Tips Panduan Menulis Untuk Pemula Yang Perlu Kamu Ketahui

Image: canva.com

7 Tips Panduan Menulis Untuk Pemula Yang Perlu Kamu Ketahui

Menulis dan membaca adalah aktivitas yang menyenangkan. Dari yang mulanya sekedar hobi, kini tak sedikit orang yang mulai menjadikan aktivitas menulis sebagai profesi. Yup, mungkin inilah yang kemudian memotivasi Kamu untuk belajar menulis. Hanya saja, Kamu harus paham bahwa untuk menghasilkan tulisan yang bagus juga membutuhkan latihan. Sehingga panduan menulis untuk pemula penting untuk Kamu pahami.

Bagi yang sudah terbiasa menulis, maka menulis bukanlah hal yang sulit. Namun lain halnya bagi Kamu yang masih pemula. Menulis mungkin terlihat seperti gunung besar yang harus ditakhlukkan. Nah, tidak perlu bingung lagi, karena pada tulisan kali ini aku akan memberikan ulasan tentang tips panduan menulis untuk pemula.

1. Tulislah Apa Yang Dilakukan

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar istilah “diary”. Tentu saja jika Kamu termasuk orang yang senang untuk menuliskan segala sesuatu pada sebuah buku yang disebut diary, maka ini bisa menjadi awal yang baik.

Latihlah diri untuk senantiasa menulis tentang hal yang Kamu lakukan. Jika sudah terbiasa untuk menuangkannya ke dalam tulisan, maka akan mudah untuk menulis hal lainnya. Karena terbiasa akan terasa mudah.

2. Disiplin Waktu

Sebagai calon penulis yang sukses, maka hal satu ini tidak boleh Kamu lalaikan. Menjaga disiplin terhadap waktu. Sebisa mungkin Kamu jangan melalaikan sehari tanpa menulis, karena akan dikhawatirkan membuat otakmu tidak bisa berpikir seperti biasa. Jadwalkanlah dengan rutin sehari sekali untuk menulis walaupun hanya bisa satu buah artikel saja.

3. Mencari Informasi

Hal ini juga sangat penting loh. Misalnya Kamu ingin menulis tentang kotamu, berarti Kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai sejarah kotamu. Untuk memperoleh informasi tidak hanya dari wawancara, manfaatkan media sosial sebagai sumber informasi juga. Tapi tetap harus ditelusuri kebenarannya.

Ketika sudah banyak mengetahui sejarah tentang kotamu, selanjutnya Kamu hanya perlu mengembangkan tulisan hingga menjadi tulisan yang utuh dan informatif.

4. Buatlah Judul

Sebelum memulai menulis cobalah untuk menentukan judul yang ingin Kamu buat. Judul adalah bagian terpenting agar tulisanmu menjadi terarah, hingga membentuk sebuah paragraf yang indah. Untuk menentukan judul tidak perlu yang rumit-rumit. Coba lihat lagi sekelilingmu, mungkin ada inspirasi di sana.

5. Menyelesaikan Hingga Akhir

Penulis yang baik adalah ia yang menyelesaikan tulisannya hingga tuntas. Jangan berdalih ide hilang atau buntu lalu tidak menyelesaikan tulisan. Ini hanya akan membuat waktumu habis karena hanya mau memulai tanpa mau menyelesaikan.

6. Membaca ulang

Setelah selesai menulis, Kamu harus membaca ulang lagi tulisan tersebut untuk mengetahui apakah ada yang kurang atau tidak. Cek kembali apakah ada salah ketik atau salah penggunaan tanda baca. Poin-poin ini sangat penting untuk diperhatikan.

7. Mencintai Pekerjaan

Seberat apapun pekerjaan yang Kamu lakukan, jika dilakukan sepenuh hati akan terasa ringan. Sebaliknya jika pekerjaan itu ringan tapi Kamu tidak mencintainya maka akan terasa sangat berat. Kecintaanmu pada pekerjaan yang Kamu lakukan termasuk menulis akan membawamu kepada dedikasi tinggi.

Menulis merupakan aktivitas yang positif, hanya saja pastikan Kamu melakukannya dengan sepenuh hati. Tulisan yang ditulis dengan hati akan lebih bermakna dibandingkan tulisan yang dihasilkan dengan asal-asalan. Oleh karena itu terapkan 7 tips panduan menulis untuk pemula di atas dengan baik agar impianmu menjadi penulis bisa tercapai.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *