Rumah Lebih Menarik

Image: enlightenme.com

5 Alasan Kenapa Rumah Lebih Menarik Dari Apartemen

Beberapa tahun ini sudah mulai banyak apartemen dibangun didalam kota. Alasannya jelas, ketersediaan lahan dipusat kota semakin sedikit sedangkan permintaan rumah banyak alasanya dikota punya rumah lebih menarik. Solusinya jelas dengan membangun apartemen. Dengan Lahan yang sedikit bisa membangun bangunan yang luasnya puluhan kali dari lahan.

Mungkin bagi Kamu yang lagi cari tempat tinggal, Apartemen ini bisa mengodamu. Disamping harga rumah yang memang lebih tinggi, lokasi apartemen juga dekat dengan pusat apapun. Apartemen memang dirancang dekat dengan fasilitas yang ada. Dengan harga yang sama dengan rumah, apartemen menawarkan lokasi dan fasilitas layaknya hotel berbintang.

Bagi Kamu yang memang sudah punya rumah sendiri dan sedang mencari hunian yang dekat dengan pusat kota, apartemen ini bisa jadi solusi. Tapi bagi Kamu yang lg cari tempat tinggal pertamamu, pikir lagi deh kalau mau pilih apartemen. Manfaatnya banyak, tetapi kalau mau Kamu tinggalin dalam jangka waktu lama, rumah lebih menarik untuk ditinggali.

Berikut 5 alasan kenapa rumah lebih menarik dari apartemen:

1. Kepemilikan Lebih Jelas

Kepemilikan apartemen sebenarnya jelas bagi Kamu yang memenag sudah paham betul. Tapi bagi pemula agak sedikit membingungkan. Kepemilikan apartemen bermacam-macam tapi intinya pemilik apartemen hanya memiliki Hak Guna Bangunan(HGB). Tanahnya gimana? Biasanya tanahnya dimiliki pengembang apartemen atau dikuasai pemerintah. Jelas ya?

Baca Juga :  8 Makanan Favorit Anak Kos Di Jogja Yang Perlu Kamu Tau!

Sedangkan rumah, Kamu punya keduanya kan ya? Punya bangunannya dan punya tanahnya. Untuk pemula, rumah memang lebih mudah dalam hal pengurusan kepemilikannnya. Kita punya sertifikat tanahnya atau bahasanya itu Sertifikat Hak Milik(SHM) jadi lebih jelas kepemilikannya.

Kalau Kamu memang sudah paham dan tetap pingin punya apartemen, nggak ada yang salah guys. Asal punya duit sendiri nggak merugikan oranglain kenapa tidak. Yang terpenting paham dulu soal kepemilikannya takut nantinya nyesel. Kalau buat aku pribadi sih, rumah lebih menarik, Kamu?

2. Kepemilikan Selamanya

Kepemilikan apartemen itu biasanya ada batasnya, karena kepemilikannya berbentuk HGB. Lama waktunya tergantung penawarannya ya, ada yang 30 tahun atau bahkan lebih. Tapi yang pasti ada batasnya dan susah kalau mau diwariskan nantinya.

Rumah kita tau sendiri dong, kepemilikannya selamanya. Karena memang rumah prinsipnya jual beli dan hak milik. Kalau untuk warisan sepertinya bagusan berbentuk rumah dari pada apartemen. Selain kepemilikannya jelas, juga bisa dimiliki sepanjang kita mau.

Baca Juga :  5 Tips Merawat Kebersihan Rumah Yang Bisa Kamu Coba!

3. Punya Lahan

Bagi Kamu yang memang suka berkebun, huniannnya yang punya lahan lebih cocok buatmu. Kalau lahannya kecil? kan ada hidroponik dan teknologi pertaniannya lainnya guys. Kamu bisa menanam sayuran, atau bunga-bunga yang indah.

Apartemen juga punya lahan lho, tapi kepemilikannya bersama. Ada beberapa apartemen mewah yang menawarkan hunian dikelilingin taman yang hijau dan luas. Ada juga yang memang bangunan aja tanpa taman. Sekalipun apartemen punya taman, tapi juga nggak boleh Kamu apa-apain ya bisa dimarah orang nanti.

Kelebihan rumah memang punya lahan atau tanah maksudnya. Jadi kalau Kamu mau renovasi atau bangun ulang rumahmu bisa aja guys asal ada biaya. Kamu bebas mau apain itu rumah asal masih dalam lahan tanahmu. Rumah lebih menarik dong ya?

4. Desain Bebas

Kelebihan lain kenapa rumah lebih menarik adalah, Kamu bebas memilih desain rumahmu sendiri. Mau model rumah minimalis, rumah mewah, atau rumah hantu sekalin pun boleh. Atau kalau mau kelihatan lucu, rumahnya berbentuk setengah bola atau rumah dome yang banyak disebut rumah teletubis. Bebas kan ya? kan kepunyaan sendiri.

Aparemen sama halnya Kamu memiliki sebauh Kamar disuatu hotel. Kamu mau nggak mau mengikuti desain apa yang dirancang diawal. Mungkin desain yang dirubah hanya sebatas interiornya saja, ekteriornya nggak mungkin kali ya. So, masih menarik rumah dong ya?

Baca Juga :  8 Hal Yang Dapat Memotivasi Diri Agar Skripsi Cepat Selesai

5. Lebih Murah

Secara hitungan, rumah lebih murah dari apartemen padahal ada apartemen yang lebih murah dari rumah ya nggak? Kalau dihitung dengan harga beli dan harga jual kembali nantinya, rumah lebih murah dan menjanjikan. Dengan alasan yang sudah dijelaskan diawal pasti rumah lebih murah dong. Paling tidak kalau bangunan rumah sudah rapuh bisa dijual tanahnya saja.

Secara beli diawal rumah lebih mahal dari apartemen untuk beberapa kasus bukan yang mewah lho ya. Tetapi ada juga kok perumahan yang murah seperti Perumnas. Perusahaan BUMN ini mengembangkan Perumahan Murah di Indonesia. Harga dan kualitas yang ditawarkan cocok buat Kamu yang lagi cari rumah bukan apartemen.

Itu tadu 5 alasan kenapa rumah lebih menarik dari apartemen. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat Kamu semua guys. Memilih hunian memang gampang-gampang susah. Baik rumah atau apartemen semuanya bagus, tergantung kebutuhanmu. Tetapi kalau aku pribadi, rumah masih lebih menarik dari apartemen.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *