menjaga kesehatan di bulan puasa

Image: monitorday.com

5 Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa Buat Kamu Agar Bebas Sakit

Dibulan yang suci ini tentunya Kamu pinginnya selalu sehat dong ya? Dengan tubuh yang sehat pasti memperlancar ibadah yangn akan kita lakukan. Nggak mau dong ya lagi puasa, tubuh kesehatanna menurun akibat dari kelalaian kita. Puasa emang bisa bikit sehat, tapi menjaga kesehatan di bulan puasa tetap harus dilakukan. Selain karena nggak mau sakit, godaan bulan puasa untuk menjaga kesehatan banyak.

Nggak tau kenapa, bulan puasa ini malah banyak yang kurang sehat. Termasuk aku, beberapa hari ini baru ngerasain rasanya badan lebih seger dari sebelumnya. Sempet seminggu terkena flu, radang tenggorokan, pilek dan kawan kawannya. Salah satunya ya karena kurang menjaga pola hidup sehat sendiri. So, menjaga kesehatan di bulan puasa itu wajib hukumnya.

Berikut 5 tips menjaga kesehatan di bulan puasa buat Kamu agar bebas sakit:

1. Jangan Minum Yang Aneh-Aneh

Ini penting buat Kamu yang biasanya sering belanja takjil sore hari sebelum buka. Jangan beli atau minuman yang aneh-aneh saat buka puasa. Kita nggak tau kan bahannya yang ada dalam minuman yang dijual isinya apa aja. Saran aku sih pastikan sebelum beli, bahannya yang dimasukkan sehat dan baik buat tubuh.

Baca Juga :  Hindari 5 Hal Berikut Jika Ingin Kesehatan Tubuh Kamu Selalu Terjaga

Jujur aja untuk sementara dibulan puasa ini, aku baru sekali minum cendol. Dan itu langsung terasa ditengorokan langsung nggak enak. Filing sih sepertinya pake pemanis buatan. Yup bener, besok paginya langsung radang tenggorokan. Dan biasanya kalau dah radang, bakal nular ke penyakit-penyakit lainnya seperti flu, pilek, dan lain-lainnya. Kamu nggak mau dong ya ngalamin kayak gitu?

Jadi apa yang kita minum penting untuk diperhatikan. Sebisa mungkin kalau buka puasa jangan minum es. Tapi ya enak sih ya, kalau ngeyel ya tanggung sendiri akibatnya. Minuman-minuman dipinggir jalan memang sangat menggoda. Dengan warnanya yang warna-warni bikin nelen ludah sendiri hehe. So, kalau beli minuman hati-hati, jangan asal minum. Tau lebih bagus buat sendiri dirumah, lebih terjamin kualitasnya.

2. Pilih Makanan Sehat

Makanan juga perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan di bulan puasa. Masalahnya biasanya pas buka puasa jadi kalap dan seperti orang nggak makan seminggu. Apapun itu pinginnya semua dimakan. Akibatnya bisa mempengaruhi kesehatanmu guys. Nggak mau dong ya sakit pas puasa?

Saat berbuka puasa sebisanya pilih makanan-makanan yang sehat. Bebas dari bakteri penyebab diare, karena bisanya makanan-makanan yang kurang sehat itu rawan dengan yang begituan. Jadi pastikan makanan yang Kamu makan memang cocok dan sehat buat tubuh Kamu.

Baca Juga :  Menjaga Pola Tidur Teratur Banyak Keuntungannya? Nih 5 Manfaatnya!

3. Olahraga

Olahraga di bulan puasa kenapa tidak? Puasa boleh olahraga asal nggak yang berat yan, takutnya nanti dehidrasi. Ya mungkin bisa banyakkin jalan aja sih. Kalau dulu pas kecil dan lagi tinggal didesa, pagi-pagi seelah subuh itu rame lho anak-anak atau dewasa jalan-jalan. Kalau sekarang aku sendiri nggak pernah liat ada yang begituan nggak tau kenapa, beda jaman beda gaya kali ya.

Olahraga nggak haram pas lagi puasa. Bisanya alasannya nanti lemes pas olahraga dan alasan-asalsan lainnya. Kalau alasannya lemes, habis buka puasa malah tambah lemes karena kekenyangan biasanya, ya nggak? So, jangan banyak alasan olah raga tetep perlu menjaga kesehatan di bulan puasa.

4. Waktu Tidur Cukup

Memang ada orang yang tidurnya kurang saat puasa? Ya tetap ada dong. Saat puasa kan kita makan sahur pagi sebelum subuh, sedari itu kalau malam jangan tidur terlalu larut apalagi sampai nggak tidur. Biasanya tidurnya pagi setelah sahur ya kalau paginya nggak kerja, kalau kerja berarti nggak tidur dong ya?

Baca Juga :  5 Cara Mudah Menentukan Apakah Makanan Sehat Atau Tidak

Tidur cukup dibulan puasa itu perlu, jangan sampai kekurangan dan berlebihan dengan alasan ibadah. Standar waktu tidur cukup biasanya setiap orang berbeda-beda. Tetap sesuaikan waktu tidurmu seperti biasanya. Jangan banyak bergadang guys.

5. Jangan Lupa Cuci Tangan

Yang terakhir jangan lupa cuci tangan sebelum makan atau setelah megang-megang sesuatu yang kotor. Penyakit biasanya tanpa kita sadari datang dari hal-hal yang kita anggak sepele. Kuman ada dimana-mana, menjaga tangan agar tetap bersih itu perlu untuk menjaga kesehatan seperti yang di gencar-gencarkan Lifebuoy yaitu cuci tangan pakai sabun.

Apa yang Kamu pegang saat ini belum tentu bersih. Kelihatannya aja bersih, apakah Kamu bisa jamin nggak ada kuman penyakit disitu? Yang peling penting itu sebelum makaan khususnya berbuka dan sahur ya jangan lupa pakai sabun.

Itu tadi 5 tips menjaga kesehatan di bulan puasa buat Kamu agar bebas sakit. Lebih menyenangkan jika kita bisa mencegah penyakit datang dari pada mengobati apalagi dibulan puasa. Menjaga kesehatan di bulan puasa perlu dilakukan semua orang agar tidak mengganggu ibadah selama bulan ramadhan. Yuk mari Menjaga kesehatan di bulan puasa!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *