Kelok Sembilan

Image: edisusilo.com

Kelok Sembilan: Jembatan Paling Keren Yang Pernah Aku Lewati

Beberapa bulan yang lalu atau lebih tepatnya tahun lalu aku liburan ke Kota Bukit Tinggi. Aku juga udah sharing tentang 9 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Terkenal Dan Populer. Kali ini ceritanya tentang jembatan yang keren banget yakni jembatan kelok sembilan.

Sebenarnya aku pas berangkat Ke Kota Bukit Tinggi melewati jembatan ini. Tetapi berhubung masih pagi dan memang tujuan utamanya ke Kota Bukit Tinggi ya jadi mampirnya pas pulangnya aja. Kesininya juga pas siang hari setelah ke lembah harau. Tau lembah harau? Besok deh kapan-kapan aku posting pengalamanku kesana.

Jembatan Kelok Sembilan itu apasih? Jembatan kelok sembilan merupakan jembatan yang menggantikan jalan yang berkelok-kelok menuruni lembah bukit yang berjumlah 9 kelokan. Nama lokasi ini dinamakan sesuai dengan jumlah kelokannya yaitu kelok sembilan. Jembatan kelok sembilan ini lebih tepatnya bisa dikatakan jembatan layang.

Aku dulu pas masih kecil juga pernah melewati kelok sembilan ini tapi belum ada jembatannya. Jembatan ini sendiri menurut wikipedia yang aku baca dibangun mulai tahun 2003. Selesainya baru tahun 2013 yang lalu. Butuh 10 tahun membangun jembatan yang keren banget ini.

Baca Juga :  Ulu Kasok: Katanya Sih Raja Ampat Dari Kabupaten Kampar

Secara waktu pengerjaan yang lama ya bisa dibilang wajar karena memang lokasinya yang sulit untuk di bangun jembatan layang. Jembatan layang yang panjangnya mencapai 2500 meter ini nggak seperti kebanyakan jembatan yang lurus lempeng. Akan tetapi berkelok-kelok bahkan jembatannya muter-muter untuk menyesuaikan kekuatan kendaraan yang mampu melewatinya.

Sebenarnya antara jarak yang diseberangkan ini nggak jauh, akan tetapi karena muter-muter jadi jauh. Aku sendiri pas kesini arah pulang itu rencananya mau jalan kaki dari awal ujung jembatan. Tapi nggak jadi soalnya kalau dipikir-pikir jembatan ini panjang banget dan menanjak, bakalan susah nanti kalau jalan sambil bawa kamera.

Akhirnya bisa ambil foto 360 panorama di tempat ini. Ya walaupun dipinggir jalan, sudah bisa menggambarkan sedikit mengenai jembatan ini. Dan juga bisa jadi bukti bahwa aku udah pernah kesana.

Baca Juga :  Cara Melihat Virtual Reality Photography Agar Lebih Asik

Jembatan ini fungsinya nggak hanya jadi penghubung saja, tapi sekarang udah jadi tempat wisata yang menarik banyak wisatawan. Terutama wisatawan dari Riau yang mau Ke Sumatera Barat atau sebaliknya. Dini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan melihat jembatan yang paling keren.

Dibagian puncaknya berjejer pedagang kaki lima. Tempat parkir juga ada, so nggak masalah kalau Kamu kesini berhenti sejenak untuk menikmati keindahannya. Tapi dulu katanya nggak boleh kalau ada yang jualan tapi kenyataannya banyak banget yang jualannya. Nggak tau apakah itu resmi atau nggak, tapi yang pasti disitu juga disediakan tolitet umum. So, mungkin udah jadi tempat resmi buat jualan kali ya.

Baca Juga :  9 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Terkenal Dan Populer

Aku sendiri nggak lama di jembatan kelok sembilan ini. Hanya mampir foto-foto sebentar abis itu langsung berangkat lagi karena perjalanan pulang masih jauh. Foto paling atas udah bisa memperlihatkan bahwa jembatan ini memang menakjubkan.

Dengan bangunan yang keren ini masih ada kurangnya kalau menurutku. Coba kalau di cat pasti lebih keren lagi. Soalnya jembatan ini warnanya hanya berasal dari warna dasar semen aja. Tapi kalau mau di cat mau habis cat berapa ya? Mungkin ada sponsor yang mau ngecat nih jembatan buat promosi.

Bagi Kamu yang liburan ke Sumatra Barat, Bukit Tinggi, Paya Kumbuh atau lembah harau, bisa deh berkunjung kesini. Melihat jembatan yang keren dan unik. Aku sendiri besok kapan-kapan kalau ada waktu juga pingin kesini lagi. Karena apa? Karena liburan itu mengasikkan. Jangan lupa liburan guys.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *