Toko Online

Image: freepik.com

4 Keuntungan Jika Kamu Punya Toko Online Sendiri

Perkembangan internet yang sangat cepat ini sangat membantu memudahkan dalam bidang apapun. Salah satunya yaitu bidang jual beli online atau toko online. Perkembangan bisnis penjualan online pun mulai bergeser ke model perkumpulan para pedagang atau yang disebut marketplace. Namun karena banyaknya penjual terkadang ada yang kurang terkontrol oleh penyedia jasa. Akibatnya ada konsumen yang merasa dirugikan atau ditipu karena barang-barang tidak sesuai.

Kepercayaan pembeli terhadap penjual berkurang akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu perlu adanya solusi untuk menumbuhkan rasa percaya terhadap penjual. Baik yang individu maupun yang memiliki toko fisik.

Apabila Kamu menjual apapun itu dibanyak marketplace, sebaiknya Kamu memiliki homebase yang memang benar-benar bahwa Kamu terpercaya. Salah satu caranya adalah dengan membangun toko online sendiri. Toko online yang dibuat untuk menjaga kepercayaan konsumen selain menjual produk di marketplace-marketplace yang ada.

Sebenarnya cara membuat toko online mudah banget. Sudah banyak pernyedia jasa yang memberikan fitur-fitur menarik yang harganya masih sangat terjangkau untuk kalangan individu. Dan memiliki toko online sendiri memiliki keuntungan untuk kita.

Baca Juga :  Ragam Usaha Kecil Kreatif Bermodal Limbah Yang Sedikit Modal

Berikut 4 keuntungan jika Kamu memiliki toko online sendiri:

1. Meningkatkan Kepercayaan

Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi, dengan memiliki homebase seperti toko online, konsumen pasti akan lebih percaya belanja online. Karena modal utama dalam berbisnis online adalah kepercayaan. Kenapa? Coba pikirkan siapa yang mau transfer uang terlebih dahulu tanpa tahu apakah orang tersebut benar-benar penjual atau bukan.

Dalam bisnis online kepercayaan sangat penting. Bahkan bisa dibilang kepercayaan adalah no 1 yang perlu dijaga. Sekali saja konsumen kecewa dan merasa ditipu, sulit akan mengembalikan kepercayaan. Ini juga berlaku untuk kehidupan nyata pastinya.

Maka dari itu, memiliki sebuah website ecommerce dapat lebih memberikan rasa percaya dari konsumen. Apalagi diwebsite dijelaskan secara detail tentang toko fisik kita kalau punya ya. Itu yang nggak didapat di marketplace yang ada saat ini.

2. Branding

Dengan memiliki ecommerce sendiri, kita bisa branding usaha yang kita miliki. Kalau dimarketplacekan hanya produknya saja yang penting kejual. Tapi urusan branding masih minim. Di toko online kamu bisa memperkenalkan jadi diri usahamu.

Baca Juga :  Keuntungan Iklan Google Adword Dan Juga Cara Membuatnya

Proses memperkenalan ke masyarakat umum memang gampang-gampang sulit. Kenapa? ya pasti harus punya strategi-strategi khsusus. Salah satu caranya yang relatif mudah ialah dengan memasang iklan. Kamu bisa memanfaatkan Partner Iklan untuk mengenalkan produk atau usahamu dimanapun. Dengan mengiklankan maka bisa membantu dalam pejualan pastinya.

3. Bebas Pakai

Seperti rumah, jika kita punya sendiri dengan bebas kita pakainya dan mau diapain juga bebas kan rumah sendiri. Beda dengan apartemen, karena dipakai bersama jadi pasti ada aturan-aturan yang berlaku. Sama seperti toko online, jika punya sendiri, kamu bebas mau ngapain disitu. Misal Kamu mau desainnya seperti ini itu dan lain-lainnya bebas tanpa larangan.

Kalau model marketplace kan sudah ada standarnya. Jadi mau nggak mau Kamu ya harus terima, walaupun kadang sepertinya nggak sesuai dengan apa yang Kamu inginkan. Ya namanya numpang, kok maunya ini itu ya nggak? hehe. Enak punya sendiri kan ya?

Baca Juga :  Ketentuan Toko Online Jual Furniture Jakarta Paling Terpercaya

4. Keamanan

Soal keamanan ini seperti yang sudah saya singgung sebelumnya dalam Mengamankan Akun. Keamanan data yang Kamu miliki itu penting untuk menjaga kerahasiaan. Hubungannya dengan toko online ya data transaksimu, barang dan lain-lainnya sudah tidak rahasia lagi jika menggunakan marketplace yang ada.

Sebisa mungkin dalam bisniskan apapun transaksi yang ada dijaga dan dirahasiakan karena untuk kepentingan kedepan. Ini berbeda lo ya kalau cuma penjual individu. Kalau Kamu punya bisnis yang lumayan besar, toko online harus kamu miliki sendiri. Untuk barang dimarketplace ya ala kadarnya saja. Jangan semua, demi keamanan data transaksimu. Karena data itu sangat berharga untuk dunia yang mulai terbuka ini.

Itu tadi 4 keuntungan jika Kamu memiliki toko online sendiri. Semua kembali ke pada usahamu, apakah membutuhkan hal-hal diatas atau tidak. Misal kalau hanya jual produk berjumlah sedikit ya nggak harus buat toko online, tapi jika barang banyak dan transaksi rutin, buat toko online perlu Kamu pertimbangan. Percayalah, punya toko online sendiri banyak untungnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *