Memilih Transportasi Liburan

Image: freepik.com

5 Pertimbangan Yang Harus Kamu Tau Saat Memilih Transportasi Liburan

Pergi liburan ke luar kota atau kemana gitu pasti menyenangkan. Nggak terkecuali aku sendiri, seneng banget rasanya kalau lagi mau liburan. Dan sebelum kita pergi liburan kita juga harus menyiapkan ini dan itu. Salah satunya yang harus Kamu pikikan mengenai memilih transportasi liburan.

Transportasi nggak kalah pentingnya dengan destinasi wisata. Karena transportasi yang akan mengantarkan kita ke destinasi wisata yang kita akan kungjungi. Dan trasnportasi ada bermacam-macam jenisnya, Kamu harus bisa memilih transportasi liburan yang memang tepat.

Berikut 5 pertimbangan yang harus Kamu tau saat memilih transportasi liburan:

1. Efisiensi Waktu

Saat ingin bepergian baik liburan atau tujuan lain pasti inginnya cepat sampai. Baik jauh atau dekat yang pasti inginnya tetap yang paling efisien. Setiap jenis transpotasi tentu memiliki kecepatan waktu yang berbeda-beda.

Jika Kamu misalnya dari pulau sumatra atau kalimantan dan sedang ingin ke Seminyak Bali, maka opsi-opsi apa saja transpostasi yang cepat mengantarkanmu kesana dipertimbangkan. Kalau ingin cepat ya pasti naik pesawat ya, kalau naik bisa sudah pasti lama dan naik kapal laut juga sama saja.

Baca Juga :  8 Tips Memilih Smartphone Android Yang Sesuai Agar Tidak Menyesal

Namun kalau jarak antara Kamu sekarang dengan tujuan wisata dekat, misalnya Yogyakarta ke Semarang kan nggak mungkin naik pesawat. Naik kendaraan seperti bis merupakan opsi terbaik atau menggunakan kendaraan pribadi. Hal semacam ini harus Kamu pertimbangkan diawal.

2. Jumlah Yang Akan Ikut

Selain yang efisien waktu, perlu juga mempertimbangkan jumlah orang yang akan ikut liburan bareng. Kalau misalnya hanya berdua atau malah sendiri dan jaraknya dekat mungkin bisa naik kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Kalau agak jauh dan banyak yang ikut tentu bisa memilih transpostasi yang bisa mengangkut banyak orang.

Selain itu jika Kamu perginya jauh dan orangnya banyak tentu juga perlu mempertimbangkan kapasitas transportasi dan biaya pada akhirnya. Ya semuanuya perlu dipertimbangkan dengan baik. Tujuan liburan kan untuk bahagia, tentu hal-semacam ini harus dipertimbangkan diawal. Jangan sampai membuat masalah saat liburan.

Baca Juga :  Kegiatan Tanoto Foundation Melahirkan Generasi Peduli Lingkungan

3. Optimal Saat Membawa Barang

Selain bawa orang, tentu yang dipikirkan juga bawa barang. Kalau misalnya naik motor tentu bawaannya terbatas. Misalnya bawaannya banyak karena menginap beberapa harus kan menjadi agak susah diperjalanan. Belum lagi kalau Kamu beli oleh-olehnya agak banyak.

Atau menggunakan transportasi umum, tentu barang bawaan harus dibuat semudah mungkin untuk dibawa. Nggak mau dong ribet diperjalanan ngurusin barang bawaan. Kamu harus mempertimbangkan dengan baik transportasi apa yang paling cocok buat Kamu.

4. Kemudahan Akses

Hal ini biasanya jadi pertimbangan saat memilih transportasi umum. Yang terpenting adalah kemudahaan aksenya, seperti jangkauan transportasi tersebut sampai mana. Misalnya ingin ke pantai yang masih baru tentu biasanya tranposrtasi umunya belum banyak atau bahkan belum ada.

Kalau sudah seperti ini kita perlu opsi-opsi apa saja yang akan dipilih jika hal semacam ini terjadi. Misalnya dengan menyewa kendaraan atau menggunakan kendaraan pribadi. Tapi ada juga beberapa tempat wisata pantai yang bisa dijangkau kendaraan umum.

Baca Juga :  Peralatan Diving Paling Dasar yang Harus Diketahui untuk Pemula

5. Biaya Yang Dihabiskan

Yang terakhir tentu bisanya yang paling banyak dipertimbangkan. Biaya transportasi biasanya yang paling mahal jika kita tujuannya jauh. Kalau dekat sih biasanya nggak terlalu banyak memakan banyak anggaran. Kamu harus benar-benar mempertimbangkan hal ini dengan baik.

Biaya transportasi atau lainnya harus dihitung dengan benar. Sesuaikan dengan kemampuan tentunya dan harus dipertimbangkan diawal. Jangan sampai biayanya membengkak karena kita kurang pertimbangan.

Itu tadi 5 pertimbangan yang harus Kamu tau saat memilih transportasi liburan. Semuanya kembali kepada Kamu karena yang akan melaksanakan perjalanan. Perlu banyak pertimbangan jika tujuan liburannya jauh apalagi ditambah dengan orang yang akan bernagkat juga banyak.

Sebelum berpergian tentu Kamu harus teliti dulu apasaja yang dibutuhkan. Mungkin Kamu juga bisa mendapatkan informasi-informasi tujuan wisata di websitenya Indonesia Travel UK. Disana lengkap informasnya wisata apa yang akan Kamu kunjungi. Ok semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu dan kita semua.



Pada kategori For Bloggers

About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, aku Blogger Tekno dan Fotografer Foto 360 Derajat yang tinggal Yogyakarta. Berkecimpung sebagai Blogger mulai tahun 2010 dan Fotografer Foto 360 Derajat tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *