membuat virtual reality

Image: newscaststudio.com

3 Software Untuk Membuat Virtual Reality Photography

Membuat Virtual Reality Photography diperlukan beberapa software. Beberapa teman menanyakan tentang sofware apa yang dipakai untuk membuat Virtual Reality Photography. Untuk software yang diperlukan untuk membuat sebuah Virtual Reality Photography itu sebenarnya tergantung masing-masing fotografer. Kadang ada yang satu foto dihasilkan dari pengolahan 1 software saja, terkadang ada yang sampai puluhan software. Yang pasti sesuai tujuan awal yaitu: menghasilkan karya yang bagus dan baik. Saya sendiri biasanya menggunakan 3 software dalam prosesnya.

\Berikut software yang biasa saya pakai untuk membuat Virtual Reality Photography:


1. Software Pengolah Gambar

Software Pengolah Gambar disini berfungsi untuk memberikan sentuhan awal foto dari kamera. Bisa berbentuk file RAW dan bisa berbentuk file JPEG. Jika ingin foto yang bagus, mungkin bisa mencoba teknik HDR. Biasanya diakhir proses editing selalu dilakukan proses penghilangan noise dengan software. Yang menjadi catatan disini adalah semua file gambar harus melalui tahapan dan editing yang sama, sehingga dirposes selanjutnya hasil gambar tidak belang-belang.

Baca Juga :  Sekilas Tentang Virtual Reality Photography Yang Perlu Kamu Tau!

2. PTGui

PTGui berfungsi untuk menggabungkan file-file foto hasil dari pengolahan software 1. PTGui memiliki kemampuan yang saya anggap luar biasa. PTGui bisa menggabungkan foto dengan rentang 360° x 180°. Saya menggunakan PTGui Pro personal license dengan harga 149 € atau dirupiahkan menjadi sekitar 2,2 Jutaan. Namun jangan kawatir, apabila kamu baru akan belajar, ada versi trial yang bisa kamu gunakan dengan berbagai kekurangan.

Ada juga software lainya yang mempunyai fungsi serupa seperti hugin(free) dan lainnya. Keluaran dari PTGui ini nantinya berupa file gambar yang resolusinya 1:2 atau dengan rentang 360° x 180°. Dari file ini kita bisa masukkan ke software terakhir yang mengubah ke bentuk Virtual reality atau kamu juga bisa menguploadnya ke Google Street View.

Baca Juga :  Masjid Raya Al Hidayah: Salah Satu Masjid Kampung Terbaik Di Indonesia

3. KRPano

Krpano merupakan software yang digunakan untuk mengubah file gambar menjadi Virtual Reality. Cara kerjanya sederhana, tinggal drag and drop file gambar ke software sistemnya, dan tinggal tunggu sampai selesai. Untuk harga software ini adalah 129 € atau jika dirupiahkan sekitar 1,9 Jutaan.

Sama dengan PTGui, ada banyak software lain yang mempunyai fungsi serupa. Krpano sendiri memiliki interface default, ada dapat merubahnya sesuai dengan kemauan kamu dengan sedikit mengutak-atik file xml nya. Untuk hasil akhir dari 3 software yang digunakan untuk membuat sebuah Virtual Reality Photography Kamu bisa lihat disini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *