Langkah Jika Terkena Luka Bakar

Image: canva.com

7 Langkah Pertama Jika Kamu Terkena Luka Bakar

Luka bakar bukanlah luka yang bisa diabaikan begitu saja. Luka bakar adalah sejenis luka pada daging atau kulit akibat panas, listrik, bahan kimia, gesekan atau radiasi. Luka bakar dapat dibagi dengan penyebab (panas, listrik, kimia, gesekan atau radiasi), derajat (kedalaman kulit yang terkena), intensitas (ringan sampai parah pada permukaan kulit yang terpapar). Oleh sebab itu, jika terkena luka bakar, perlu ada penanganan khusus pada awal pertama kali terjadi.

Luka bakar tidak bisa diobati secara asal-asalan. Alih-alih ingin mengobati dan menyembuhkan, namun karena tidak tahu caranya justru dikhawatirkan akan memperparah luka tersebut. Nah agar tak salah langkah dalam mengobati luka bakar, berikut akan dipaparkan 7 langkah pertolongan pertama yang bisa Kamu lakukan jika terkena luka bakar :

1. Air Mengalir

Jika Kamu terkena luka bakar, maka segeralah arahkan bagian yang terkena luka bakar kepada air yang mengalir, namun bukan pada air es ya. Terus aliri bagian luka setidaknya selama 10-15 menit hingga lukanya terasa tidak perih lagi. Air yang mengalir ini akan membantu menetralisir rasa nyeri.

2. Kompres

Penanganan lainnya adalah Kamu bisa mengkompres bagian yang terkena luka bakar tersebut dengan kain basah yang berisi es di dalamnya. Tetapi jangan langsung memberikan es batu atau air dingin di bagian yang terkena luka bakar karena akan memperparah dan membuat gelembung-gelembung yang nantinya bisa menambah rasa nyeri.

3. Susu atau Yoghurt

Susu bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit, namun jika Kamu menggunakan bahan ini untuk mengobati luka bakar sebaiknya menggunakan susu skim atau susu tanpa lemak. Cara menggunakannya yakni dengan menuangkan susu dingin pada wilayah luka.

4. Kentang dan Mentimun

Bahan alami dapat menyerap panas dalam kulit. Selain itu, bahan ini juga dapat menghilangkan iritasi pada kulit. Caranya; haluskan kentang dan mentimun yang sudah dikupas dan dicuci, Kamu dapat menggunakan blender atau lainnya.
Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar, biarkan sampai mengering kemudian bilas dengan air dingin. Anda juga dapat menggunakan salah satu bahan saja, bisa kentang atau mentiun saja, caranya juga sama.

5. Pasta Gigi Mint

Untuk jenis luka bakar yang ringan, misalnya terkena percikan minyak panas. Kamu bisa langsung mengoleskan pasta gigi mint ke daerah yang terkena luka tersebut.

6. Kantong Teh

Jika Kamu pecinta teh, khususnya teh hitam maka jangan buru-buru dibuang ampasnya. Teh hitam mengandung asam tanic yang membantu mengurangi rasa sakit. Oleh karena itu, saat terkena luka bakar, coba letakkan dua-tiga kantong teh hitam pada luka bakar.

7. Bersihkan dan Balut Luka

Kamu juga perlu membersihkan luka secara menyeluruh sebagai upaya pencegahan infeksi. Cara ini dapat Kamu lakukan dengan memberikan sabun antibakteri berbahan lembut. Meski terasa perih di awalnya, namun ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang ada pada luka bakar.

Cukup sapu luka dengan lembut, jangan digosok. Luka bakar tanpa lepuhan tidak memerlukan balutan perban. Namun, bila terdapat luka terbuka yang meningkatkan risiko kotoran untuk masuk, pastikan luka tersebut diperban dengan perban steril. Sebab jika ada kotoran yang masuk justru memungkinkan munculnya infeksi.

Demikianlah 7 langkah yang bisa dilakukan untuk menangani luka bakar. Mengingat luka bakar bukanlah luka yang ringan, pastikan Kamu mengatasinya dengan menerapkan langkah-langkah di atas ya. Namun, setelah melakukan langkah-langkah tersebut ada baiknya Kamu tetap ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *