Beli Rumah

Image: pixabay.com

Beli Rumah Atau Sewa Rumah Dulu? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini!

Untuk Kamu mungkin yang baru menikah atau mau menikah, biasanya berkeinginan untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Atau juga yang lagi bekerja merantau, pastilah menginginkan menempati rumah sendiri. Pilihannya biasanya ada 2, yaitu beli rumah atau sewa rumah dulu.

Pastilah kita inginnya memiliki rumah sendiri tanpa harus menyewa. Namun beberapa kondisi nggak memungkinkan untuk itu tentunya. Maka sebelum memutuskan hal tersebut, Kamu harus pertimbangan masak-masak keputusanmu.

Berikut beberapa pertimbangan mau beli rumah atau sewa rumah dulu:

1. Lihat Akan Dipakai Jangka Pendek Atau Jangka Panjang

Memiliki hunian berupa rumah dan tanahnya merupakan investasi kalau banyak orang bilang. Benarkah demikian? Ya memang benar namun untuk jangka pendek memiliki rumah sendiri kalau menurutku bukan pilihan yang tepat. Walaupun katanya memiliki rumah adalah investasi.

Jika Kamu hanya menggunakan rumah dalam waktu yang tidak lama, kalau menurutku lebih baik sewa saja. Kenapa? Menjual rumah kebali itu tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk rumah-rumah baru mungkin kita akan mudah membelinya, namun apakah juga akan mudah menjualnya?

Baca Juga :  Mau Punya Rumah Mudah? Nih Cara Mendapatkan Kredit Rumah Murah

Biasanya setiap orang memiliki keinginan tersendiri soal rumahnya. Ingin desain seperti apa, bentuk ruangannya seperti apa dan sebagainya. Biasanya orang lebih suka membangun sendiri dari awal. Kecuali kalau orang yang memang sedang membutuhkan hunis cepat, maka mereka biasanya membeli rumah yang sudah ada.

Di tempat-tempat tertentu menjual rumah mungkin mudah. Namun ditempat-tempat lain yang banyak aku jumpain, menjual rumah nggak mudah. Maka dari itu pertimbangan sebelum memutuskan. Kalau jangka panjang maka saran aku untuk membeli rumah. Kenapa? Biaya sewa kalai dihitung mungkin bisa nggak jauh selisihnya dari beli rumah.

2. Lihat Kondisi Keuangan Saat Ini.

Kita nggak mungkin mengambil suatu keputusan tanpa melihat kondisi kita saat ini. Bagaimana kondisi keuangan kita saat ini. Apakah cukup untuk membeli rumah atau hanya cukup untuk menyewa rumah saja. Perhitungkan dengan benar hal tersebut.

Baca Juga :  Mengapa Banyak Yang Jual Rumah di Bandung? Berikut Alasannya

Kita nggak boleh memaksakan apa yang sebenarnya kita nggak mampu hanya untuk memenuhi hawa nafsu belaka. Kalau memang belum mampu maka lebih baik tunda terlebih dahulu. Jika sudah merasa mampu maka tunggu apa lagi langsung beli deh.

3. Cukupkah Tabungan Atau Harus Kredit

Membeli rumah bisa dengan banyar lunas atau sistem kredit. Keduanya sah-sah saja, dan kalau menurutku tentu yang terbaik adalah membayar lunas. Membeli secara lunas tentu tidak akan menimbulkan beban bulanan pada kita. Selain itu juga cara tersebut lebih baik jika ingin terhindar dari riba.

Membeli secara sistem kredit tentu akan menimbulkan beban setiap bulannya. Harus membayar biaya kredit setiap bulannya. Belum lagi masalah ribanya. Kecuali mungkin sistem syariah. Ini harus dipertimbangan baik-baik.

Baca Juga :  5 Alasan Kenapa Rumah Lebih Menarik Dari Apartemen

Kalau memang dana belum cukup mungkin belih baik sewa rumah terlebih dahulu. Biaya setiap bulannya atau mungkin sistem tahun jauh lebih ringan. Dan paling tidak kita bisa terhindar dari yang namanya riba.

Itu aja sih beberapa pertibangan yang perlu Kamu pikirkan benar-benar. Setiap langkah yang kita ambil akan berpengaruh ke langkah selanjutnya. Jadi berhati-hatilah mengambil langkah yang benar dan tepat.

Bagi Kamu yang berada di Bandung dan Jakarta dan sedang mencari rumah yang terjangkau, Margahayuland sedang membangun perumahan murah. Salah satu perumahannya, yaitu margahayu bandung. Margahayu bandung dibuat dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang lengkap. Kamu bisa memiliki rumah dengan harga terjangkau di margahayu bandung ini.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Kamu. Kalau sanggup beli rumah ya beli dan kalau merasa belum sanggup, sewa rumah merupakan pilihan yang tepat tanpa memaksakan keadaan. Karena hidup nggak hanya soal dunia saja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *