Makanan Sehat

Image: pixabay.com

5 Cara Mudah Menentukan Apakah Makanan Sehat Atau Tidak

Makanan adalah suatu kebutuhan pokok dan setiap hari Kita membutuhkan asupan makanan ini untuk bisa hidup sehat. Meski menjadi kebutuhan pokok makanan yang dikonsumsi sebaiknya diseleksi dengan ketat supaya mendapatkan asupan makanan sehat. Makanan bisa dikatakan sehat apabila memenuhi beberapa kriteria sehingga memberikan banyak nutrisi karena kandungannya terjaga. makanan yang sehat tidak selalu mahal justru yang murah meriah dan masih segar adalah makanan yang memenuhi kriteria.

Pentingnya Menikmati Makanan Terbaik

Makanan adalah sumber kesehatan akan tetapi ketika keliru memilih jenis makanan maka bisa menjadi sumber penyakit. Beragam penyakit berbahaya dan mematikan kerap sekali dipicu oleh konsumsi makanan yang jauh dari kata sehat. Mendapatkan asupan yang benar baiknya memilih mengolah sendiri supaya bisa menakar bahan dan bumbu untuk membuatnya tetap sehat. Dianjurkan mengatur porsi makanan dengan tepat, baik antara sayur dan daging maupun waktu makan supaya tidak berlebihan.

Baca Juga :  Jenis Alergi, Tidak Hanya Alergi Makanan Saja Lho!

Mengenal Makanan yang Bisa Disebut Sehat

Tidak semua makanan bisa dikatakan sebagai makanan yang sehat demikian pula sebaliknya, seringnya orang bisa saja keliru. Maka dari itu kita perlu mengetahui makanan tersebut sehat atau sebaliknya.

Berikut 5 cara mudah menentukan apakah makanan sehat atau tidak:

1. Merupakan makanan yang halal dan thayyib

Makanan yang halal dijamin merupakan makanan yang menyehatkan bagi badan sebab hanya makanan tertentu yang masuk kategori haram. Kemudian pastikan ketika disantap tidak ada hal yang menghalanginya sehingga dikatakan thayyib. Misalnya menikmati daging ayam yang halal, akan tidak thayyib jika masih mentah belum diolah.

2. Kandungan garam dan MSG yang sedikit

Menikmati makanan sehat sebaiknya tidak mengandung penyedap berlebihan misal kandungan garam maupun MSG. garam yang berlebih akan membuat tubuh mengalami penggumpalan darah sehingga peredarannya terhambat. Bagi yang memiliki jantung bermasalah sudah tentu akan memicu hipertensi atau justru serangan jantung. Kandungan MSG sebaiknya juga sedikit bila memungkinkan dihapuskan sebab jika menumpuk akan memicu sel kanker tumbuh subur.

Baca Juga :  Waktu Tidur Bayi Sesuai Umur, Calon Bapak Harus Tau!

3. Bahan makanan matang dengan sempurna

Bahan makanan yang aman dikonsumsi jenisnya sangat banyak mulai dari sayuran sampai beragam jenis daging. Pastikan matang dengan sempurna, misal untuk daging wajib direbus lama supaya bagian dalamnya juga matang dan empuk. Kecuali sayuran baiknya diolah sebentar untuk mempertahankan nutrisi di dalamnya yang mudah larut jika terkena panas. Jenis makanan tertentu juga aman disantap dalam kondisi mentah asalkan sudah dicuci bersih.

4. Kaya akan serat dan nutrisi bermanfaat lainnya

Makanan yang Kita konsumsi sebaiknya mengandung serat yang banyak supaya bisa memperlancar pencernaan. Pencernaan yang lancar memastikan makanan tersebut bisa diproses dan diserap nutrisinya secara maksimal. Ketika sudah menjadi sampah dipastikan akan segera dikeluarkan dari tubuh sehingga tidak ada bakteri mengendap di dalam pencernaan. Serat ini bisa diperoleh dari sayuran, buah-buahan, gandum, beras merah, dan makanan kaya warna alami lainnya.

Baca Juga :  5 Ciri Makanan Sehat Yang Bisa Menjauhkanmu Dari Berbagai Penyakit

5. Rendah lemak dengan minyak terbatas

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi namun dianjurkan tidak berlebihan. Sebab kelebihan asupan lemak memicu obesitas yang justru mengundang beragam penyakit berbahaya. Asupan lemak yang rendah bisa didapatkan dari makanan yang diolah tanpa minyak, perbanyak yang direbus, dikukus, maupun dipanggang. Apabila masih merasa hambar dan butuh makanan yang gurih bisa memilih bahan makanan yang di tumis. Sehingga kandungan minyaknya tidak terlalu banyak, dan membuatnya menjadi makanan sehat yang baik untuk tubuh yang sehat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *