Penjual Terpercaya

Image: pixabay.com

7 Tips Mencari Penjual Terpercaya Di Market Place, Kamu Perlu Tau!

Membeli barang secara online adalah cara instan yang sekarang ini banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya perjalanan dan waktu. Belanja online tidak mengenal umur dari yang muda sampai yang tua sekalipun asal bisa memilih mana penjual terpercaya.

Banyak penyedia situs belanja online atau market place yang sudah memenuhi dunia maya. Oleh karena itu kita perlu jeli dalam memilih penjual mana yang dapat kita percayakan saat kita ingin membeli barang secara online. Berikut ada 7 tips dalam mencari penjual terpercaya di market place yang sesuai keinginan kita.

1. Pilihlah Web Yang Menyediakan Market Place Terpercaya Dan Memiliki Jaminan

Penyedia market place dalam dunia maya sangat beraneka ragam. Ketika kita tuliskan belanja online misal tas, sepatu, aksesoris, handphone, baju couple lucu untuk pasangan dan lain-lain pada mesin pencari maka akan muncul banyak sekali alamat web yang mengarah pada penjual terpercaya online yang menawarkan barang yang kita cari. Ketika kita belum tahu market place mana yang terpercaya maka pilihlah alamat web dengan domain tld contohnya yang belakang alamat web diikuti .com atau .co.id, yang mana domain tersebut lebih terpercaya dan menghindarkan kita dari alamat web abal-abal atau penipu.

Selain itu kita juga dapat memilih online market place yang sering di iklankan baik di baliho jalan atau tv. Karena jika online market place sudah di publikasi secara terang-terangan dan bersifat menyeluruh nasional sampai dengan bekerjasama dengan pengiklanan maka online market place tersebut dapat kita kategorikan terpercaya dan tidak menipu.

Baca Juga :  Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Investasi Reksadana

Selain itu kita perlu memperhatikan transaksi yang ditawarkan oleh web online market place apakah atas nama online market place atau penjualnya. Pastikan kita juga memilih yang menawarkan transaksi yang atas nama dari web online market place, bukan dari rekening penjual. Karena biasanya kalau begitu banyak jaminan yang ditawarkan baik kemanan uang yang kita transferkan dan terhidar dari penipuan penjual.

2. Pilih Penjual Yang Memiliki Rating Tinggi

Setelah kita masuk pada alamat web dari online market place dan mencari barang yang kita inginkan pasti banyak muncul kolom penjual yang menawarkan barang yang sesuai kita inginkan. Kita dapat menggunakan layanan filter atau urutkan penjual yang terlaris atau memiliki rating tinggi (bintang penilaian oleh pembeli).

Kenapa kita harus memperhatikan ini, karena penjual terpercaya yang memiliki rating tinggi berarti pelanggan atau konsumen memberikan penilaian sangat puas terhadap pelayanan dan barang yang ditawarkan atau dijual oleh penjual tersebut. Dengan begitu kita tidak usah merasa ragu lagi dengan penjual dengan rating tinggi, karena barang yang dijual serta pelayanannya banyak disukai pembeli sehingga dapat dipercaya. Kalau penjual banyak komplainnya maka otomatis rating tidak akan tinggi, jika rating tinggi berarti tidak ada komplain dari pembeli dan dipercaya pembeli.

3. Pilih Penjual Dengan Menggunakan Gambar Real Bukan Copy-An Dari Image Web

Penjual pasti akan memberikan gambar dari barang yang ditawarkan. Kita harus memperhatikan gambar yang digunakan oleh penjual. Pastikan gambar yang dipajang adalah gambar nyata yang diambil oleh penjual, bukan gambar atau foto yang di salin dari mesin pencari.

Baca Juga :  4 Alasan Mengapa Toko Wajib Memiliki Printer Kasir

Terkadang juga gambar terdapat yang editan atau terbuat dari gambar vektor, maka hindari memilih penjual yang menggunakan gambar tersebut. Nanti bisa jadi gambar barang yang ditawarkan beda dengan barang yang kita terima. Oleh karena itu kita harus memperhatikan foto/gambar yang dipajang oleh penjual supaya tidak tertipu, dan barang yang kita pilih di online market place penjual sama dengan barang yang kita terima nantinya.

4. Cek Review Tentang Pelayanan Penjual Dari Pembeli

Setelah melakukan pembelian maka pembeli akan mengomentari atau mereview produk yang telah dibelinya. Kita perlu cek pada kolom komentar maupun review pembeli sebelumnya untuk mengetahui kesan atau komentar tentang produk yang diterimanya. Kita pilih review yang banyak dengan komentar pembeli puas dan barang yang diterimanya sesuai atau bagus.

Hindari review komentar pembeli yang tidak puas bahkan berkomentar yang negatif. Dengan begitu kita bisa tahu dan menilai penjual itu secara tidak langsung dengan melihat kolom komentar dan review produk pada penjual tersebut.

5. Cek Kapan Penjual Tersebut Gabung Dalam Market Place

Setiap penjual memiliki akun sendiri-sendiri yang mana saat menjadi anggota atau member dari online market place pasti watunya berbeda-beda. Kita perlu memastikan kapan penjual tersebut gabung dalam online market place. Pilihlah penjual yang bergabung sudah lama. Kenapa kita perlu memastikan ini, karena penjual yang bergabung sudah lama maka dapat menambah kepercayaan kita bahwa penjual itu niat berjualan tidak musiman atau penjual abal-abal yang hanya membuat akun palsu dan kabur. Karena penjual yang telah bergabung lama dan sampai saat ini masih berjualan maka sebelumnya tidak pernah memiliki riwayat yang negatif sehingga dapat kita percayakan. Jika memiliki riwayat negatif, penjual tersebut pasti tidak akan bertahan lama atau dikeluarkan dari online market place tersebut.

Baca Juga :  Abutours: Travel Umroh Online Pertama & Terbesar di Indonesia

6. Pilih Penjual Dengan Respon Chat Yang Cepat Dan Jelas

Ketika kita akan membeli barang yang ditawarkan, pastikan kita chat dulu pada penjualnya bisa menanyakan ketersediaan barang ataupun keterangan barang tersebut. Jika respon dari penjual terhadap kita cepat dan memberikan keterangan jelas maka dapat dikatakan bahwa penjual ini memiliki respon yang baik, dan memang niat berjualan serta melayani pembeli. Hindari penjual yang tidak merespon chat kita atau pertanyaan kita.

7. Pilih Penjual Yang Menyertakan Garansi Atau Pengembalian

Kita tentu perlu membutuhkan adanya garansi dari penjual terpercaya. Kenapa demikian, belanja online terkadang membuat asumsi nanti kalau tidak sesuai atau barang sampai ditempat rusak. Untuk menambah kepercayaan kita maka pastikan kalau penjual menyertakan keterangan garansi pembelian barang atau pengembalian barang ketika barang yang diterima rusak. Dengan begitu kita akan sangat merasa diuntungkan dan dijamin barang yang ditawarkan penjual benar berkualitas tanpa penipuan. Karena penjual terpercaya berani memberikan garansi. Sehingga hidari penjual yang menjual barang tanpa ada keterangan jaminan untuk kita.

Dengan memperhatikan 7 tips tersebut, maka kita dapat terhindarkan dari penipuan dari hasil belanja online. Semoga bermanfaat, selamat berbelanja online dengan bijak dan aman.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *