Bothok Mercon Ikan Patin

Image: edisusilo.com

Bothok Mercon Ikan Patin: Makanan Khas Sragen Yang Memerahkan Bibir

Hari minggu kemarin aku berkesempatan main ke Sragen. Sebenarnya bukan main, lebih tepatnya menghadiri resepsi pernikahan sahabat. Dan pulangnya diajak sama Pak Ryan ke tempat makan yang jual bothok mercon ikan patin.

Awal cerita dulu ya, aku dan temen-temen bertiga, Pak Ryan (Orang Sragen), Pak Arif (Orang Jakarta) dan aku berangkat dari jogja jam 7 pagi dan sampai sana jam 10 an. Pas banget sampai sana resepsinya belum lama dimulai. Perjalanan agak lama karena mampir-mampir dulu hehe.

Selesai acara dan foto sekitar jam 12 an terus diajakin mampir ke rumahnya Pak Ryan. Disana duduk-duduk sebentar sampai jam 3 kurang, selanjutnya siap-siap balik lagi ke Jogja tercinta. Disela-sela cerita, Pak Ryan nawarin pas pulangnya mampir ke salah satu makanan khas, yaitu tengkleng, timlo, dan bothok mercon ikan patin. Kalau aku sih manut aja hehe.

Pas mau pulang hujan turus rintik-rintik. Karena perjalanan masih jauh ya mau nggak mau ya tetep pulang. Pertama mau mampir ketempat yang jual tengkleng eh tutup. Terus jalan lagi ke tempat yang jualan timlo eh tutup juga. Hujan juga semakin deras, diputuskan ke tempat yang jualan bothok mercon ikan patin.

Baca Juga :  Milong: Mie Rebus Paling Enak Yang Pernah Aku Makan

Pas banget sampai tempat tujuan ternyata buka. Nama tempatnya WM. Bothok Mercon Mbah Wiro. Tau kepanjangan dari WM? singkatan dari warung makan. Karena hujan cukup deras, sampai sana pakaian dibadan udah pada basah. Tanpa basa-basi langsung pesen bothok ikan patinnya.

Di WM. Bothok Mercon Mbah Wiro nggak hanya jual bothok mercon ikan patin, ada juga bothok mercon ayam. Yang bothok ayam kebetulan habis. Dan yang ikan patin tinggal kepalanya. Ada sih bagian dagingnya tapi nunggu beberapa menit. Karena sukanya yang kepala ikan, ya tanpa nunggu lama langsung minta yang bothok kepala ikan patin aja.

Jujur aja aku baru pertama kali ini ngerasain nikmatnya bothok mercon ini. Biasanya bothok itu ada ampas kelapanya dan kebanyakan juga bothok itu dari sayuran dan ada juga dari ikan tapi tetap ada ampas kelapanya. Bothok mercon yang satunya ini beda, yang ada hanya kepala ikan dan sambal didalamnya. Kalau dilihat sepintas lalu sih mirip sambel ikan patin bedanya dibungkus daun pisang.

Baca Juga :  Kerak Telur: Makanan Betawi Asli Di Pasar Malam Perayaan Sekaten

Setelah aku coba, ternyata berbeda dengan pikiranku diawal. Bothok ikan patin ini beda rasanya sama sambel ikan patin. Rasa mantap banget dan dibandingin sama sambel ikan patin enak ini. Mungkin proses masaknya yang bikin ikan patin ini berbeda.

Sesuai namanya “Bothok Mercon”, pedesnya masakan ikan patin ini sampai memerahkan bibir. Teh es yang bermula segelas harus diisi kembali dengan teh yang sudah disediakan diteko. Pedesnya benar-benar mantap, dan Kamu harus nyobain nih kalau lagi main ke sragen.

Oh iya kalau Kamu pingin ke sini, lokasinya di Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya dipinggir jalan besar dekat dengan jembatan. Nih Kamu bisa pakai google maps dengan mengeklik disini. Dari ring road sragen nggak jauh, ya sekitar 3 Km.

Baca Juga :  Soto Medan: Bagi Pecinta Soto Yang Bersantan Di Yogyakarta

Untuk harga seporsi bothok mercon ini mulai dari 10 – 12 ribuan. Harganya masih terjangkau untuk semua kalangan. Bagi Kamu yang ngakunya pecinta kuliner, wajib coba makanan yang satu ini. Kalau nggak jauh dari jogja, bisa sering-sering kesini nih.

Nggak lama setelah menyantap seporsi bothok mercon ikan patin, kemudian melanjutkan perjalanan ke Jogja. Sampai jogja jam 7 lewat dikit. Dan masih sempat nonton motoGP dulu hehe. Yuk cintai kuliner nusantara, kalau bukan kita siapa lagi?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *