Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)

Image: canva.com

Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX

Bebeberapa waktu lalu aku sudah menuliskan mengenai pengertian User Experience dan juga pengertian usability. Untuk menguji usability sebuah desain aplikasi, bisa menggunakan System Usability Scale (SUS). Cara menggunakan System Usability Scale (SUS) juga udah aku buat. Sekarang tinggal membuat artikel mengenai cara menguji UX salah satunya dengan UEQ. Akan kita bahas secara lengkap cara menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) ini.

Apa Itu UEQ (User Experience Questionnaire)?

UEQ (User Experience Questionnaire) merupakan alat atau kuesioner yang mudah dan efisien untuk mengukur User Experience (UX). UEQ ini memudahkan kita untuk mengukur UX pada sebuah desain aplikasi. UEQ berisi 6 skala penilaian, yaitu:

  1. Daya Tarik (Attractiveness): Apakah pengguna menyukai atau tidak menyukai produk?
  2. Kejelasan (Perspicuity): Apakah mudah untuk mengenal produk? Apakah mudah untuk
    belajar bagaimana gunakan produknya?
  3. Efisiensi (Efficiency): Bisakah pengguna menyelesaikan tugas mereka tanpa usaha yang
    sederhana?
  4. Ketepatan (Dependability): Apakah pengguna merasa terkendali terhadap interaksi?
  5. Stimulasi (Stimulation): Apakah menarik dan memotivasi untuk menggunakan produk
  6. Kebaruan (Novelty): Apakah produk itu inovatif dan kreatif? Apakah produk menangkap minat pengguna?
Baca Juga :  Pengertian User Interface (UI) Dan Mengapa User Interface Itu Penting?

Daftar Pertanyan UEQ

UEQ sendiri memiliki 26 komponen pertanyaan dan 7 pilihan jawaban. UEQ dalam bahasa aslinya menggunakan bahasa Inggris. Namun sudah ada penelitian atau sebuah paper yang sudah membuat UEQ menjadi bahasa Indonesia pada penelitian Santoso (2016). Berikut daftar pertanyaan dari UEQ:

Untuk lebih lengkapnya mengenai daftar pertanyaan dengan pilihan jawaban atau kuesioner UEQ, kamu tinggal download dibawah ini.

Download Kuesioner UEQ


Aturan Menghitung UEQ

Berbeda dengan SUS, UEQ sudah memili Data Analysis Tools. Kita hanya perlu mengumpulkan datanya dari pengguna lalu memasukkan ke Data Analysis Tools yang sudah dipersiapkan. Kamu bisa dapatkan Data Analysis Tools di web resmi UEQ.


Cara Menghitung UEQ

Jika Kamu sudah mendownload Data Analysis Tools dan sudah mendapatkan data dari responden, sekarang saatnya menghitung. Yang Kamu lakukan hanya mmebuka UEQ_Data_Analysis_Tool_Version*.xls. Akan ada banyak pilihan menu dipaling bawah pada excel. Kemudian yang Kamu lakukan adalah memasukkan data dari ukesioner respoenden pada bagian Data.

Baca Juga :  Pengertian User Experience (UX) Dan Mengapa User Experience Itu Penting?

Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)

Angka yang dimasukkan antara 1 – sampai 7. Untuk jumlah maksimal responden yang bisa dihitung hanya 1000, kalau misal lebih ya disesuaikan saja atau diatur sendiri. Oh iya, didalamnya sudah ada contoh data. Jadi sebelum memasukkan data Kamu, lebih dahulu hapus data yang ada didalamnya.

Untuk hasilnya, Kamu bisa lihat di paling bawah seperti masukkan data tadi pada menu Benchmark. Sebagai contoh hasil dari pengujian UX bisa Kamu lihat seperti berikut.

Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)


Kesimpulan Dari Skor UEQ

Dari data hasil hitung di Data Analysis Tools, akan didapatkan kesimpulan dari masing-masing skala penilaian. Ada peringkat dari setiap skor yang didapat. Mulai dari Bad, Below Average, Above Average, Good, dan Excellent. Harapannya hasil akan mendapatkan peringkat Excellent.

Baca Juga :  Perbedaan Usability Dan User Experience, Dimana Penarapannya?

Dari hasil ini kita bisa mengetahui, mana yang memang masih kurang.  Misalnya kalau melihat contoh hasil diatas, hanya kejelasan dan efisiensi yang mendapatkan peringkat Good. Jadi pada skala lain perlu ditingkatkan lagi.


Cara Mendapatkan Masukan Atas Masalah UX

Bagaimana cara mendapat masukkan dari masalah UX? Kamu bisa melakukan wawancara dengan respondenmu. Caranya? Udah aku jelasin pada artikel bagian terakhir “Cara Menggunakan SUS“. Ya nggak sama baget, tapi secara pelaksanaannya hampir sama.

Semoga panduan cara menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) ini bermanfaat ya Buat Kamu. Untuk tugas akhir atau evaluasi produk, UEQ ini sangat berguna. Selamat mencoba dan semoga sukses mengikuti cara menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)


Referensi:




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *