Tips Memilih Smartphone Android

Image: pixabay.com

8 Tips Memilih Smartphone Android Yang Sesuai Agar Tidak Menyesal

Kamu lagi bingung cari-cari smartphone Android yang pas? Nggak perlu bingung karena saat ini udah banyak pilihan. Berbagai brand mengeluarkan banyak produk andalan mereka. Sebagai konsumen kita tinggal pilih mana yang sesuai aja. Tapi biasanya semakin banyak pilihan maka semakin membuat kit bingung. Tenang kali ini aku akan memberikan tips memilih smartphone Android yang sesuai buat kita versi aku ya.

Setiap orang biasanya memiliki standar atau kriteria tersendiri saat memilih barang. Tidak terkecuali smartphone, pastilah kita memiliki kriteria khusus. Mulai dari yang kameranya bagus, layar besar dan lainnya. Pada kesempatan ini aku akan membagikan tips versi edisusilo.com untuk Kamu semuanya. Langsung saja tanpa panjang lebar,berikut tips memilih smartphone Android yang sesuai agar tidak menyesal.

1. Pilih Brand Yang Terkenal Kualitasnya

Pertama kenapa pilih brand dahulu? Karena dari sini kita bisa tau apa yang kita pilih nggak akan salah. Memilih brand diawal itu penting. Karena produk dari tiap-tiap brand memiliki kualitas yang berbeda. Itulah kenapa kita perlu memilih brand terlebih dahulu.

Sedikit cerita, dulu aku nggak terlalu memikirkan brand. Asal suka serta fitur dan spesifikasi menarik boleh deh langsung dimiliki. Tapi beberapa belakangan ini aku mulai sadar, fitur dan spesifikasi bukan segalanya. Ada brand yang produknya bisa lebih mahal dari pesaing dan dari segi spesifikasi malah lebih rendah, tapi secara kualitas yang mahal bisa lebih baik.

Baca Juga :  Hindari 5 Hal Berikut Jika Ingin Kesehatan Tubuh Kamu Selalu Terjaga

Beberapa brand besar dan sudah lama malang melintang diindustri telpon genggam biasanya dari segi harga lebih mahal walaupun dari spesifikasi bisa sama. Hal itu wajar, mereka membuat produk yang memang dari segi desain, built quality, bahan, spesifiaksi dan fitur sudah disesuaikan. Harga nggak akan pernah bohong jika penilaiannya tidak sebatas fitur dan spesifikasi saja.

Kesimpulannya diawal, pilih brand yang memang sudah terbukti kualitasnya. Banyak brand seperti hp samsung biasanya harga lebih mahal, tapi secara kualitas udah dipercaya. Brand besar lainnya juga nggak kalah bagusnya.

2. Pilih Ukuran Layar Yang Sesuai Kebutuhan

Kesenangan setiap pada ukuran layar smartphone pasti berbeda-beda. Ada suka yang ukuran besar dan ada yang suka ukuran kecil. Kamu tinggal sesuaikan mana yang memang Kamu suka. Aku pribadi lebih suka yang ukuran kecil untuk saat ini. Namun terkadang sulit menemukan smartphone yang pas untuk ukuran layarnya yang kecil.

Baca Juga :  7 Alasan Kenapa Memilih Sariwangi Teh Celup, Banyak Kasiatnya!

3. Kualitas Desain Dan Bahan Pada Bodi Smartphone

Pilih desain smartphone yang menarik buat Kamu. Pilih juga material bodi yang ada pada smartphone tersebut. Sesuaikan dengan kesukaanmu. Mungkin ada yang suka dengan material dari plastik, dari kaca atau mungkin dari besi. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan seleramu.

4. CPU Dan RAM

Sebanarnya CPU tidak terlalu penting jika Kamu hanya menggunakan smartphone untuk sosial media dan kawan-kawannya. Berbeda jika suka main game, pilih spesifikasi yang mumpuni untuk main game. Sedangkan RAM, normalnya saranku pilih yang sudah memiliki ukuran RAM minimal 3Gb. Agar multitasking jadi lebih mudah tanpa adanya lelet-elet lagi.

5. Daya Tahan Baterai

Spesifikasi bagus kalau daya tahan baterai lemah ya sama saja. Agar memudahkan hari-harimu, pilih smartphone yang memiliki daya tahan baterai lama. Daya tahan baterai tentunya dipengaruhi dari kapasitas baterai. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau tidak masalah bawa powerbank kemana-mana ya hal yang satu ini bisa diabaikan.

6. Kualitas Kamera

Tips memilih smartphone Android selanjutnya terlapas dari kurang sukanya foto-foto, aku tetap mencari smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni. Kenapa? Ada kalanya kita perlu mendokumentasikan beberapa informasi yang mungkin lebih mudah jika menggunakan foto kamera. Kamera dengan kualitas bagus sudah pasti dibutuhkan walapun tidak suka foto-foto.

Baca Juga :  3 Alasan Lebih Memilih TV LED Murah, Bisa Menjadi Pertimbangan Nih!

7. Penyimpanan Memori

Bagi Kamu yang suka menyimpan banyal file dismartphone, ukuran memori yang besar sudah pasti wajib. Hal mudah seberanya memilihnya, karena smartphon sekarang kebanyakan sudah didukung dengan ukuran memori penyimpanan yang besar. Jadi tidak perlu lagi seleksi yang macam-macam.

8. Harga Yang Sesuai

Kalau kita sudah mendapatkan yang kita mau, berarti tinggal satu ini yang perlu dilihat lagi yaitu harga. Dari apa yang Kamu liat dari smartphone pilihan apakah harganya sesuai atau tidak. Kalau kemahalan mungkin bisa pilih yang lain. Tapi kalau harga nggak masalah ya ambil aja kan gitu hehe.

Ya itu ajasih ada 8 tips memilih smartphone Android yang sesuai agar tidak menyesal. Semuanya kembali ke selera dan kriteria Kamu masing-masing sih. Boleh mengikuti tips ini, juga boleh beda lho. Semoga bermanfaat dan selalu kunjungi blog ini ya.



Pada kategori For Bloggers

About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, aku Blogger Tekno dan Fotografer Foto 360 Derajat yang tinggal Yogyakarta. Berkecimpung sebagai Blogger mulai tahun 2010 dan Fotografer Foto 360 Derajat tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *