Cara Tampil Sempurna Di Media Sosial

Image: canva.com

Cara Tampil Sempurna Di Media Sosial Alias Pencitraan

Semenjak adanya media sosial, rasanya dunia ini terbelah menjadi dua. Ada dunia nyata dan ada dunia maya. Apa yang ada didunia nyata bisa berbeda dengan apa yang ada di dunia maya. Salah satunya adalah bagaimana seorang bisa memiliki citra diri yang berbeda antara didunia nyata dengan dunia maya. Kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara tampil sempurna di media sosial alias pencitraan.

Kok pencitraan? Mudah saja banyak orang yang terlihat ganteng, cantik, hebat, pintar, lucu, ceria dan lainnya didunia maya, namun didunia nyata bisa sebaliknya. Ibarat kata memiliki dua citra diri yang berbeda. Ini memungkinkan karena di dunia maya semua bisa direkayasa.

Pernahkah Kamu chat dengan temanmu seperti ini ” wkwkwk…..” atau “hehe” atau apalah itu. Apakah tulisan macam itu menggambarkan kondisimu saat mengetik chat tersebut? Sudah bisa dipastikan nggak. Ya ini adalah salah satu trik pencitraan.

Ok, jadi gimana cara tampil sempurna di media sosial? Mudah saja, Kamu bisa ikut saran-saran berikut ini.

1. Planning

Sebelum Kamu memulai pencitraan, Kamu sebaiknya melakukan perencaan dahulu. Kamu mau dicitrakan sebagai apa dimedia sosial. Mau terlihat sebagai orang pintar kah, orang yang fashionable kah, orang kaya kah, orang yang lucu kah, atau orang yang terlihat bijak kah dan lainnya. Kamu bisa merencanakah sesuai apa yang Kamu mau.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Instagram Permanen Selamanya

2. Tuliskan Nama Aslimu

Rasanya menuliskan nama asli di media sosial itu terasa berat. Nggak hanya Kamu yang mengalami, namun juga aku tapi itu dulu. Sekarnag bahkan nama domain pun nama sendiri hehe (bukan pencitraan.

Agar tampil sempurna, tuliskan nama aslimu di media sosial yang Kamu pakai. Termasuk username atau nickname atau apalah itu. Misalnya “@edisusilo” atau instagram.com/edisusilo atau twitter.com/edisusilo atau facebook.com/edisusilo dan lain lain. Nggak perlu pakai angka atau nama yang lucu-lucu.

3. Upload Foto Profil Yang Bagus

Upload foto profil yang Kamu anggap paling bagus. Yang terlihat elegan dan nggak perlu yang lucu-lucu sepeti bibir manyun, itu nggak usah. Yang bisa menampilkan aura sesunguhnya Kamu. Kalau bisa kualitas fotonya ya yang bagus dan terang.

4. Buat Deskripsi Singkat Yang Elegan

Biasanya ada deskripsi singkat yang menggambarkan siapa kita. Isi dengan informasi yang memang menarik dan dianggap top lah. Jangan yang aneh-aneh, seperti “Pejuang Cinta” atau “Siap Folbek” dan lain-lainnya. Ini saatnya Kamu memamerkan siapa Kamu.

5. Upload Foto Yang Memiliki Kualitas Bagus Dan Elegan

Baca Juga :  Cara Cepat Menghapus Banyak Tweet Sekaligus Di Twitter Dengan Mudah

Misalnya Kamu mau upload foto di Instagram nih, pastikan foto yang Kamu mau pasang sesuai dengan rencana Kamu. Rencana apa? Rencana yanhg poin 1 tadi, Kamu mau jadi terlihat seperti apa. Kalau mau terlihat bijak ya nggak perlu upload foto yang nggak pas.

6. Buat Status Atau Caption Yang Menggambarkan Dirimu

Kalau sudah upload foto di Instagram ya jangan lupa dibubuhi caption. Misal caption yang bijak atau yang menceritakan tentang foto yang diupload tadi. Sama seperti membuat status atau tweet, tuliskan yang mencerminkan dirimu itu baik. Misalnya sering menuliskan quote bijak. Atau menuliskan kondisi terkini secara dewasa dan lain sebagainya.

7. Hindari Sering Like Status Atau Foto Yang Nggak Mendukung Pencitraanmu

Jangan mudah memberikan like pada status atau foto orang lain jika itu tidak ada hubungannya dengan citra yang kamu bangun. Misal Kamu ingin terlihat menjadi orang bijak nih, ya nggak perlu semua foto wanita-wanita cantik di like. Yang pas ya seperti memberi like pada foto tokoh terkenal yang sedang membuat quote atau malah nggak usah memberi like kepada siapapun.

8. Hindari Berdebat Atau Bercerita Secara Langsung Dikolom Komentar Atau Tweet

Baca Juga :  4 Langkah Mengamankan Akun Email Dan Media Sosial

Memberi komentar positif boleh banget seperti “Selamat ya Pak” atau ” Anda luar biasa” atau apalah itu. Jangan malah berdebat atau bercerita panjang lebar di kolom komentar. Lebih baik langsung saja melalui DM.

9. Jangan Follow Sembarang Orang

Kita butuh follower sudah jelas cara singkatnya ya yang follow orang lain agar mendapatkan folbek. Sah-sah saja follow orang lain, namun jangan sembarang orang. Pastikan memang teman atau rekan bisnis atau tokoh-tokoh terkenal yang mendukung pencitraan tentunya. Kalau misal olshop ya nggak perlu lah ya.

10. Rutin Update

Upload foto atau buat status secara rutin. Misalkan hanya setiap senin dan kamis atau seminggu 3 kali. Jangan sejam sekali update juga. Paling nggak maksimal sehari sekalilah.

Ada 10 ya cara tampil sempurna di media sosial. Mudah-mudahan dengan cara diatas, Kamu bisa memiliki citra diri yang lebih baik dan sesuai dengan yang Kamu inginkan. Nggak buruk kok pencitraan di media sosial.

Emang pencitraan hanya untuk para calon-calon pemimpin aja, kita juga bisa mengikuti jejak mereka di media sosial hehe (Ketawa pencitraan). Ya apalagi ya, emm semoga informasi kali ini tentang cara tampil sempurna di media sosial bermanfaat deh buat Kamu.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *