tidak merokok

Image: okezone.com

8 Manfaat Jika Tidak Merokok Dan Kamu Harus Tau!

Merokok itu selain banyak yang menyukai namun juga banyak yang membenci. Terutama bagi mereka yang tidak merokok. Tidak jarang bagi meraka yang tidak merokok langsung menghindar jika ada orang merokok datang. Yang paling menjengkelkan ketika yang merokok seolah-olah tidak merasa bersalah atas apa yang ia lakukan membuat orang disekitarnya tidak nyaman.

Berikut 8 Manfaat jika Kamu tidak merokok dan Kamu harus tau:

1. Bebas Polusi

Kamu pasti tau dong Standar Emisi yang dipakai kendaraan. Dari mulai Euro 1, Euro 2, Euro 3 sampai Euro 6 semuanya bertujuan menjaga kelestarian lingkungan khususnya kualitas udara. Jika kendaraan saja ada standarnya, seharusnya rokok juga punya standar emisinya.

Asap rokok banyak dikeluhkan oleh orang yang tidak merokok. Bagi mereka yang sangat menjaga kesehatan pasti akan langsung menghindar jika ada yang merokok. Tidak pedulu teman, keluarga atau siapapun. Biasanya yang paling tidak suka adalah para wanita khususnya ibu-ibu.

Pemerintah juga telah membuat kantong-kantong tempat merokok. Namun tetap saja masih banyak orang yang merokok sembarangan tempat. Kalau asapnya bisa dihisap sendiri mungkin tidak masalah. Yang menjadi masalah asapnya bisa mengganggu pernapasan. Sebaiknya hindari yang namanya rokok , guys!.

2. Terhindar Resiko Kanker

Jika Kamu perokok atau teman Kamu yang merokok pasti tau dong ada gambar pada kemasan rokok orang yang terkena kanker. Gambarnya macam-macam, ada yang terkena kanker paru-paru, kanker pada tenggorokan dan semuanya ngeri-ngeri. Tujuan dibuatnya gambar itu ya untuk mengurangi jumlah perokok.

Sebelum berubah dalam bentuk gambar, himbauan untuk tidak merokok juga sudah dibuat. Slogan merokok dapat menyebabkan kanker misalnya. Alibi perokok pasti slogan tersebut berlaku jika rokoknya dapat. Namun jika rokoknya beli tidak apa-apa. Mau beli atau dapat semuanya sama saja, guys!

Baca Juga :  Tempat Bubur Enak Di Jakarta Itu Ta Wan Restaurant

Rokok mengandung banyak zat-zat kimia berbahaya, salah satunya zat arsenik yang biasanya untuk mengawetkan kayu. Dari beberapa penelitian, 60-70 persen kasus kanker terjadi akibat merokok. Masih mau jadi perokok?

3. Nggak Takut Susah Punya Anak

Siapa sih yang nggak pingin punya anak? Anak merupakan idaman setiap pasangan yang telah menikah. Apapun dikorbankan untuk memiliki buah hati. Salah satu penyebab susah punya anak adalah akibat kebiasaan buruk merokok. Terdapat zat didalam rokok yang mnyebabkan kesuburan reproduksi terganggu.

Sesuai slogan himbauan larangan merokok yaitu: merokok dapat menyebabkan impotensi bagi pria maupun wanita. Bayangkan, cuma gara-gara kenikmatan tak seberapa Kamu jadi impoten mau? Bagi wanita hamil, merokok dapat menyebabkan gangguan janin. So, mau tidak punya anak jika sudah menikah? Hindari merokok!

4. Terhindar Dari Bau Badan

Kamu perokok aktif? Pernah mencium bau badanmu sendiri? Bagai mana baunya? Biasa saja? Sekarang, Coba teman atau pasanganmu suruh mencium bau badanmu. Tanyakan pada mereka apa yang mereka rasakan. Jika mereka bilang biasa saja, pasti mereka berbohong.

Disadari atau tidak bau badan perokok itu pasti berbeda dengan orang yang tidak merokok. Pasti Kamu tau dong bau apa? Ya, bau asap. Nggak dimulut, nggak dibadan, Nggak dibaju bekas dipakai pasti bau asap. Kita yang tidak perokok aktif pasti bisa membedakan orang yang perokok dengan tidak dari bau badannya.

Bau badan orang perokok nggak ada enak-enaknya. Bahkan bagi oyang tidak perokok biasanya menghindari duduk dekat-dekat dengan orang perokok. Pokoknya baunya nggak enak banget. Jauhin deh rokok kalau nggak mau bau badanmu seperti asap rokok.

5. Banyak Teman

Kamu pingin punya banyak teman didekatmu? Hindari Merokok! Ya walaupun merokok bisa banyak teman tapi biasanya teman-temannya juga para perokok. Siapa sih yang mau duduk berdekatan dengan perokok? Bagi yang nggak perokok pasti males.

Baca Juga :  Lagi Mau Beli Box Motor? Kamu Harus Pertimbangkan 5 Hal Berikut!

Tanpa disadari teman-temanmu yang tidak perokok aktif pasti mulai menghindari darimu. Saat ngumpul-ngumpul tiba-tiba kamu datang dengan rokok menyala di mulutmu. Bisa dipastikan satu persatu temanmu mulai mengindar. Asapmu mengganggu mereka.

6. Nggak Jomblo

Ya walaupun merokok gak jadi patokan jomblo atau tidak. Tetapi salah satu kriteria pria idaman para wanita adalah pria yang tidak merokok. Apapun alasannya pria yang tidak merokok terlihat lebih menggoda dimata wanita.

Bayangin aja saat Kamu PDKT dengan wanita yang mulai mencuri perhatianmu. Eh Dia tau bahwa kamu perokok aktif. Kebetulan wanita tersebut mengidam-idamkan mendapatkan pria yang tidak merokok. Bisa gagal semua rencanamu gara-gara rokok. Tidak ada pasangan yang menginginkan pasangannya merokok.

Nggak hanya wanita yang tidak suka pria perokok. Banyak calon-calon mertua yang juga menerapkan larangan merokok bagi menantunya. Jadi nggak hanya di SPBU saja yang dilarang, jodoh juga bisa hilang gegara rokok tak seberapa. Kamu mau?

7. Terhindari Resiko Kematian Dini

Para perokok pasti ngeles bahwa merokok atau tidak pasti mati. Yang namanya makhluk hidup pasti masti. Kematian tidak ada yang tau. Semua kehendak yang diatas. Namun sebagai manusia kita juga perlu menghindari-halnya yang mempercepat kematian.

Menurut hasil survei, angka kematian akibat rokok di Indonesia mencapai 400 ribu orang setiap tahunnya. Berarti setiap jamnya sekiratar 40 an orang meninggal akibat rokok. Dan paling parahnya lagi sekitar 15 persenan adalah korbannya para remaja.

Rokok memang tidak membunuh secara langsung. Secara pelahan-lahan rokok menggerogoti tubuh tanpa disadari. Merokok itu berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Mulai sekarang jangan dekat-dekat deh dengan yang namanya rokok.

Baca Juga :  Fakta Menarik Antara Anak Dan Orang Dewasa Zaman Sekarang

8. Uang Lebih Bermanfaat

Dimana-mana rokok pasti beli kecuali minta sama teman. Tapi sama aja kan teman yang beli. Yang namanya beli pasti pakai uang. Uangnya dari mana? Kalau kita udah kerja ya pakai uang gaji. Tapi kalau masih sekolah ya pakai uang jajan. Uangmu cuma untuk beli rokok?

Harga rokok di Indonesia bermacam-macam. Ada yang murah dan ada yang mahal. Kata para perokok setiap rokok punya ciri khas masing-masing. Makin enak pasti makin mahal. Walaupun isinya cuma tembakau dan lain-lain. Dan fungsinya cuma dibakar dan dihisap, rokok memiliki harga yang cukup tinggi.

Yuk coba kita hitung berapa uang yang bisa dimanfaatkan jika kita tidak merokok. Jika diasumsikan harga rokok 1 bungkus 10 ribu. Perhari anggap saja habis 1 bungkus. Selama 30 hari atau satu bulan bisa menghabiskan uang, 10 ribu x 30 = 300 ribu. Kalu satu tahun tinggal dikali, 12 x 300 ribu = 3,6 juta.

Kamu udah berapa kali ganti smartphone? Setahun berapa kali? Jika kamu tidak merokok dan rokoknya ditabung, kamu bisa beli smartphone seharga 3,6 juta setiap tahunnya. Untuk harga segitu, udah dapat smartphone yang lumayan spesifikasinya. Kalau kamu ngerokok? Dapat apa? Cuma dapet asap doang dan uangmu tidak bermanfaat sama sekali. Masih mau merokok?

Mungkin 8 manfaat yang Kamu dapat jika tidak merokok dapat menjadi motivasi pagi perokok aktif. Percayalah merokok itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Hanya menawarkan kenikmatan sesaat. Efek kedepannya akan menyusahkanmu, guys!
Bagi yang tidak perokok, jangan sekali-kali mencoba yang namanya rokok. Pertama-tama mungkin hanya coba-coba, tapi kalau kelamaan jadinya kecanduan. Percayalah rokok bukan konsumsi terbaik untukmu. Sayangi tubuhmu agar senang dihari tua nanti, guys.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *