Memilih Jam Tangan

Image: pixabay.com

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jam Tangan Yang Pas

Kalau mendengar kata jam tangan, pasti kita tau dong kalau benda yang satu ini adalah alat penunjuk waktu. Tapi sebenarnya gak hanya sebagai penunjuk waktu saja,jam tangan juga jadi aksesoris buat fashion kita lho. Maka dari itu kita nggak boleh sembarangan memilih jam tangan yang kita gunakan.

Jam tangan biasanya ada 2 tipe ya, jam analog yang pakai jarum dan jam digital. Kalau aku sendiri sih lebih suka jam digital. Karena selain simpel, biasanya fiturnya banyak dan lebih lengkap dari jam analog. Tapi Kalau untuk tampil formal, jam digital ini agak kurang pas. Kalau pakai jam digital ini kesannya sporty.

Karena aku udah punya jam digital, ada rencana nih mau cari yang analog. Tapi aku tipilkan yang kalau beli jam nggak mau ngasal aja. Harus ada sesuatu yang menarik didalamnya. Dan terpenting tahan lama kalau dipakai. Beberapa hal yang aku perhatikan saat memilih jam tangan dan mungkin bisa juga Kamu ikuti jika mencari jam analog sebagai berikut:

1. Strap Atau Tali Jam

Ada beberapa jenis strap pada jam tangan. Ada yang rubber, kanvas, kulit dan stainless. Kesemuanya memiliki kelebihan masih-masing. Pernah pakai semua starp kecuali yang kulit. Yang paling enak sih antara rubber dan stainless. Untuk kanvas biasanya agak bau kalau habis basah dan kena keringat.

Baca Juga :  5 Pertimbangan Yang Harus Kamu Tau Saat Memilih Transportasi Liburan

Aku belum tau mau pilih yang mana, tapi tertarik semua. Karena sekarang udah ada yang rubber dan kanvas, kemungkinan cari yang kulit atau stainless. Karena keduanya pas kalau untuk tampil formal. Kalau mau tampil sporty biasanya strep yang berbahan rubber atau kanvas.

2. Movement Atau Penggerak Jam

Ini nih yang penting kalau menurutku. Ada beberapa movement pada jam setau aku, yaitu Quartz/Battery, solar powered, automatic, mechanical dan manual winding. Dan biasanya yang harganya terjangkau itu ya antara Quartz/Battery, solar powered dan automatic.

Aku orang yang nggak suka gonta-ganti battery. Kenapa? Karena suka pakai jam yang tahan air, biasanya kalau udah ganti battery atau pernah dibonggkar ketahanan akan airnya berkurang. Ini dari pengalaman aku selama ini, nggak tau kalau dari kalian semua. Jadi aku kepinginnya ya antara yang pakai solar powered atau automatic.

Solar powered itu, battery jamnya bisa diisi ulang dengan tenaga surya atau matahari. Sedangkan automatic, itu jam hidup karena ada pergerakan. Jadi kalau jam jarang dipakai bisa mati. Biasanya 1 sampai 3 hari jika jam tidak dipakai atau kondisi diam akan mati. Nanti kalau dipakai lagi dan ada gerakan hidup lagi. Nah ini nih aku pingin yang beginian. Kalau Kamu?

Baca Juga :  5 Hal Penting Tentang Jam Tangan Bagi Pria Yang Wajib Kamu Tau!

3. Fitur

Jujur aja selama ini suka jam digital itu karena fiturnya banyak. Ada info jam, tanggal, alarm, stopwatch, timer dan lampu. Tapi berhubung karena mau cari yang analog, otomatis cari yang fiturnya juga nggak harus banyak tapi cukuplah. Dan biasanya jam analog banyak fitur itu memiliki fitur chronograph.

Chronograph ini jujur aku belum pernah nyoba. Tapi kalau dari googling sih, katanya layaknya seperti timer dan stopwatch itu ada. Mungkin bentuknya analog kali ya. Dan ini menarik nih karena gak hanya ada info jam dan tanggal aja.

4. Brand

Brand ini sebenarnya antara penting dan nggak penting. Gak penting kalau kita hanya mencari fungsionalitas. Tapi penting kalau kita mau menampilkan dari segi fashion. Brand jelas akan menaikkan percaya diri si pengguna jamnya.

Kalau menurut aku brand itu penting. Selain dari nama brand sudah terkenal, biasa kualitasnya juga bagus selayaknya seberapa besar brand tersebut. Salah satu brand yang menarik saat ini adalah jam tangan expedition original. Dan udah mulai kepo-kepo sih tentang brand jam satu ini yang mulai populer.

Baca Juga :  Tonton Guardians of the Galaxy Vol.2 di Cinema 21 Medan

5. Harga

Harga ini juga pertimbangan saat memilih jam tangan. Sudah jelas jam yang memiliki fitur dan kualitas yang bagus harganya juga bagus. Tapi kita bisa memilih mana yang harganya masih terjangkau dengan fitur yang kita inginkan.

Seperti yang aku bilang diatas tadi soal brand jam tangan expedition original. Selain populer saat ini, dengan fitur yang lengkap menurutku untuk jam tangan analog harganya masih ramah dikantong. Udah liat dikir-dikit harganya, ya okeleh untuk jam tangan dengan brand dan fitur yang menarik ini.

Untuk memilih jam tangan, biasanya aku hanya memfilter 5 hal diatas. Dan saat ini masih cari-cari dan mengamati mana jam analog yang cocok untuk aku. Salah satu yang menjadi opsi dari brand jam tangan expedition original tadi. Dari 5 hal diatas, kesemuanya masuk nih di jam yang satu ini. Kalau kamu tertarik, di mataharimall.com lagi ada diskon tuh. Ok itu aja sih tulisan kali ini. Semoga bermanfaat untuk Kamu dan juga untukku.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *