Kerak Telur

Image: edisusilo.com

Kerak Telur: Makanan Betawi Asli Di Pasar Malam Perayaan Sekaten

Ceritanya hari ini pingin ke Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS). Sebenarnya pasar malam ini digelar mulai 18 November sampai 11 Desember 2016. Namun udah dari kemarin kelihatan ramai banget. Baru hari ini nyempatin berkunjung di acara tahunan di Jogja. Niatnya sih jalan-jalan aja, tapi pulangnya dapat kerak telur.

Tau dong ya kerak telur itu apa? Kalau dulu sebelum aku tau kerak telur itu apa, aku mikirnya ya cuma sebatas telur digoreng aja. Tapi ternyata ada tambahan bermacam-macam bahan. Ada beras ketan, ada telur bebek kalau nggak salah, ada parutan kepala, ada bawang goreng dan macam-macamnya.

Di Jogja ada kerak telur? Yuhu tepatnya di Pasar Malam Perayaan Sekaten ini sepertinya tiap tahun ada yang jual kerak telur. Nggak hanya satu yang jual, tapi ada banyak. Dan sepertinya aku hanya nemuin yang jual kerak telur ini di Jogja ya di Pasar Malam Perayaan Sekaten ini. Nggak tau juga sih ya, mungkin ada ditempat-tempat lain.

Baca Juga :  Beberapa Layanan Otomotif Online Seva.id Yang Dapat Kamu Pilih

Aku nggak sempat foto jualannya sih, lupa kalau mau aku masukin ke blog hehe. Ingetnya pas lagi sampe kos eh baru teringat pingin share di blog yang mulai agak jarang publish artikel. Ya mudah-mudahan ulasan yang sedikit ini bisa menghapus kerinduan Kamu membaca tulisan-tulisanku ya hehe.

Selain bahan yang udah aku jelasin diatas tadi, ada keunikan sendiri pada proses pembuatannya. Sebenarnya nggak susah kalau bikin sendiri dirumah, tapi pasti males cari bahan-bahannya aja. Yang unik itu wajannya kecil, terus pada proses masaknya, lazimnya wajannya ya menghadap keatas, namum proses pembuatan kerak terur ini wajannya di telungkupin(bahasanya agak aneh). Jadi kerak terlunya berhadapan langsung dengan bara api dari arang yang sedang membara.

Proses masaknya yang agak nggak lazim ini sebelumnya kepikiran juga kok nggak tumpah. Sepertinya telurnya yang membuat semua adonan lengket di wajannya. Maklum agak ndeso, kalau nggak salah aku baru yang kedua kali ini. Yang pertama udah lama dan kalau nggak salah 3 tahun yang lalu.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jam Tangan Yang Pas

Rasanya enak nggak? Emm sebagai pecinta kuliner, tentu semua makanan yang udah dimasak itu enak pada dasarnya. Atau kalau ibarat cantik, enak itu relatif tergantung siapa yang makan dan masih normalkan indra pengecapnya. Jujur ya enak rasanya ya kerak telur banget hehe.

Aku nggak bisa bandingin enaknya kerak terur itu seperti apa. Karena jujur aja tadi, bisa dibilang masing amatir untuk kuliner yang satu ini. Kalau aku ingat ingat 3 tahun yang lalu, sepertinya rasanya sama aja. Ya tetap rasa kerak telur.

Oh iya, saat kuliner dari jakarta ini selesai dimasak dan akan dibungkus, ditengahnya ditaburin abon kalau nggak salah dan ditambah bawang goreng. Rasanya seperti yang diatas tadi, ok banget pokoke. Coba deh bagi Kamu yang belum pernah nyoba.

Mahal nggak harganya? Emm jujur aku sendiri nggak tau harga pasarannya kerak telur ini. Tapi kalau di Pasar Malam Perayaan Sekaten ini dijual hanya 20 ribu rupiah saja. Ya masih terjangkau untuk mahasiswa dan masyarakat pada umunya. Kalau penasaran boleh tuh pergi ke Pasar Malam Perayaan Sekaten cari makanan asli betawi yang jauh-jauh dari jakarta ini.

Baca Juga :  Bisnis Perumahan: Salah Satu Bisnis Yang Sangat Menguntungkan

Satu lagi, mungkin bagi Kamu yang berkeinginan untuk liburan ke Jogja, saat ini adalah waktu yang tepat. Selain objek wisatanya Jogja bagus-bagus, malam harinya Kamu bisa menikmati keindahan kota Jogja di Pasar Malam Perayaan Sekaten. Oh hampir lupa, bagi yang belum tau, Pasar Malam Perayaan Sekaten ini berada di alun-alun utara ya. Tepatnya lurus terus dari malioboro, kemudian melewati nol kilo meter dan sampai deh.

Apalagi ya, bingun mau nulis apalagi. Ya intinya kerak telur itu enak. Wajib coba kalau belum pernah makan. Nggak rugilah dan nggak kalah sama makanan-makanan jaman sekarang yang namanya aneh-aneh. Yuk main ke Pasar Malam Perayaan Sekaten 2016.



Pada kategori For Bloggers

About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, aku Blogger Tekno dan Fotografer Foto 360 Derajat yang tinggal Yogyakarta. Berkecimpung sebagai Blogger mulai tahun 2010 dan Fotografer Foto 360 Derajat tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *