Perencanaan Liburan

Image: travelsupermarket.com

Mengapa Perlu Perencanaan Liburan? Nih 5 Alasannya!

Kemarin hari minggu tepatnya tanggal 25 September 2016 di House of Balcony Ambarukmo Plaza aku diundang oleh Sun Life Financial Indonesia untuk menghadiri acara mereka. acaranya itu merupakan serangkaian dari pameran dan seminar literasi keuangan untuk blogger di Yogyakarta. Dan tema acaranya mengenai perencanaan liburan.

Acaranya diisi oleh pembicara blogger super, yaitu Bu Donna Imelda yang juga sebagai dosen di perguruan tinggi di Jakarta dan Mbak Atanasia Rian merupakan mastah blogger jogja tentang food dan travel. Selain pembicaranya yang keren-keren, makanannya juga enak-enak. Jadi kepikiran pingin jadi food blogger hehe.

acara sunlife

Koleksi Pribadi

Dari semua pembicara memberikan pandangan kesemua peserta khususnya buatku. Bahwa liburan itu butuh perencanaan yang baik. Nggak boleh asal aja kecuali kalau cuma liburan yang dekat-dekat sih kali ya. Mengapa perencanaan liburan itu perlu? ya kata pembicaranya sih macem-macem, tapi aku rangkum dan mau ku tulis yang menurutku itu penting.

Berikut 5 alasan mengapa perlu perencanaan liburan buat Kamu:

1. Pemilihan Tujuan Liburan Agar Lebih Jelas

Kamu kapan terakhir kali liburan? Didalam kota atau diluar kota? atau didalam negeri atau ke luar negeri? semuanya itu butuh perencanaan yang jelas. Kalau liburannya sebentar ya bagusnya kemana dana kalau lama enaknya kemana kan kita harus punya rencana.

Baca Juga :  5 Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa Buat Kamu Agar Bebas Sakit

Kalau Kamu liburan ke tempat jauh, Kamu perlu perencanaan yang jelas. Kita liburan untuk senang-senang dan tentunya nggak mau dong jadi masalah. Tujuan liburan harus direncaakan dengan baik dan tersusun rapi.

Aku dulu saat liburan ke kota Bukit Tinggi juga melakukan penyusunan rencan tujuan kunjungan. Aku tulis dikertas mana-mana aja tempat yang bagus dan harus didatangi. Akhirnya liburannya berhasil dan berjalan sesuai rencana. So, planning itu penting guys.

2. Liburan Perlu Dijadwalkan Waktunya

Pergi liburan itu perlu dijadwalkan nggak hanya asal libur aja. Kita harus tau dalam kalender 1 tahun itu waktu yang pas liburan kapan. Waktu libur bisa menyesuaikan dengan libur sekolah atau kerja kita misalnya. harus dipersiapkan jauh-jauh hari terutama kalau liburannya mau yang jauh.

Sebenarnya kalau liburan kita dijadwalkan 1 tahun beberapa kali sepertinya hidup jadi bahagia. Liburan bisa menghilangkan stres dan kepenatan menjalani rutinitas sehari-hari. So, perencanaan liburan untuk mengatur waktu yang tepat perlu dilakukan.

3. Perlu Memilih Gaya Liburan Yang Sesuai

Baca Juga :  3 Hal Yang Jadi Pertimbangan Memilih Penginapan Saat Liburan

Kalau kita udah melakukan perencanaan liburan seperti tujaun dan jadwalnya tentu bakalan perlu nentuin gaya liburan yang sesuai. Model liburan pakai koper nginap di hotel berbintang atau model backpacker bisa Kamu sesuaikan. Semuanya butuh perencanaan yang jelas tentunya. Memikirkan keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Kalau Kamu liburan sendiri atau berdua mungkin okelah kalau model backpacker. Namun kalau bawa keluarga mending bagusnya model koper traveler. So, Kenapa perlu perencanaan? ya ini udah bisa jadi alasanya guys.

4. Persiapan Budget Buat Liburan

Salah satu alasan penting melakukan perencanaan liburan adalah menyiapkan budget yang biasanya lumayan. Kalau sampai ngeluarin anggaran liburan dimuka kan agak berat juga. Tapi kalau kita udah ada planning sebelumnya, kita bisa menyiapkan anggaran liburan menabung.

Mungkin kalau liburan yang dekat-dekat sih biayanya nggak mahal ya, tapi kalau agak jauh kan lumayan apalagi pakai nginap lagi. Biaya liburan perlu direncanakan, hitung dan dipersiapkan jauh-jauh hari. Mungkin bisa dicicil tiap bulan atau gimana itu sih keputusan masing-masing Kamu.

5. Mengantisipasi Resiko Yang Muncul Saat Liburan

Perencanaan liburan yang baik tentu bisa mengantisipasi resiko yang muncul saat liburan nanti. Mungkin masalah transportasi, tujuan wisata, atau biaya dan apapun itu bisa dihindari. Apapun yang dipersiapkan dengan baik, bisa meminimalisir resiko yang akan muncul. Tentunya dengan melakukan perencanaan yang baik waktu persiapan kita bisa ditentukan.

Baca Juga :  Tonton Guardians of the Galaxy Vol.2 di Cinema 21 Medan

Untuk mengatasi resiko yang tidak diinginkan saat liburan, Kamu juga bisa melakukan pendaftaran asuransi untuk itu. Sunlife kemarin juga menjelaskan bahwa mereka siap membantu untuk membuat liburna kita merasa yaman dan aman. Kamu bisa dapatkan informasi itu di Bright Advisor.

Apa itu Bright Advisor? Bright Advisor merupakan portal online yang dikembangkan oleh Sun Life sebagai media informasi sepitas asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Dialamnya juga termasuk kalau Kamu mau membuat perencanaan liburan. Kamu bisa memanfaatkan semua informasi yang ada untuk membuat liburanmu menjadi aman dan tentram.

Itu aja sih alasan mengapa perlu perencanaan liburan. Mungkin Kamu juga punya alasan tersendiri kenapa perlu merencanakan liburan. Ya semua itu tidak lain dan tidak bukan untuk mendapatkan kualitas liburan yang lebih baik. Liburan yang berkualitas akan meningkatkan kulitas hidup kita jauh lebih baik. So, mau liburan? rencanakan dari sekarang!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *