terasa, dan bahkan bisa membuatmu bosan dan jenuh. Oleh karena itu seorang penulis harus memiliki motivasi pada dirinya. Berikut adalah cara membangkitkan motivasi menulis yang dapat Kamu terapkan:

1. Menjadi Diri Sendiri

Hal ini harus dilakukan oleh seorang penulis. Untuk bisa mewujudkan impianmu menjadi penulis Kamu harus bisa menjadi diri sendiri. Tuangkanlah tulisanmu sesuai kemampuanmu, janganlah berpikir tentang bagaimana tanggapan orang yang akan membacanya.

Berpikirlah bahwa yang Kamu kerjakan adalah yang terbaik dan bisa memberikan manfaat serta kebahagian untukmu.

Baca Juga :  Apasih Enaknya Kuliah Di Jogja? 5 Alasan Berikut Akan Membuatmu ...

2. Tanpa Nanti

Penyakit dasar seorang penulis adalah menantikan sebuah pekerjaan. Ketika ide sudah muncul di kepala, biasanya ada beberapa penulis pemula yang akan membiarkan ide itu pergi begitu saja.

Memunculkannya saja sudah sulit, dan melepaskannya dengan begitu mudah. Jadi yang harus Kamu lakukan adalah tulis segera idemu di selembar kertas, walaupun masih berbentuk coretan karena itu sangat berharga.

3. Memiliki Komunitas

Sudah banyak komunitas menulis yang ada di Indonesia, baik secara online maupun offline. Di dalam komunitas menulis tersebut tentunya Kamu akan banyak mendapatkan ilmu serta teman yang memiliki hobi sama sepertimu. Dari sanalah Kamu bisa menambah motivasi menulis yang Kamu miliki.

Ketika Kamu sudah mulai menulis bersama dengan komunitas, maka akan dengan mudah Kamu mengetahui hal yang masih kurang di dalam tulisanmu.

4. Publikasi Tulisan

Kenapa harus dipublikasi? Jika Kamu merasa tulisan yang dibuat sudah bagus, maka cobalah untuk mempublikasinya. Sebetulnya ini salah satu cari memotivasi Kamu, agar tulisan yang Kamu buat mendapatkan tanggapan dari para pembaca. Lebih bagus lagi jika Kamu bisa bekerja sama dengan media online atau cetak untuk menerbitkannya.

Baca Juga :  Pantai Kuta: Destinasi Favorit Di Bali Para Wisatawan Kalau Sedang Berliburan

5. Tulislah Dari Hati

Mulailah menulis dari dalam lubuk hatimu. Curahkan segala apa yang ingin Kamu tuangkan kedalam tulisan, sehingga karyamu akan menjadi lebih bermakna.

6. Tentukan Topik

Saat menulis biasanya Kamu bingung menentukan judul. Sebelum menentukan judul maka Kamu harus menentukan topik yang akan Kamu tulis. Agar tulisanmu bisa terarah. Ketika Kamu sudah bisa menentukan topik maka dengan lancar Kamu akan bisa menulis.

7. Mengikuti Seminar

Banyak program seminar latihan menulis yang telah hadir. Ini bisa menjadi solusi Kamu untuk tahap latihan dalam menulis. Kamu akan dapat ilmu dari coach dan akan dilatih untuk menulis yang baik.

8. Jadwal Rutin

Baca Juga :  5 Mobil SUV Yang Cocok Banget Untuk Keluarga Kamu!

Jika Kamu bersungguh ingin menjadi penulis, maka jangan lakukan hal ini setengah-setengah. Karena akan mendapatkan hasil yang jauh dari maksimal. Berlatihlah untuk memberi deadline dari setiap tulisan yang Kamu buat, dan berilah sanksi jika Kamu tidak bisa mencapai deadline tersebut.

9. Membaca

Hal penting yang bisa membangkitkan semangat motivasi menulis adalah membaca. Dengan membaca Kamu bisa membuka jendela ilmu. Ketika Kamu sedang merangkai sebuah tulisan maka Kamu perlu banyak membaca karya orang lain, agar bertambah kosa kata yang Kamu miliki.

10. Refreshing

Cara ampuh lainnya adalah refreshing. Otak juga perlu sesuatu yang fresh untuk membangkitkan semangat.
Demikianlah 10 cara membangkitkan motivasi menulis agar Kamu tetap konsisten menulis. Selain itu, ketika ingin menyerah dan kehilangan semangat, pastikan Kamu mengingat apa tujuanmu menulis. Dengan begitu Kamu akan bersemangat lagi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *