Wisata Religi

Image: pixabay.com

Ingin Mencoba Wisata Religi Di Aceh? Cobalah Kunjungi Ke 5 Tempat Ini

Provinsi Aceh atau yang dikenal dengan julukan Serambi Mekkah, merupakan provinsi yang berada di ujung Pulau Sumatera. Daerah ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki peraturan daerah yang berbeda dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Bahkan Aceh juga terkenal akan wisata religi yang banyak cerita cerita sejarah menarik yang bisa Kamu pelajari. Bagaimana tidak? Peradaban Islam di sini sudah ada semenjak jaman Kesultanan Aceh. Sehingga banyak sekali wisata wisata religi yang ada di Wilayah Nanggroe Aceh Darussalam ini.

Di Aceh sendiri terdapat bandara yakni Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda. Sehingga kamu harus pesan tiket tujuan bandara tersebut. Buka saja www.indonesiaflight.id untuk mencari daftar harga tiket pesawat. Di sana tersedia beragam tiket pesawat murah tujuan Aceh untuk semua maskapai resmi.

Lalu, wisata religi apa saja yang ada di Aceh. Berikut ini beberapa objek wisata religi yang perlu Kamu kunjungi ketika berlibur ke Aceh.

1. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Baca Juga :  3 Hal Yang Jadi Pertimbangan Memilih Penginapan Saat Liburan

Masjid ini menjadi ikon dari Kota Aceh, bahkan masjid ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Aceh. Masjid yang didirikan pada jaman Iskandar Muda, tepatnya pada 1022 H/1612 M tetap berdiri kokoh hingga kini. Meskipun sudah mengalami bencana tsunami pada tanggal 26 Desember 2004, namun masjid ini tetap berdiri tegak meskipun bangunan di sekitarnya luluh berantakan dengan tanah. Sehingga tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Aceh tanpa mengunjungi Masjid Baiturrahman ini.

2. Makam Sultan Iskandar Muda

Makan Sultan Iskandar Muda ini letaknya berada di samping Museum Aceh. Sultan Iskandar Muda sendiri adalah raja yang memerintah pada tahun 1607 hingga 1636, dan terkenal dengan sikapnya yang adil bagi semua elemen masyarakat. Makan ini masih ramai dikunjungi oleh banyak peziarah yang datang untuk berdoa, bahkan tak hanya itu saja banyak yang datang ke tempat ini sekedar memberikan penghormatan kepada Sultan Iskandar Muda.

3. Masjid Baiturrahim Ulee Lheu

Masjid ini juga merupakan masjid peninggalan dari kerajaan Islam Aceh Darussalam. Hanya sekitar 10 menit perjalanan dari Masjid Baiturrahman, masjid ini juga menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di kota Aceh. Masjid yang berdiri pada abad 17 ini lokasinya di area pantai Ulee Lheu. Meskipun terkena bencana tsunami pada tahun 2004, namun masjid ini tetap berdiri kokoh seperti masjid Baiturrahman. Masjid ini juga sering dikunjungi wisatawan, baik yang ingin beribadah atau sekedar melihat lihat.

Baca Juga :  4 Hal Yang Bisa Bikin Kamu Ngiler Liburan Ke Pulau Lombok

4. Makam Syiah Kuala

Objek wisata lainnya yang bisa Kamu kunjungi di Aceh adalah Makam Syiah Kuala yang berada 30 meter dari Pantai Alue Naga Banda. Tak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal saja, namun banyak wisatawan mancanegara yang datang. Kebanyakan yang datang ke tempat ini adalah untuk berdoa dan berdzikir, namun juga ada beberapa di antaranya yang hanya datang untuk berekreasi saja.

Ada aturan masuk yang wajib Kamu ketahui di tempat ini yaitu menggunakan pakaian yang memang sesuai dengan syariat Islam serta dilarang untuk merokok. Kedua hal ini merupakan hal yang wajib Kamu lakukan di tempat ini. Jangan lupa untuk menikmati keindahan sunset dari halaman makam di tempat ini karena view nya yang sangat indah.

Baca Juga :  Booking Hotel di Musim Liburan atau di hari sibuk, mana yang lebih murah?

5. Masjid Teungku Di Anjong

Masjid ini berada di Gampong Peulanggahan, Kec. Kutaraja, Banda Aceh. Masjid yang satu ini juga tak kalah populr dengan masjid masjid lainnya. Masjid ini di dirikan oleh ulama yang bernama Sayyid Abu Bakar bin Husin Bafaqih yang diberi gelar Teungku di Anjong pada abad 18 M. Meskipun sempat hancur terkena bencana tsunami di tahun 2004, namun masjid ini kembali dibangun oleh warga sekitar Peulanggahan. Tak hanya keindahan bangunannya saja yang dikagumi, namun juga karena banyaknya cerita sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Nah itu tadi 5 objek wisata religi yang patut Kamu kunjungi ketika berlibur di Aceh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Kamu. Yuk ramaikan pariwisata di Indonesia, kalau bukan kita siapa lagi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *