skripsi

Image: migrationlinkbd.com

8 Hal Yang Dapat Memotivasi Diri Agar Skripsi Cepat Selesai

Skripsimu nggak kelar-kelar? Padahal teman-temanmu udah pada lulus? Jangan putus asa guys. Kamu harus tetap semangat menjalani hidup. Skripsi bakal cepat selesai jika Kamu memiliki semangat yang kuat.

Nih 8 hal yang dapat memotivasi diri agar skripsi cepat selesai:

1. Ingat Orang Tua

Jika semangatmu berkurang saat mengerjakan skripsi, hal yang perlu Kamu lakukan adalah mengingat perjuangan orang tuamu. Orang tuamu banting tulang untuk mengkuliahkanmu agar jadi sarjana. Dan Kamu nggak mau mengecewakan mereka dong?

Perjuangan orang tuamu udah sangat berat untuk mengurus dan menyekolahkanmu. Jangan kecewakan mereka dengan Kamu malas-malasan menyelesaikan skripsimu. Skripsimu bukan apa-apa dibandingkan perjuangan orang tuamu.

Skripsi itu bukan hal yang berat guys. Yang membuat jadi sudah adalah Kamu sendiri. Selesaikan segera karena orang tuamu udah nggak sabar untuk hadir di acara wisudamu. Kamu mau mengecewakan mereka dengan nggak lulus-lulus cuma gegara skripsi?

2. Ingat Umur

Berapa umurmu sekarang? Dan Kamu belum lulus? Kamu mau lulus umur berapa? Jangan lama-lama guys. Jangan habiskan umurmu di kampus tercinta. Nggak harus ngabisin masa studi maksimal dong yang 14 semester.

Kamu harus mempunyai semangat kuat untuk menyelesaikan skripsimu. Ingat umurmu akan selalu bertambah setiap tahunnya. Lihat apa yang sudah dicapai orang lain dengan umur yang sama denganmu sekarang.

Umur memang nggak jadi batasan untuk lulus kulian. Tapi kalau kelamaan nggak lulus-lulus Kamu akan jadi mahasisma tua. Adik angkatanmu akan bertambah dan Kamu nggak malu?. Yuk cepet selesaikan skripsimu mumpung umur berlum banyak.

3. Ingat Pasangan

Kamu udah punya calon pasangan? Pasti ingin dong segera naik pelaminan. Kalau nikahnnya nggak nunggu lulus sih nggak jadi masalah. Namun jika nikah nunggu lulus dulu dan Kamu belum lulus jadinya dimana? Ingat satu hari menundah skripsimu maka menunda satu hari untuk nikah.

Baca Juga :  Parenting Club: Tempat Informasi Tentang Mendidik Anak

Kamu nggak kasian sama pasanganmu? Udah rela menunggumu untuk lulus tapi skripsi kamu anggurin. Jangan sampai ditinggal nikah gegara nunggu kamu kelamaan, guys. Kamu harus semangat selesaikan skripsimu. Banyak orang yang berharap untuk Kamu segera lulus.

Pasangan seharusnya menajadi penyemangat buatmu merampungkan skripsi. Jangan kebanyakan main sampe lupa skripsi. Biar cepet kelar, ajak aja pasanganmu untuk bantuian ngerjain skripsi. Tapi buka dibuatin ya, guys.

4. Ingat Teman

Teman-teman seangkatanmu udah banyak yang lulus? Temanmu bisa menjadi motovasimu untuk segera menyelesaikan skripsi. Nggak mau dong tinggak kamu yang belum lulus sedangkan temanmu udah semua. Kalau mereka bisa, Kamu juga harus bisa guys.

Salah satu yang bisa Kamu lakukan agar skripsimu sepat selesai adalah ngerjain bareng sama temanmu. Kamu bisa ikut skripsi payung dosen yang dikerjain bareng-baeng. Jika skripsinya beda, Kamu bisa waktu ngerjainnya bareng temanmu. Paling tidak jika semangatmu hilang, temanmu bisa memaksamu untuk ngerjain skripsimu lagi.

Masa awal-awal ngerjain skripsi itu masa yang paling krusial. Kamu jangan diem aja kalau temanmu mau mulai ngajuin judul. Kamu juga perlu ikutin temanmu itu. Jangan nunggu mereka pada lulus kamu baru mulai. Jika itu terjadi, semangatmu akan berkurang karena temanmu udah ngga dikampus lagi. So, semangay guys.

5. Ingat Dosen

Dosen pembimbing pasti pingin Skripsimu segera rampung. Kamu akan jadi bebannya jika nggak selesai-selasai. Walaupun juga dosen terkadang susah ditemuin namun itu bukan alasan. Mereka juga punya kesibukan sendiri dan kamu harus pahami itu.

Baca Juga :  8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu Setinggi-tingginya!

Susah nemuin dosen bukan jadi alasan untuk Kamu menunda skripsimu kelar. Bimbingannya banyak revisi? Itu bukan salan dosen, mungkin Kamu kurang teliti dalam menulis. Jika nggak ingin banyak revisi, pastikan apa yang Kamu kerjakan memang benar-benar apa yang diinginkan dosen pembimbing.

Pada akhir-akhir masa studi biasanya dosen pembimbing akan menghubungi mahasiswa bimbingannya. Nggak mau dong sampai di panggil dosen karena skripsimu nggak kelar-kelar. So, jangan malas-malasan ngerjain skripsi biat cepet diwisuda.

6. Ingat Jurusan

Bukan hanya orang tua, pasangan dan dosen saja yang menunggumu untuk cepat lulus. Jurusan juga berharap Kamu segera lulus. Jika nggak lulus-lulus, Kamu akan membebani jurusan.

Kalulusaan mahasiswa juga menjadi pertimbangan akreditasi jurusan. Apalagi jika nggak menyelesaikan kulaih alias DO. Nggak mau dong akreditasi jurusanmu turun gegara tingkat kelulusan rendah. Yuk kerjain skripsinya biar cepat kelar.

7. Ingat Bayar

Ingat dibalik lamanya kamu menyelesaikan skripsimu, Kamu juga harus bayar uang kuliah. Semakin lama lulus maka jumlah yang Kamu bayarkan akan semakin banyak jumlahnya. Nggak terasa memang bagi Kamu yang banyak uang. Tapi, uangmu akan lebih bermanfaat jika Kamu cepat lulus.

Kuliah masih dibayarin orang tua atau bayar sendiri? Kalau bayar sendiri sih nggak masalah jika Kamu nggak lulus-lulus. Tapi kalau masih dibayarin orang tua bisa jadi beban tambahan mereka. Belum lagi adik-adikmu yang juga perlu dana.

Orang tua yang bayarin kuliah juga bosen jika Kamu nggak lulus-lulus. Tiap semester ditagih uang kuliah tapi kamu nyantai aja. So, Kamu harus semangat dan ingat semakin lama kuliah semakin banyak bayarnya.

Baca Juga :  Apasih Enaknya Kuliah Di Jogja? 5 Alasan Berikut Akan Membuatmu ...

8. Ingat Sukses

Ingat guys, menunda kelulusan bisa menunda kesuksesanmu, bener nggak? Kalau mau lanjut kuliah lagi dengan jenjang lebih tinggi Kamu harus lulus terlebih dahulu. Begitu juga jika ingin berbisnis, akan lebih fokus jika Kamu udah lulus.

Ingat impian-impian yang ingin Kamu capai. Sudah sejauh apa usaha ynag Kamu lakukan. Jangan sampai skripsi menunda terwujudnya impianmu itu. Cepat diselesaikan jangan ditunda-tunda lagi.

Kesalahan yang paling banyak menunda skripsi karena masih bingung nanti kalau udah lulus mau jadi apa. Ingat guys sukses itu datang sendiri karena usahamu. Jangan kawatir setelah lulus Kamu mau ngapain. Yang terpenting adalah segela selesaikan kuliahmu dan masa depan akan dimulai.

Itu tadi 8 hal yang dapat memotivasi diri agar skripsi cepat selesai. Semoga Kamu lebih semangat lagi menyelesaikan skripsimu. Ingat guys, kamu belum dibilang sarjana jika kamu belum lulus. Dan salah satu syaratnya adalah skripsinya selesai.

Sebenarnya skripsi itu nggak serumit yang bayak orang pikirkan. Skripsi itu hanya kumpulan tulisan ddari penelitian yang kita lakukan. Dan penelitian sekelas skripsi masih tergolong mudah. Jika kamu merasa sulit, Kamu harus merubah mindset bahwa skripsi itu mudah.

Skripsi itu adalah awal menuju kesuksesanmu nanti. Jika menghadapi skripsi saja Kamu menyerah bagaimana menghadapai rinatangan yang lebih besar lagi. So, mulai dari sekarang fokus untuk menyelesaikan skripsi untuk membanggan banyak orang yang menantimu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *