Jenis Alergi

Image: pixabay.com

Jenis Alergi, Tidak Hanya Alergi Makanan Saja Lho!

Alergi pada anak biasanya diidentikkan dengan alergi yang berhubungan dengan makanan saja. Padahal, jenis alergi itu ada banyak, dan tak semuanya berhubungan dengan makanan. Hanya saja, memang alergi makanan adalah alergi yang paling gampang dideteksi lantaran anak harus makan setiap hari, apalagi susu. Ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak merk terkenal mengeluarkan produk alternatif bagi alergi susu, seperti Susu SGM Soya.

Alergi makanan sendiri tak melulu adalah alergi susu. Anak-anak juga bisa saja mengalami alergi berikut ini untuk alergi makanan:

1. Alergi pada protein telur, baik bagian kuning, putih, atau keduanya. Bayi yang meminum ASI bisa mendapatkan alergi ini dari ibunya.

Baca Juga :  Ternyata Cermat Menggunakan Obat Itu Perlu, Kenapa Sih?

2. Alergi makanan laut, seperti udang, kepiting, cumi-cumi, atau ikan. Ini biasanya terjadi karena protein yang khusus ada di dalam seafood yang tak ada di makanan lain.

3. Alergi kacang-kacangan adalah alergi yang mencakup alergi terhadap jenis-jenis kacang, termasuk kedelai. Ini akan membuat anak tak bisa menerima susu kedelai yang menjadi alternatif susu.

Kalau jenis dari alergi di atas adalah alergi makanan yang paling sering terjadi, maka berikut ini adalah alergi non-makanan yang juga rawan terjadi:

1. Alergi bulu binatang adalah alergi yang bisa terjadi pada anak. Umumnya alergi tersebut menyangkut bulu kucing maupun anjing.

2. Alergi kosmetik, bisa juga produk kosmetik bayi seperti bedak bayi dan bahkan parfum atau makeup yang dipakai orang tuanya membuat kulit bayi iritasi.

Baca Juga :  Ternyata Menurunkan Darah Tinggi Bisa Dilakukan Dengan Cara Ini To ...

3. Alergi asap rokok ternyata juga ada, dan ini sebenarnya paling rawan karena bisa sangat mudah terjadi, dan beresiko fatal.

4. Alergi debu adalah salah satu macam alergi lain yang cukup normal dan sering terjadi, lebih tepatnya karena bakteri di dalam debu tersebut.

Masih banyak lagi jenis alergi yang bisa saja terjadi pada Kamu atau pun anak Kamu. Makanya, waspadalah dan diperlukan pengetahuan tentang solusi alergi anak di lingkungan sekitar Kamu. Selalu jaga kebersihan, periksa ke dokter secara teratur dan mintalah melakukan tes alergi untuk Kamu dan anak Kamu, serta memastikan makanan yang Kamu masak tersebut bersih. Semua itu akan bisa membuat kesehatan Kamu dan anak jadi lebih aman.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *