Aman Berbelanja Online

Image: elektrojournal.at

Takut Penipuan? Nih 5 Tips Aman Berbelanja Online

Melihat produk-produk yang ada diinternet pasti Kamu tergiur untuk beli sesuatu. Awalnya sih hanya lihat-lihat tapi lama-lama jadi tertarik memiliki. Dan akhirnya pingin beli lewat online. Seiring dengan banyaknya tempat belanja online, banyak orang yang bertanya apakah aman berbelanja online tersebut.

Buat sebagian orang yang sudah bisa belanja online, kalau belum pernah ketipu pasti bilangnya aman. Sebaliknya pasti bilangnya banyak penipuan. Benarkah? Untuk era ecommerce yang ada saat ini bisa dikatakan belanja online sudah aman. Ecommerce yang dimaksud ialah ecommerce yang besar seperti misalnya blibli.com.

Tapi kadang kan nggak semua barang yang kita inginkan ada di mall-mall online itu. Biasanya malah ada ditoko online kecil yang keamanannya belum terjamin. Oleh sebab itu aku disini akan sedikit sharing pengalaman tentang bagaimana aman berbelanja online.

Berikut 5 tips aman berbelanja online dari aku:

1. Pastikan Tempat Belanjanya Benar-Benar Nyata Bukan Tempat Modus Untuk Menipu

Belanja online nggak sama saat berbelanja dipasar ya. Kamu nggak boleh tergesa-gesa beli barang walaupun harga yang ditawarkan murah banget. Justru kalau harganya murah banget dibawah harga pasaran Kamu Patut Waspada. Kob bisa murah banget kenapa?

Baca Juga :  4 Alasan Kenapa Transaksi Non Tunai Sekarang Lebih Menarik

Baik belanja di toko online yag berbentuk web atau di media social seperti facebook, instagram dan lain-lain, Kamu harus cek apakah memang benar-benar jualan atau untuk menipu. Biasanya bisa kita lihat dari lama akunnya dibuat. Kalau baru-baru ya jangan langsung percaya gitu aja. Atau akalu media social bisa dilihat dari jumlah followernya banyak apa sedikit.

2. Cek Kontak, No Rekening dan Informasi Lainnya Di Google Terlebih Dahulu

Biasanya yang akau lakuin untuk mengecek apakah yang jual ini beneran jualan adalah searching digoogle no hpnya, no rekeningnya dan informasi lainnya. Dunia online ini cepet banget nyebarnya, so kalau ada penipu satu kali aja bisanya si korban langsung share tuh siapa penipunya. Jadi untuk memastikan apakah benar jualan ya telusuri semua informasi yang ada.

Agak ribet sih tapi untuk memastikan aman berbelanja onlinennya ya harus gitu. Kalau barang-barang dibawah 100 ribu sih nggak terlalu kawatir ya tapi kalau barangnya jutaan gimana? Jadi Kamu harus sabar belanjanya jangan terburu-buru sampai Kamu bisa memastikan bahwa itu aman.

Baca Juga :  Nih Tips Mendapatkan Harga Juicer Philips Murah Yang Bisa Kamu Coba

3. Lihat Testimoni Atau Ulasan Tentang Produk Yang Dijual Apakah Ada Yang Dirasa Ganjil

Yang namanya teknologi buatan manusia pastikan bisa direkayasa ulang. Demikian dengan testimoni-testimoni pembeli kadang ada yang tidak jujur. Jual barang sendiri dan dibuat testimoninya sendiri ya tujuannya menarik minat pembeli. Tapi ada juga yang jujur nggak semua seperti itu. Kamu cek nih satu-persatu testimoni pembeli apakah masuk akal atau tidak.

Kita nggak bisa percaya gitu aja dengan melihat testimoninya baik maka aman. Yang model-model begituan gampang banget buatnya. Gambar? Tulisan? Gampang buat sendiri. Kalau misalnya komentar dimedsos gimana? cek yang komentar itu siapa? Akun baru kah atau memang real human. Sebelum memutuskan Kamu harus bijak guys.

4. Lakukan Pembayaran Melalui RekBer(Rekening Bersama) Atau Melakukan Pemayaran Melalui COD(Cash on Delivery)

Masih nggak percaya lagi? ajak lakukan pembayaran melalui Rekber. Banyak kok jasa-jasa rekber yang ada dan pastikan jasa rekbernya cari yang independen jangan sampai tertipu juga. Soalnya banyak juga rekber yang modus penipuan.

Kalau mau yang lebih aman usahakan COD aja. Janjian, cek barang dan bayar ditempat dirasa lebih aman. Sebisa mungkin belanja onlinenya satu daerah aja. Kalau emang nggak bisa ya apa boleh buat, modal Kamu cuma percaya. Percaya ya beli nggak percaya ya nggak usah.

Baca Juga :  Masih Ragu Beli Barang Online? Belanja Online Di Priceza Aja!

5. Jika Masih Ragu, Urungkan Niat Belanjamu Dan Cari Tempat Lain

Sering nih dengan orang tua-orang tua ngomong kalau ragu lebih baik jangan dari pada menyesal nantinya. Ini bagus pesannya jadi kalau Kamu emang ragu jangan beli deh mending cari yang lain atau urungkan niat. Lebih baik mencegah dari pada nantinya Kamu jadi korban.

Penipuan sekarang dimana-mana, jangankan online yang nyata aja masih banyak penipuan. Kamu harus benar hati-hati jangan main perasaan. Kamu jangan mudah percaya orang lain apalagi yang nggak dikenal dan jauh lagi. Belanja online modalnya kepercayaan, jadi kalau Kamu percaya lakukanlah.

Itu tadi 5 tips aman berbelanja online dari aku semoga bisa membantu teman-teman semuanya. Sebelum belanja online pastikan bahwa memang benar-benar aman baik itu aman transaksinya aman juga barangnya. Belanja online itu harus sabar, sabar saat belinya sabar juga saat nunggu barangnya tiba. Selamat dan semoga aman berbelanja onlinenya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *