teknologi canggih

Image: telset.id

6 Teknologi Canggih di Smartphone Membuat Harimu Menyenangkan

Mendengar kata smartphone sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Handphone dengan teknologi canggih. Smartphone menjadi primadona disemua kalangan masyarakat. Dari anak-anak sampai yang berumur pun kecandungan menggunakan yang namanya smarphone.

Sesuai namanya “smartphone” yang berarti ponsel pintar adalah teknologi canggih terkini dari sebuah ponsel. Kalau dulu ponsel hanya bisa untuk telpon dan sms. Sekarang ponsel bisa melakukan apa yang kita mau. Harga smatphone saat ini bisa dibilang terjangkau untuk semua kalangan. Para vendor juga membuat smartphone canggih untuk memikat para konsumennya.

Berikut ini ada 6 teknologi canggih di samrtphone yang akan membuat harimu lebih menyenangkan:

1. Kamera

Kamu tau dong apa itu kamera? Siapa sih yang nggak tau kamera. Kamera berfungsi untuk mengabadikan momen-momen tertentu. Yang paling digandrungi saat ini adalah foto selfie atau memfoto diri sendiri.

Teknologi kamera sudah dibenamkan kedalam smartphone. Semua smartphone sudah dibekali teknologi ini. Kacanggihan teknologi kamera juga terus diupgrade kemampuannya. Sehingga kualitasnya juga semakin hari semakin baik.

Kemampuan yang banyak disukai adalah kamera smartphone dapat merubah foto seadanya menjadi luar biasa. Kalau dulu sebelum foto para wanita dandan dahulu. Sekarang nggak perlu lagi, dengan sekali cekrek saja dapat menghasilkan foto yang bisa diatur kualitas gambarnya.

Mau tampil cantik difoto? Tinggal pakai aplikasi kamera khusus Kamu sudah tampil bisa tampil cantik seperti pakai make up bahkan bisa lebih cantik lagi. Kamera dapat membuat penggunanya tampil percaya diri. Selain digunakan untuk mengambil momen, kamera di smartphone juga bisa digunakan untuk Augmanted Reality.

Apa itu Augmanted Reality? Augmanted Reality merupakan penggabungan antara objek nyata dan maya yang hanya bisa dilihat menggunakan alat tertentu. Salah satunya alat yang bisa melihat Augmanted Reality adalah kamera pada smartphone.

Baca Juga :  Android vs IOS vs Windows Phone, Mana Sistem Operasi Mobile Terbaik?

Augmanted Reality sendiri sudah banyak dikembangan untuk smartphone. Banyak dikembangan untuk game, informasi dan masih banyak lagi. Kamu bisa temuin aplikasi-aplikasi yang sudah menerapkan teknologi canggih ini, yuk coba.

2. Accelerometer

Kamu udah pernah main game balap mobil di smartphone? Jika pernah belokin mobilnya pakai tombol atau tinggal dimiringan kanan dan kiri? Kamu tau nggak kenapa bisa begitu? Main gamemu jadi asik itu karena penggunaan teknologi accelerometer.

Accelerometer adalah sensor yang dibenamkan di smartphone kamu untuk bisa merubah mode potrait ke landscape atau sebaliknya. Sensor ini dapat mengenali pergerakan smartphonmu. Itu kenapa dengan adanya teknologi ini game balapan tambah asik seperti nyetir benaran.

Hampir semua jenis smartphone terdapat sensor accelerometer. Kalau nggak ada berarti bukan smartphone dong. Pastikan kalau beli smartphone yang ada accelerometer ya. Game yang pakai accelerometer nggak hanya game balapan, masih bayak game-game lainnya. Cek aja di store app smartphone Kamu.

3. Gyroscope

Pernah dengan kata Virtual Reality? street view? Jadi virtual reality adalah mengubah lingkungan sebenarnya atau nyata menjadi maya atau virtual. Sehingga jika menggunakan virtual reality kita seolah-olah berada ditempat tersebut.

Virtual reality digunakan pada berbagai macam aplikasi. Beberapa yang populer menggunakan virtual reality adalah pada fotografi atau street view dan game bahkan film. Smartphonemu dapat menggunakan virtual reality. Peran dibalik penggunaan virtual realitypada smartphone ialah penggunaan teknologi gyroscope.

Teknologi gyroscope merupakan sensor yang ditanamkan kedalam smartphone untuk mengenali pergerakan. Antara gyroscope dengan accelerometer memiliki kemampuan berbeda. Gyroscope dapat mengenali pergerakan menyeluruh semartphone. Sedangkan accelerometer hanya berdasarkan arag gravitasi bumi.

Baca Juga :  Android vs IOS vs Windows Phone, Mana Sistem Operasi Mobile Terbaik?

Dengan adanya teknologi atau sensor gyroscope, smartphone akan lebih asik lagi untuk digunakan. Nggak semua smartphone dibekali sensor ini. Pastikan jika ingin membeli smartphone sensor gyroscope ada didalamnya.

4. NFC

Pilih mana bawa handphone atau dompet? Pasti mending bawa handphone dong tapi dompet penting. Buat aja samartphonemu jadi sekaligus dompet. Dengan hanya menggunakan smartphone Kamu bisa bayar ini itu secara mudah dan cepat. Jadi nggak perlu bawa uang cash lagi.

Kok bisa smartphone jadi dompet? Ya itu karena adanya teknologi NFC (Near Field Communication) di smartphone Kamu. Sesuai namanya yang berarti komunikasi jarak dekat, NFC adalah salah satu media komunikasi yang ada dismartphone dengan jarang dekat kurang dari 10 cm.

Penggunaan NFC sebenarnya bukan hanya untuk pembayaran saja. Berbagi musik, foto dan file juga bisa dilakukan. Tetapi pada umumnya NFC digunakan untuk metode pembayaran pada smartphone.

Beberapa operator komunikasi juga sudah menerapkan penggunaan NFC untuk metode pembayaran. Dengan penggunaan teknologi ini, Kamu dengan mudah membayar barang belanjaan. Tanpa uang cash, tanpa dompet, dan tanpa kartu-kartu yang apalh itu namanya.

Sama seperti gyroscope, tidak semua smartphone memiliki NFC. Cek apakah smartphone terdapat teknologi ini. Jika nggak ada, mungkin kamu bisa mulai memikirkan untuk ganti smartphone yang ada NFCnya.

5. Finger Print

Memasang pin atau password menjadi salah satu cara untuk mengamankan samartphone. Namun juga membuat lebih ribet kalau lagu buru-buru buka smartphone. Apalagi sampai salah masukkan pin. Kamu harus ulang lagi sampai benar, menjengkelkan bukan?

Teknologi yang sedang trend saat ini ialah penggunaan finger print pada smarphone. Fungsinya menggantikan peran pin dengan sidik jari pemilik. Penggunaan finger print bisa dikatakan lebih aman karena hanya pemiliknya yang bisa membuka smartphone.

Baca Juga :  Android vs IOS vs Windows Phone, Mana Sistem Operasi Mobile Terbaik?

Belakangan ini mulai banyak smartphone yang menawarkan penyematan finger print didalamnya. Harganya juga relatif murah dibandingan dengan smartphone yang tidak ada teknologi ini didalamnya. Finger print jadi salah satu teknologi yang memudahkan hari-harimu bersama smartphone.

Karena teknologi ini masih baru diterapkan, jadi belum banyak yang menggunakannya. Kebanyakan smartphone kelas premium dan yang baru-baru sudah menyematkan. So, kamu bisa pertimbangkan untuk mengganti samrtphonemu agar harimu lebih menyenangkan.

6. Speech Recognition

Kamu tau siri, cortana atau google now? Mereka adalah aplikasi canggih untuk mengenali suara. Kamu serasa berbicara dengan manusia padahal mereka adalah mesih. Cocok nih bagi yang jomblo agar malam minggunya tidak kesepian.

Dibalik kecanggihan siri, cortana atau google now tersemat teknologi Speech Recognition. Sesuai namanya yaitu pengenalan suara, teknologi ini dapat mengenali suara percakapan manusia. Kemudian mereka akan menjawab atau melaksanakan sesuai apa yang dikatakan empunya.

Speech Recognition terus- menerus dikembangkan oleh raksasa teknologi. Sangking canggihnya, semua yang kamu katakan pasti mereka jawab. Salah satunya cortana, kamu bisa menyuruhnya bernyanyi. Nyanyiannya juga berirama layaknya lagu aslinya.

Sayangnya beberapa aplikasi ini belum mendukung bahasa indonesia. Kamu bisa menggunakannya dengan bahasa inggris. Kamu bisa coba teknologi Speech Recognition ini di smartphonemu.

Itu 6 teknologi canggih di smartphone yang akan membuat harimu lebih menyenangkan. Perkembangan teknologi pada smartphone memang semakin hari semakin pesat. Jangan sampai teknologi yang canggih tersebut malah Kamu anggurin begitu saja. Yuk periksa apa aja teknologi canggih yang ada di smartphonemu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *