Hidup Bahagia

Image: pixabay.com

7 Tips Hidup Bahagia Buat Kamu, Karena Bahagia Milik Semua Orang

Hidup bahagia pasti keinginan semua orang. Kelihatannya hidup bahagia itu mudah didapat. Namun sayangnya tidak demikian bagi mungkin beberapa orang. Kenapa bisa demikian? Karena standar bahagia setiap masing-masing pasti berbeda.

Definisi bahagia itu apa sih? Pasti jawaban setiap orang berbeda-beda. Ada yang bahagia itu yang punya banyak harta, ada yang punya keluarga harmonis, ada yang bisa kuliah dikampus favorit atau lainnya. Kalau misal definisi bahagia itu tidak tercapai apakah kita tidak bahagia? Rasanya nggak sih, toh apapun yang terjadi kita tetap harus bahagia. Mau tau caranya?

Berikut 7 tips hidup bahagia buat Kamu:

1. Selalu Bersyukur Dengan Apa Yang Kita Punya Saat Ini

Cara yang termudah untuk bahagia yang harus Kamu lakukan adalah bersyukur dengan dengan apa yang dipunyai saat ini. Kelihatannya sih mudah ya, namun seberapa banyak orang yang sudah bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki? Nyatanya nggak semua orang udah memiliki itu.

Orang yang mudah bersyukur itu orang yang dihidupnya nggak banyak keinginan. Nggak membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Ya intinya nggak banyak permintaan. Selalu rendah diri dan puas dengan apa yang sudah dicapai.

Cara paling ampuh agar Kamu bahagia adalah dengan bersyukur. Jangan harap bahagia dan hidup tenang jika Kamu belum bisa bersyukur dengan apa yang sudah ada. So, mulai sekarang yuk banyak-banyak bersyukur agar hidup bahagia.

Baca Juga :  5 Cara Sarapan Ala Anak Kos, Kamu Bisa Coba Nih!

2. Jangan Memikirkan Apa Yang Tidak Perlu Kita Pikirkan

Yang kedua agar hidup kita bahagia adalah dengan menghindari memikirkan sesuai yang memang tidak perlu kita pikirkan. Apa yang Kamu jalani dalam hidup, itulah yang perlu Kamu fikirkan. Nggak perlu memikirkan masalah orang lain misalnya. Karena itu memang nggak perlu dan nggak ada untungnya buat Kamu

Dulu pas kuliah dosen pernah bilang, sebagai mahasiswa sebaiknya hanya memikirkan masalah seputar mahasiswa. Nggak perlu memikirkan masalah yang memang itu nggak kejangkau dengan fikiran kita. Semakin banyak yang kita fikirkan tentu akan semakin pusing. Kalau udah pusing kapan bahagianya.

3. Jangan Mendengar Apa Yang Tidak Perlu Kita Dengar

Selanjutnya adalah jangan mendengarkan sesuatu yang memang tidak perlu kita dengar. Misalnya mungkin cibiran atau omongan orang yang membuat kita kesal. Hal-hal semamcam itu tidak perlu didengar. Anggap saja angin lalu atau masuk telinga kanan langsung keluar telinga kiri.

Menjadi cuek itu kadang-kadang perlu agar hidup lebih tenang. Kalau udah tenang tentu bisa bahagia dong. Yang menjadi masalah kadang sesuatu yang kita dengar menjadi beban fikiran. Akhirnya menimbulkan stres dan macam-macam. Njuk kapan bahagianya?

Baca Juga :  8 Makanan Favorit Anak Kos Di Jogja Yang Perlu Kamu Tau!

4. Jangan Menyimpan Sesuatu Yang Tak Berguna Didalam Hati

Penyakit yang membuat kita tidak bisa bahagia adalah penyakit hati. Penyakit hati ini usah kalau memang ada didalam diri. Apa aja sih penyakit hati itu? Ada suka menyimpan dendam, iri hati, dengki, mudah sakit hati dan macam-macam. Semuanya bisa menghambat untuk kita bahagia.

Kalau Kamu memang benar-benar ingin bahagia, hilangkan semua penyakit hati tersebut. Jangan ada sesuatu kotoran yang masih tertinggal dihati kita. Lebih baik lapang dada, pemaaf dan rendah hati bisa membuat dirimu Bahagia.

5. Kurangi Banyak Keinginan

Mungkin ini masih banyak yang mengalami termasuk aku sendiri. Wajar sih manusia normal pasti memiliki banyak keinginan. Kalau kita udah nggak punya keinginan berarti udah nggak normal dong ya. Namun yang perlu digaris bawahi adalah jangan terlalu banyak keinginan yang akibatnya membuat kita sulit bersyukur dengan apa yang sudah ada.

Semakin banyak keinginan pasti akan banyak usaha yang dilakukan untuk mencapainya. Dan nantinya kita lupa mengenai defisini bahagia. Terlalu fokus mengejar sesutau yang ujung-ujungnya kita diperbudak oleh dunia. Bahagia itu nggak memulu punya banyak harta lho ya.

6. Lebih Dekatlah Dengan Keluarga

Baca Juga :  Fakta Menarik Antara Anak Dan Orang Dewasa Zaman Sekarang

Orang terdekat dengan kita adalah keluarga. Keluarga bisa menjadi sumber bahagia kita. Nggak melulu punya ini dan itu, asal punya keluarga harmonis pasti bisa bahagia. Keluarga yang selalu ceria baik punya ataupun sederhana.

Dekat dengan keluarga banyak caranya, misal jaraln-jalan bareng kemana gitu. Atau kalau memang waktunya terbatas paling nggak minum teh bersama di rumah sambil ngobrol-ngobrol. Seperti yang iklannya teh sariwangi, bahagia itu sederhana asal dekat dengan keluarga.

7. Lebih Dekatlah Dengan Sang Pencipta

Yang terakhir agar hidupmu tenang dan bisa bahagia adalah selalu dekat dengan sang pencipta. Memperbanyak ibadah dan berdoa agar hidup menjadi tenang yang akan berujung bahagia. Terbukti bahwa orang yang agamanya baik maka bahagia akan selalu didapatkan.

Itu aja sih 7 tips hidup bahagia buat Kamu yang bisa aku share. Definisi bahagia itu berbeda-beda, untuk mendapatkan kebahagiaan tentu Kamu sendiri yang bisa mengertinya. Namun secara umum, tips diatas bisa membuat Kamu bahagia.

Bahagia itu milik dan hak setiap orang. Tidak ada alasan untuk tidak bahagia. Sebenarnya tidak ada syarat apapun untuk bahagia, yang membuat kita tidak bahagia ya kita sendiri. So, nikmati hidup ini dengan apa yang sudah kita miliki. Karena hidup bahagia itu keharusan. Semoga artikel ini bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *