Bintik Merah Pada Bayi

Image: [Edi Susilo] canva.com

7 Jenis Bintik Merah Pada Bayi Yang Umum Terjadi Dan Patut Diwaspadai

Menjadi seorang Ibu adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepada kaum hawa. Oleh sebab itu jika Kamu sudah memiliki anak dan menjadi seorang ibu maka sudah terasa sempurnalah menjadi seorang perempuan. Namun terkadang kekhawatiran seorang ibu terhadap bayinya terjadi, apakagi saat melihat ada bintik merah pada bayi yang banyak bermunculan. Ketegangan ini akan menambah kepanikan jika Kamu tidak mengetahui jenis dari bintik merah tersebut yang muncul.

Saat menemukan bintik merah pada bayi, tetap usahakan untuk tenang agar bisa mengatasinya dengan baik. Namun sebelum mengobatinya, pastikan untuk mengenal penyebab atau jenis-jenis dari bintik merah itu sendiri. Berikut akan diuraikan 7 jenis bintik merah pada bayi yang umum terjadi.

1. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab paling umum yang dapat memicu timbulnya bintik merah pada kulit. Kasus alergi kulit cukup banyak terjadi pada bayi yang amat rentan terhadap reaksi alergi. Biasanya alerginya bisa menyebabkan gatal-gatal kemudian bisa membentuk luka dipermukaan kulit.

Baca Juga :  Nih Tempat Jual Jamu Jawa Asli Tradisional Di Kota Jogja

Alergi bisa disebabkan karena obat-obatan, makanan maupun virus yang ada. Namun jangan khawatir biasanya bintik merah akan hilang dalam waktu 3-4 hari.

2. Biang keringat

Biasanya bintik merah juga bermunculan dikulit bayi yang disebabkan adanya biang keringat. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya sumbatan pada bagian pori-pori kulit bayi yang disebabkan oleh sistem untuk megatur suhu tubuh bayi belum berkembang secara sempurna.

3. Cacar Air

Tidak hanya gelaja yang biasa, bintik merah pada bayi juga bisa pertanda bahwa si bayi akan terkena cacar air. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus yang sangat umum, serta menyebabkan bercak merah dan gatal di daerah dada dan punggung. Tapi bisa juga timbul diseluruh bagian tubuh.

4. Penyakit Fifth

Penyakit ini dikenal juga sebagai slapped cheek disease, karena ada bintik merah seperti bekas tamparan di pipi bayi. Infeksi ringan ini disebabkan oleh parvovirus.

Baca Juga :  Temukan Berbagai Alat Pengukur Tekanan Darah Melalui GoApotik

Bintik merah seperti bekas tamparan ini awalnya akan muncul di wajah, tapi bisa menyebar ke badan dan terkadang bayi mengalami sakit persendian. Penyakit fifth ini bisa menyebabkan anemia pada bayi yang memiliki penyakit sel sabit (sickle cell disease).

5. Penyakit Rubela

Infeksi ringan yang sering disebut dengan campak Jerman ini akan ditandai dengan bintik merah serupa campak yang muncul di hari pertama bayi sakit. Selain itu juga ditandai dengan adanya pembengkakan kelenjar limfa di belakang leher. Meskipun bayi tidak membutuhkan perawatan khusus, bayi tetap harus dibawa ke dokter jika setelah 4 hari kondisinya tidak membaik.

6. Si Popok

Popok bayi sudah menjadi kebutuhan untuk bayi. Hanya saja, penggunaan popok yang tidak berkualitas bisa jadi justru menimbulkan munculnya bintik merah pada si kecil.

Baca Juga :  Pantai Nglambor: Tempat Snorkeling Di Yogyakarta, Kamu Harus Coba!

Bintik merah yang disebabkan oleh popok, yang dibiarkan begitu saja tanpa segera diatasi akan dapat menyebabkan kondisi ini semakin parah seperti bintil-bintil kecil yang melepuh dan akan pecah. Bila bintil tersebut sudah pecah maka bayi akan semakin rentan terhadap infeksi.

7. Biduran

Biduran atau urtikaria adalah kemerahan pada kulit yang muncul sebagai reaksi alergi terhadap benda atau zat tertentu seperti makanan, obat-obatan, sengatan belalang, lebah, dan suhu dingin atau panas.

Bintik merah ini tidak menular dan biasanya akan menghilang setelah beberapa hari. Biduran juga bisa menjadi tanda reaksi alergi serius yaitu anafilaksis, apabila disertai oleh sesak napas atau wajah bengkak.

Demikianlah 7 jenis bintik merah pada bayi yang paling sering terjadi. Apabila Kamu mendapati bintik merah pada bayi, sebaiknya Kamu segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *