Fungsi dan Sistem Kerja Pada Rice Cooker

Image: pixabay.com

Mengenal Fungsi Dan Sistem Kerja Pada Rice Cooker Yang Perlu Ketahui

Menanak nasi merupakan salah satu kegiatan dalam rumah tangga, yang tentunya akan dilakukan setiap harinya. Dengan melakukan kegiatan inilah nantinya kebutuhan pangan dalam keluarga akan terpenuhi, tanpa kita harus mengeluarkan budget yang lebih karena harus membeli makanan dari luar. Untuk mempermudah proses menanak nasi dalam rumah, mungkin alat ini akan membantu Kamu, dan pada umumnya telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu alat penanak nasi otomatis. Hanya dengan mengisikan beras yang telah dicuci, memberikan air dan menghubungkan alat ini dengan aliran listrik, Kamu telah dapat melakukan proses memasak beras menjadi nasi, tanpa harus melalui proses yang lama seperti dahulu. Ya, Rice cooker merupakan salah satu alat yang banyak digunakan oleh rumah tangga di Indonesia sebagai alat penanak nasi otomatis. Pada kesempatan ini, kita akan membahas fungsi dan sistem kerja pada rice cooker.

Baca Juga :  Mengulas Tentang Kisaran Harga Hp Nokia 6 dan Spesifikasinya

Menurut catatan sejarah sendiri, alat penanak nasi otomatis ini ditemukan pertama kali oleh tentara Jepang yaitu Yoshitada Minami, pada tahun 1937, yang mulai menggunakan prinsip memasak beras dengan memanfaatkan tenaga listrik didalamnya. Konsep penanak nasi otomatis ini, pada awalnya hanya menggunakan sebuah wadah berbahan kayu, dengan lempengan logam didalamnya. lempengan logam inilah yang kemudian dihubungkan dengan arus listrik, untuk memberikan daya pemanasan pada wadah kayu, yang telah terisi dengan beras dan air. Dari sistem pemanasan yang terjadi inilah kemudian beras dapat diolah menjadi nasi.

Dari sistem kerja yang ditemukan untuk pertama kali itulah, kemudian salah satu perusahaan di Jepang, menyempurnakan penemuan tersebut, dengan memberikan tutup pada bagian atas penanak nasi tersebut untuk mengoptimalkan fungsi pemanasan pada alat penanak otomatis tersebut. Hingga pada tahun 1945 produk penanak nasi otomatis ini kemudian diproduksi secara masal, oleh sebuah perusahaan di Jepang, dengan bentuk yang lebih tertata dengan rapi.

Baca Juga :  5 Mobil SUV Yang Cocok Banget Untuk Keluarga Kamu!

Berikut ini fungsi dan sistem kerja pada rice cooker yang biasanya Kamu gunakan didalam rumah Kamu, untuk memasak beras menjadi nasi, yang antara lain:

1. Ketika Kamu menghubungkan saklar pada penanak nasi otomatis kedalam sumber listrik, maka secara otomatis arus listrik tersebut akan menuju ke elemen utama, dimana hal tersebut nantinya akan membuat lampu indikator pada penanak nasi menyala.

2. Tekanlah saklar pada penanak nasi dalam kondisi on, untuk dapat meneruskan arus listrik kebagian pemanas dengan membuat beras yang telah dimasukkan dalam wadah mendapatkan pemanasan dan masak menjadi beras.

3. Ketika suhu dari pemanas sudah mencapai suhu maksimal dan nasi telah masak, maka magnet otomatis atau yang disebut dengan thermostat trip akan menggerakkan tuas yang ada pada saklar untuk memposisikan diri hanya sebagai penghangat,

Baca Juga :  5 Cara Mengisi Liburan Dengan Hal-Hal Yang Bermanfaat

Dari prinsip kerja inilah, maka secara otomatis kita dapat mengetahui fungsi dan sistem kerja pada rice cooker untuk penanak nasi tersebut. Hanya dengan menyambungkannya dengan sumber listrik, dan memilih posisi saklar, maka Kamu sudah dapat memasak nasi dengan mudah dan cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk dapat mengolah beras menjadi nasi pun cukup singkat, hanya dalam hitungan menit saja nasi sudah siap untuk dinikmati seluruh anggota keluarga.

Untuk mendapatkan rice cooker dengan kualitas terbaik yang dapat Kamu gunakan sebagai salah satu peralatan dalam dapur rumah Kamu, pembelian alat penanak nasi otomatis secara online telah banyak disediakan oleh situs belanja online yang ada di Indonesia. Dengan berbagai pilihan merek serta volume penanakan Kamu dapat memilih dan membelinya sesuai dengan kebutuhan dan selera dalam penggunaannya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *