Cara Menggunakan WinSCP Install

Image: edisusilo.com

Cara Menggunakan WinSCP Untuk Transfer Dan Edit File Pada Hosting

Setelah postingan sebeluknya sedikit ulasan mengenai WinSCP, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan WinSCP. Mulai dari proses instalasi sampai penggunaannya seperti transfer dan edit file Pada Hosting blog kita.

Cara menggunakan WinSCP ini mudah banget. Aku akan membagikan cara penggunaannya dari 0 ya hehe. Langsung saja ikutki langkah-langkah yang ada sebagai beriku.

1. Kamu Harus Punya File Aplikasi WinSCP

Sebelum Kamu bisa menginstall aplikasi WinSCP, Maka yang perlu Kamu lakukan adalah memiliki aplikasinya dulu. Seperti yang sudah aku jelaskan pada postingan sebelumnya, aplikasi ini gratis di download si situsnya. Langsung saja Kamu bisa download file tersebut dengan mengklik tombol dibawah ini.

Download WinSCP

2. Install Aplikasinya

Setelah mendapatkan file installannya, yaitu WinSCP-5.13.2-Setup.exe. Biasanya namanya mengikuti versi aplikasinya. Jika sudah Kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut. Tinggal double klik pada aplikasi atau klik kanan pada mouce lalu pilih Open.

Baca Juga :  Hostinger: Web Hosting Indonesia Terbaik Yang Pas Buat Blogger Pemula

Pertama kali akan muncul License Agreement maka Kamu klik tombol Accept >. Kemudian pada Setup Type pilih Typical Installation (recommended) dan jangan lupa klik tombol Next >. Selanjutnya pada Initial User Settings pilih Commander lalu klik tombol Next > kembali. Kemdian pada Ready To Install langsung klik tombol Install. Dan tunggu sampai prosesnya sampai selesai. Jika ada Release Sponsor maka langsung klik tombol Next >. Dan terakhir klik tombol Finish.

3. Login Ke Hosting

Setelah selesai menginstall aplikasi, otomatis aplikasi WinSCP ini terbuka. Langsung saja kita masukkan pengaturan loginnya. Yang Kamu persiapkan adalah nama domain atau IP Address servermu (nanti kita bahas lebih lanjut). Kemudian yang lainnya yaitu username cpanel hosting dan password.

Baca Juga :  7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

Pertama kali membuka aplikasi ini akan muncul form login. Fokus kita hanya pada bagian Session. Pada bagian File Protocol pilih FTP. Pada bagian Encryption pilih No encryption. Kemudian pada Host Name, jika blogmu tidak menggunakan https atau masih http maka kamu hanya perlu memasukkan nama domainmu seperti domainblogmu.com. Namun blogmu menggunakan https, maka Kamu perlu memasukkan IP Address servermu. Ini bisa Kamu dapatkan di bagian Server Information > Shared IP Address atau Kamu bisa tanya langsung ke penyedia hosting blog mu.

Selanjutnya Untuk Port Number biarkan 21 saja. Selanjutnya isikan username dan password pada masing-masing form. Kemudian simpan pengaturanmu dengan mengklik tombol Save kemudian klik tombol OK. Terakhir Klik Tombol Login. Selanjutnnya Kamu sudah masuk ke dalam penyimpanan file hostingmu. Kalau masih bingung, pengaturannya kurang lebih seperti berikut.

Cara Menggunakan WinSCP Settings

edisusilo.com

4. Cara Menggunakan WinSCP

Baca Juga :  4 Langkah Mudah Membuat Child Theme WordPres, Penting Nih!

Cara menggunakan aplikasi ini mudah banget. Kamu hanya perlu drag and drop file yang akan Kamu upload atau Kamu download. Yang perlu Kamu pahami adalah yang bagian sebelah kiri itu lokasi file yang ada di komputermu dan yang sebelah kanan itu file lokasi file yang ada di server hostingmu. Untuk edit file misalnya file .html atau .php atau lainnya, Kamu hanya perlu double klik pada file tersebut dan jangan lupa klik tombol Save setelah mengedit.

Cara Menggunakan WinSCP Isi

edisusilo.com

Itu saja aja sih langkah-langkah cara menggunakan WinSCP. Semoga bermanfaat dan memudahkan Kamu dalam mentransfer file ke hosting. Selamat mencoba dan tunggu postingan bermanfaat lainnya. Terima kasih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *