Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Image: edisusilo.com

Mendeley: Aplikasi Untuk Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Melakukan penelitian tugas akhir biasanya tidak leas dari yang namanya referensi. Akan banyak referensi yang kita butuhkan saat membuat karya tulis. Sudah pasti akan menyulitkan kita jika membuat daftar pustakanya secara manual. Yang paling mudah ya dengan membuat daftar pustaka otomatis. Caranya?

Cara membuat daftar pustaka otomatis yang bisa Kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi tambahan selain word. Aplikasi yang aku pakai, yaitu Mendeley. Ada yang pernah tau Mendeley? atau pernah dengarnya? Mendeley ini merupakan aplikasi yang dapat membantumu menyusun daftar pustaka dengan baik.

Aku tau aplikasi ini saat awal-awal kuliah diberita tahu oleh dosen. Katanya, software ini akan memudahkan kita menyususn daftar pustaka. Benar saja, dengan memanfaatkan aplikasi ini aku dengan mudah membuat daftar pustaka otomatis. Daftar pustaka yang aku gunakan kebanyakan dari jurnal/prosiding, jadi harus detail infonya. Jumlahnya juga sudah puluhan, dan tidak memungkinkan untuk dikerjakan manual.

Mendelai ini sangat mudah digunakan dan sifatnya online. Jadi, paper atau berkas-berkan yang kita masukkan akan di sinkronkan ke drive mendeley. Sudah pasti bakal mudah saat pindah komputer, tanpa copy paste nashkah paper. Hal ini sangat membantu banget kalau buat aku. Selain itu, aplikasi ini gratis digunakan semaumu.

Baca Juga :  Bingung Kelola Gaji Karyawan? Coba Gratis Aplikasi Payroll LinovHR?

Jika Kamu tertairk menggunakan Mendeley, Kamu bisa langsung download dan install aplikasi tersebut dilaptopmu. Caranya dengan menggunjungi webnya klik disini. Sebaiknya daftar sebagai member, dan setelah menginstall aplikasinya login dengan akun yang sduah Kamu daftarkan.

Cara pakainya mudah banget, pertam Kamu perlu menginstall plugin Mendeley ini di MS Word. Caranya buka terlebih dahulu aplikasi Mendeley. Kemudian pilih menu pada bagian Tools > Install MS Word Plugin. Setelah itu siap deh digunakan aplikasinya.

Selanjutnya, masukkan semua nashkah referensi yang Kamu perlukan. Referensi yang bisa dimasukkan harus berformat .*pdf. Kalau bisa kumpulkan semua file paper dalam 1 folder saja. Cara menambahkannya, dengan klik tanda panah kebawah pada bagian Add pojok kiri atas. Kemudian ada pilihan Add Files, Add Folder Watch Folder, dan Add Entry Manually. Kemudian pilih Add Files untuk menambahkan berdasarkan file atau Add Folder untuk menambahkan berdasarkan folder.

Baca Juga :  Ingin Mencoba Wisata Religi Di Aceh? Cobalah Kunjungi Ke 5 Tempat Ini

Bagaimana dengan referensi dari buku, website atau lainnya yang tidak bisa dimasukkan filenya? Caranya mudah, Kamu pilih yang Add Entry Manually. Kemudian pilih bagian Type yang sesuai dengan referensimu. Jangan lupa detail info referensi dilengkapi saat itu.

Menambahkan daftar pustaka di MS Word sangat mudah dilakukan. Buka menu pada bagian REFERENCES di MS Word. Kemudian tentukan dimana daftar pustakan akan ditampailkan, kemudian klik tombol REFERENCES > Insert Bilbiography. Belum ada tampilan daftar pustaka? Ya, karena referensinya belum Kamu masukkan ke tulisanmu.

Memasukkan referensi di artikel mudah, terlebih dahulu tentukan dimana referensi dituliskan dibagian artikel. Kalau sudah, kemudian masih di REFERENCES > Insert Citation. Kamudian cari referensi mana yang akan kamu masukkan. Nanti detail referensi dan daftar pustaka akan berubah otomatis.

Daftar pustaka biasanya memiliki style masing-masing. Kamu juga bisa memilih style sesuai dengan kebutuhan. Caranya masih di REFERENCES > Style. Kemudian pilih style yang sesuai. Kalau Aku biasanya pakai style yang IEEE.

Baca Juga :  Menjaga Pola Tidur Teratur Banyak Keuntungannya? Nih 5 Manfaatnya!

Yang perlu diingat adalah Mendeley ini hanya Tool atau alat. Ada beberapa info detail mengenai Paper yang terkadang kurang, kita harus menambahkan info tersebut manual di Mendelay. Klik paper referensi yang kurang infonya, akan muncul detail info mengenai paper penelitian tersebut. Lengkapi mana yang masih kurang informasinya. Kita nggak bisa menyerahkan sepenuhnya pada Mendeley tanpa mengecek info yang ditampilkan.

Mendeley sayang aku anjurkan untuk Kamu yang pingin membuat daftar pustaka otomatis. Kalau masih di bawah 10, daftar pustaka masih mudah dibuat manual. Tapi kalau sudah diatas 30 sampai 50 bahkan lebih, manual merupakan cara yang akan menyulitkan. Belum lagi nantinya kita harus mengecek lagi satu persatu.

Semoga Mendeley dapat membantumu untuk menyelesaikan penelitian. Ingat, Mendeley hanya alat bantu. Kamulah yang sepenuhnya menentukan mana yang Kamu mau. Selamat mencoba dan semoga sukses.



Pada kategori For Bloggers

About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, aku Blogger Tekno dan Fotografer Foto 360 Derajat yang tinggal Yogyakarta. Berkecimpung sebagai Blogger mulai tahun 2010 dan Fotografer Foto 360 Derajat tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *