Aplikasi Kasir

Image: pixabay.com

10 Tips Memilih Aplikasi Kasir Handal Agar Bisnis Tambah Untung

Di era yang sudah canggih ini, aplikasi kasir sudah wajib dimiliki untuk seorang pengusaha supermarket atau swalayan. Era modern menuntut semuanya berubah menggunakan teknologi. Sudah eranya berpindah dari tradisional ke modern.

Seperti membeli kebutuhan pokok sudah tidak melulu dilakukan di pasar tradisional saja, melainkan sudah beralih ke pasar modern. Bentuk dari pasar modern ini bisa berupa hypermarket, swalayan, supermarket atau toserba. Dimana kesamaan dari pasar modern tersebut adalah barang dijual di dalam toko dan bandrol harga sudah tertera.

Pembeli bisa mengambilnya sendiri, lalu pembayaran dilakukan di kasir. Di kasir, ada petugas yang akan melayani, yakni seorang kasir. Lebih efektif, cepat, nyaman, dan efisien pastinya. Untuk para pengusaha pasar modern ini, harus paham tata cara pemilihan aplikasi kasir yang berkualitas sehingga akan meminimalisir kerugian. Berikut adalah 10 tipsnya :

Baca Juga :  Ketahui Beragam Jenis Kartu Kredit BRI Sebelum Kamu Apply Kartu Kredit Di BRI

1. Memilih aplikasi yang fiturnya lengkap. Dimana fitur-fitur ini akan menjadi pilihan lengkap untuk melakukan kegiatan penghitungan barang yang dibeli konsumen. Bahkan selain untuk tujuan penghitungan, fitur-fitur lain yang dibutuhkan pun juga harus ada.

2. Saat membeli software aplikasi, jangan hanya memperhatikan harganya saja. Mahal atau murah tidak akan menjamin kualitas software. Yang menjamin adalah ketika kita memilihnya dengan teliti. Karena kerusakan software tidak akan dengan mudah terselesaikan. Butuh dana yang besar juga.

3. Pilih software yang eksis. Maksudnya adalah banyak digunakan oleh orang-orang. Jika banyak yang menggunakan, berarti kualitasnya bagus.

4. Cermati teknologi yang digunakan pada software. Kita bisa lihat versinya. Semakin baru versinya, maka akan semakin bagus dan canggih teknologinya. Untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama, pastilan software yang kita pilih adalah software yang berteknologi canggih masa kini.

Baca Juga :  Keuntungan Iklan Google Adword Dan Juga Cara Membuatnya

5. Cari software aplikasi kasir yang mudah digunakan. Sehingga mudah untuk dipelajari tutorialnya. Hal ini penting, karena pegawai kasir kemungkinan akan sering ganti, bukan hanya satu orang itu saja. Maka dari itu, pastikan software mudah untuk diajarkan dan dipahami.

6. Ada garansinya. Walaupun software itu tidak bisa dipegang berupa benda. Namun dalam transaksi pembeliannya, kita juga membutuhkan garansi. Dimana garansinya akan berupa garansi update dan garansi pemakaian. Seperti software lainnya, garansi penggunaan dalam kurun waktu tertentu pun juga harus kita pahami.

Kemudian jika sudah mendekati masa expired-nya, ada layanan update atau tidak. Ini harus benar-benar diperhatikan dengan benar. Sekali aplikasi yang kita gunakan untuk kasa bermasalah, maka akan mengganggu jalannya kegiatan pelayanan di supermarket kita.

7. Pastikan kita membeli software yang asli. Yang asli pasti berbayar. Yang asli pasti mahal. Ini sudah pasti, namun kualitas yang asli lebih terpercaya. Tanpa takut diblokir, kekuatan yang lemah, atau masa expired yang pendek.

Baca Juga :  7 Bisnis Yang You Must Try Jika Kuliah Jurusan TI!

8. Ada banyak versi aplikasi sistem kasir ini. Pastilah kita memahami versi-versinya lalu bisa menentukan versi mana yang tepat.

9. Banyak mencari informasi sebelum membeli software. Lebih baik menggali banyak informasi di situs resminya, sehingga akan mendapatkan referensi aplikasi berkualitas.

10. Bisa melakukan percobaan dulu pada aplikasi trialnya. Hal ini dirasa penting dan perlu sebagai ajang uji coba. Jika sudah cocok, baru beli software aslinya.

Menjadi seorang pengusaha sukses, harus memiliki kehati-hatian dan pertimbangan yang matang dalam bertindak. Apalagi jika jenis usahanya adalah jenis usaha supermarket. Manajemennya harus tertata rapi, maka dari itulah pemilihan aplikasi kasir yang tepat harus dilakukan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *