Tips Mudik

Image: dojeitoquebrasileirogosta.com.br

4 Tips Mudik Bawa Bayi, Kamu Harus Tau Sebelumnya!

Mudik memang udah jadi tradisi orang Indonesia. Mudik diartikan sebagai kegiatan pulang kekampung halaman saat menjelang hari raya idul fitri. Fenomena ini terjadi satu tahun sekali dan selalu menjadi fenomena yang menarik untuk diikuti. Tak terkecuali oleh siapapun bahkan sampai mencai-cari tips mudik di internet.

Walaupun mudik hanya pulang kampung, tapi terkadang hal-hal kecil bisa menjadi batu sandung untuk tidak jadi mudik. Selain biaya, kondisi tubuh yang kurang fit juga bisa menyebabkan gagalnya pulang kampung. Ada lagi terkadang kendala karena baru memiliki bayi dan takut dijalan kenapa-napa.

Punya bayi mau mudik kenapa tidak. Punya bayi bukan halangan buat Kamu untuk bertemu keluarga dikampung. Asal persiapannya matang, mudik pun akan berjalan lancar. Ya pasti beda ya mudik sendiri dengan mudik udah punya anak.

Berikut 4 tips mudik buat Kamu yang bawa anak bayi:

1. Pilih Kendaraan Yang Nyaman

Tips mudik yang pertama jika membawa anak bayi, sebisa mungkin pilihlah kendaraan yang nyaman baik untuk Kamu atau anak Kamu. Jangan menggunakan kendaraan pribadi roda dua. Kalau bisa jika ingin menggunakan kendaraan pribadi ya paling nggak yang rodanya 4. Atau kalau enak lagi ya pakai kendaraan umum saja.

Baca Juga :  Lactamil: Tempat Konsultasi Terpercaya Untuk Calon Mama

Kenapa kok nggak boleh pakai kendaraan roda dua? Kendaraan roda dua itu nyamannya hanya dikendarai oleh 2 penumpang saja tidak lebih. Jika bawa anak maka nyaman pasti berkurang. Ditambah lagi cuaca yang panas dan hujan pula, kasian si kecil.

Bayangin aja, yang udah dewasa aja kalau cuacanya panas banget pasti lemas apalagi bayi? Begitu juga kalau mudik malam hari. Malam hari cuacanya dingin belum lagi asap kendaraan dan polusi-polusi lain. Sebaiknya memang menggunakan kendaraan yang model tertutup. Kalau memang tidak bisa, jangan paksakan untuk mudik!

2. Jangan Bawa Banyak Barang

Tips mudik yang kedua barang bawaan saat mudik jangan banyak-banyak. Percayalah oleh-oleh yang paling disukai sanak famili dikampung adalah mentahannya saja atau THR. Nggak usah bawa banyak barang. Toh belum tentung yang dibawa dipakai atau bermanfaat disana.

Baca Juga :  Perumnas: Solusi Memiliki Rumah Subsidi Dari Program Sejuta Rumah

Bawa barang secukupnya saja karena Kamu sudah ada yang lebih berharga untuk dibawa yaitu anak. Nggak maukan repot sendiri? Pulang seminggu bawaannya 2 koper? isinya apa aja? duit? Yang dibawa ngggak usah aneh-aneh. Keluarga dikampung sudah sangat senang jika Kamu sampai dengan selamat dan sehat.

3. Selalu Cek Kondisi Kesehatan

Tips mudik yang ketiga cek kondisi kesehatan Kamu dan bayimu. Pastikan dalam kondisi sehat. Mudik membutuhkan stamina yang kuat jadi jangan sampai memaksakan diri dan sampai kampung halaman malah sakit. Bagusnya malah cek kedokter, memungkinkan nggak kalau bayimu dibawa mudik.

Mudik itu hukumnya nggak wajib dan nggak sunah. Jangan memaksakan mudik jika memang kondisi kesehatan kita dan keluarga da yang bermasalah. Dan jangan lupa kalau memang mudik, pastikan bawa obat-obatan untuk jaga-jaga diperjalanan.

Baca Juga :  Mesin Pembuat Mie Dapat Menghasilkan Mie yang Tidak Mudah Putus

4. Bawa Perlengkapan Bayi

Tips mudik yang keempat kebutuhan perlengkapan bayi juga perlu dipersiapkan. Dari mulai pakaian, alat kebersihan, produk-produk kebersihan maupun perlengkapan lainnya. Bawalah produk bayi yang bagus dan berkualitas. Pastikan produk-produk yang dibawa saat mudik memang sesuai dan pas untuk bayimu.

Salah satu yang menawarkan produk-produk bayi yang bagus adalah zwitsal. Produk bayi yang ditawarkan aman dan dari bahan alami tanpa kimia. Jadi pas banget buat perlengkapan bayimu diperjalanan.

Itu tadi 4 tips mudik buat Kamu yang bawa anak bayi. Membawa anak kecil memang berbeda dengan orang dewasa. Kamu butuh persiapan yang matang. Jangan sampai terkendala nantinya diperjalan akibat keteledoran kita sebagai orang tua. Pastikan pas berangkat memang benar-benar siap. Jangan paksakan jika persiapan mudikmu dan anakmu belum benar-benar terencana dengan baik. Selamat mudik.



Pada kategori For Bloggers

About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, aku Blogger Tekno dan Fotografer Foto 360 Derajat yang tinggal Yogyakarta. Berkecimpung sebagai Blogger mulai tahun 2010 dan Fotografer Foto 360 Derajat tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *