Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS)

Image: canva.com

Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability

Setelah membuat desain user interface (UI) aplikasi atau aplikasi sudah jadi, tentu tidak selesai begitu saja. Perlu dilakukan pengujian apakah aplikasi tersebut memenuhi unsur seperti usability atau mungkin user experience. Salah satunya pengujian usability bisa dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS). Bagaimana cara menggunakan System Usability Scale (SUS) dan lain-lainnya akan aku bahas pada artikel kali ini.

Apa Itu SUS (System Usability Scale)?

Kalau Kamu membaca artikel ini berarti sudah pernah dengar dong apa itu SUS (System Usability Scale). SUS ini merupakan salah satu alat pengujian usability yang paling populer. SUS dikembangkan oleh John Brooke pada tahun 1986. SUS ini merupakan skala usability yang handal, populer, efektif dan murah.


Daftar Pertanyan SUS

SUS memiliki 10 pertanyaan dan 5 pilihan jawaban. Pilihan jawaban terdiri dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. SUS memiliki skor minimal 0 dan skor maksimal 100. SUS dalam bahasa aslinya menggunakan bahasa Inggris. Namun sudah ada penelitian atau sebuah paper yang sudah membuatnya menjadi bahasa Indonesia pada penelitian Z. Sharfina dan H. B. Santoso (2016).

Berikut 10 pertanyaan dari System Usability Scale (SUS) yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia:

No Pertanyaan
1 Saya berpikir akan menggunakan sistem ini lagi
2 Saya merasa sistem ini rumit untuk digunakan
3 Saya merasa sistem ini mudah digunakan
4 Saya membutuhkan bantuan dari orang lain atau teknisi dalam
menggunakan sistem ini
5 Saya merasa fitur-fitur sistem ini berjalan dengan semestinya
6 Saya merasa ada banyak hal yang tidak konsisten (tidak serasi pada sistem
ini)
7 Saya merasa orang lain akan memahami cara menggunakan sistem ini
dengan cepat
8 Saya merasa sistem ini membingungkan
9 Saya merasa tidak ada hambatan dalam menggunakan sistem ini
10 Saya perlu membiasakan diri terlebih dahulu sebelum menggunakan
sistem ini
Baca Juga :  Perbedaan Usability Dan User Experience, Dimana Penarapannya?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa SUS memiliki 5 pilihan jawaban. Mulai dari sangat tidak setuju, tidak setuju, ragu-ragu, setuju, dan sangat setuju. Skor masing-masing jawabana mulai dari 0 smapai 5. Berikut pilihan jawaban beserta skornya.

Jawaban Skor
Sangat Tidak Setuju (STS) 1
Tidak Setuju (TS) 2
Ragu-ragu (RG) 3
Setuju (S) 4
Sangat Setuju (SS) 5


Contoh pertanyaan dan pilihan jawaban SUS

Untuk lebih lengkapnya mengenai daftar pertanyaan dengan pilihan jawaban atau kuesioner SUS, aku sudah menyiapkannya. Kamu tinggal download data kuesioner SUS dibawah ini.

Download Kuesioner SUS


Aturan Menghitung SUS

Setelah melakukan pengumpulan data dari responden, kemudian data tersebut dihitung. Dalam cara menggunakan System Usability Scale (SUS) ada beberapa aturan dalam perhitungan skor SUS. Berikut ini aturan-aturan saat perhitungan skor pada kuesionernya:

  1. Setiap pertanyaan bernomor ganjil, skor setiap pertanyaan yang didapat dari skor pengguna akan dikurangi 1.
  2. Setiap pertanyaan bernomor genap, skor akhir didapat dari nilai 5 dikurangi skor pertanyaan yang didapat dari pengguna.
  3. Skor SUS didapat dari hasil penjumlahan skor setiap pertanyaan yang kemudian dikali 2,5.

Aturan perhitungan skor untuk berlaku pada 1 responden. Untuk perhitungan selanjutnya, skor SUS dari masing-masing responden dicari skor rata-ratanya dengan menjumlahkan semua skor dan dibagi dengan jumlah responden. Berikut rumus menghitung skor sus:


Cara Menghitung SUS

Cara menggunakan System Usability Scale (SUS) selanjutnya, Kamu bisa menuliskan data hasil dari responden di excel atau aplikasi lain. Jumlah responden nanti akan kita bahas lain waktu. Contoh rekap datanya seperti pada tabel dibawah ini. Untuk Q1 sampai Q10 merupakan no pertanyaan dan angkanya adalah jawaban dari repsonden.

Contoh Data Asli Dari Responden

No Responden Q1 Q2 Q3 Q4 Q5 Q6 Q7 Q8 Q9 Q10
1 Responden 1 5 1 4 1 5 2 4 3 5 2
2 Responden 2 5 1 4 1 5 2 4 3 5 2
3 Responden 3 5 1 4 1 5 2 4 3 5 2
Responden …
Baca Juga :  Pengertian Usability Dan Mengapa Usability Itu Penting?

Contoh data asli diatas kemudian kita hitung dengan aturan menghitung SUS yang ada 3. Kemudian jumlahkann hasil skor dari masing-masing responden mulai dari Q1 sampai Q10. Kemudian Jika sudah dapat jumlahnya, jumlah tadi dikali dengan 2,5 untuk mendapatkan nilai akhir. Berikut contoh hasil hitung sementara dari data diatas.

Contoh Data Hasil Hitung SUS

No Responden Q1 Q2 Q3 Q4 Q5 Q6 Q7 Q8 Q9 Q10 Jml Nilai
(Jml x 2,5)
1 Responden 1 4 4 3 4 4 3 3 2 4 3 32 85
2 Responden 2 4 4 3 4 4 3 3 2 4 3 32 85
3 Responden 3 4 4 3 4 4 3 3 2 4 3 32 85
Responden … 4 4 3 4 4 3 3 2 4 3 32 85

Jika sudah sampai tahap diatas ini, Kamu tinggal menerapkan rumus yang ada diatas tadi dicari rata-rata dari nilainya. Caranya seperti rumus yaitu, jumlahkan nilai dari semua responden kemudian dibagi jumlah responden. Jika dari hasil data diatas hasil skor rata-rata SUS adalah 85.

Jika Kamu merasa kesulitan dengan cara diatas, Kamu bisa mendownload contoh datanya. Kamu hanya tinggal mengganti data asli dengan data yang sudah kamu peroleh.

Download Alat Hitung SUS


Kesimpulan Dari Skor SUS

Kesimpulan dari cara menggunakan System Usability Scale (SUS) adalah setelah dihitung didapatlah skor rata-rata SUS dari semua responden. Skor tersebut kemudian disesuaikan dengan penilaian SUS. Masuk kategori mana hasil pengujian dengan skor rata-rata yang sudah didapat.

Skor rata-rata SUS dari banyaknya penelitian adalah 68, maka jika nilai SUS di atas 68 akan dianggap di atas rata-rata dan nilai di bawah 68 di bawah rata-rata. Jika skor yang kamu dapat dibawah 68 berarti ada masalah pada usability dan butuh perbaikan. Namun kesimpulan akhir bisa juga ditentukan melalui penilaian seperti pada gambar berikut.

Baca Juga :  Pengertian User Interface (UI) Dan Mengapa User Interface Itu Penting?

Contohnya dari data diatas yang mendapatkan skor 85, maka skor tersebut masuk dalam kategori EXCELLENT dengan grade scale B. Artinya secara usability berdasarkan data tersebut mendapatkan penilaian dapat diterima atau layak lah.


Cara Mendapatkan Masukan Atas Masalah Usability

Kelemahan dari SUS, kita nggak tau masalah apa yang ada aplikasi kita jika skornya rendah. Jalan satu-satunya untuk mendapatkan masukan untuk meningkatkan skor SUS adalah dengan memawawancarai responden. Caranya bagaimana? Nih Aku kasih tau.

  • Setiap pertanyaan bernomor ganjil, skor yang diharapkan adalah 5 (Sangat Setuju) dan skor yang tidak diharapkan adalah 1 (Sangat Tidak Setuju)
  • Setiap pertanyaan bernomor genap, skor yang diharapkan adalah 1 (Sangat Tidak Setuju) dan skor yang diharapkan adalah 5 (Sangat Setuju)

Maka Kamu bisa menanyakan alasan kepada responden kenapa menjawab pada pilihan jawaban yang tidak diharapkan. Cohtohnya seperti pada pertanyaan “No 2. Saya merasa sistem ini rumit untuk digunakan”. Jika Jawabannya besar seperti 3, 4, 5 maka Kamu bisa menanyakan kepada responden apa yang membuat aplikasi yang barusan digunakan rumit. Dari sini Kamu bisa mengetahui masalah sebenarnya.

Jika kita sudah mendapatkan masalah yang sebenarnya, maka perlu ada tindak lanjutnya dengan memperbaiki aplikasi tersebut. Setelah diperbaiki, Kamu bisa mengulang kembali pengujian usability apakah ada peningkatan atau tidak.

Semoga cara menggunakan System Usability Scale (SUS) ini bermanfaat dan bisa Kamu ikuti untuk penelitian tugas akhirmu atau yang lainnya. Semoga sukses dan selamat mencoba cara menggunakan System Usability Scale (SUS) ini.


Referensi:

  • Z. Sharfina and H. B. Santoso, β€œAn Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS),” in International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 2017, pp. 145–148.



About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *