Pakaian Muslim Pria

Image: pixabay.com

Mengenal Berbagai Pakaian Muslim Pria Di Berbagai Negara

Islam sebagai agama ke-2 terbesar di dunia dengan 1,6 milyar pemeluk agamanya dengan presentase sebesar 22,32%. Seperti yang kita ketahui sebagai umat muslim wajib menutup aura. Aurat wanita adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, untuk laki–laki dari pusar sampai lutut. Dengan ketentuan seperti itu maka pakaian umat muslim di berbagai Negara mempunyai ciri khas tertentu sesuai dengan kebudayaan Negara masing – masing. Berikut beberapa pakaian muslim pria dari negara–Negara dengan pemeluk agama islam terbesar:

1.Tawb atau thobes

Tawb atau thobes adalah jubah yang digunakan oleh pria. Jubah ini sama dengan juba dan galabiya hanya penamaan dan tempat asalnya yang berbeda. Panjang tawb sampai mata kaki dan menutup semua badan. Untuk warna dan motif hanya menggunakan warna netral dan jarang menggunakan motif.

Baca Juga :  Mie Ayam Tumini: Mie Ayam Paling Enak Di Jogja Lho!

Pakaian ini sering digunakan di daerah Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Maroko. Jika Kamu pernah melihat saat Raja Salman ke Indonesia beliau menggunakan Tawb yang dibalut dengan jubah dan penutup kepala. Bentuk Tawb di setiap Negara Timur Tengah juga mempunyai ciri yang berbeda. Seperti di Arab Saudi Tawb mempunyai kancing tiga kancing sampai di kerah pakaian. Negara Timur Tengah lainnya tidak semuanya mempunyai kancing.

Tawb dibuat menggunakan kain katun dan kain wol. Tawb dari kain katun dipakai saat musim panas karena katun mudah menyerap keringat, sedangkan Tawb dengan kain wol dipakai saat musim dingin. Untuk warnanya Tawb biasa berwarna netral seperti putih dan hitam, tetapi juga bias berwarna gelap seperti biru dongker, dan marun.

Jenis pakaian ini biasa dikenal di Indonesia dengan nama gamis. Bukan hanya untuk orang dewasa gamis juga tersedia untuk anak. Model gamis anak terbaru menjadi pilihan tepat untuk pakaian anak saat lebaran.

Baca Juga :  Nih Tempat Jual Jamu Jawa Asli Tradisional Di Kota Jogja

2. Galabiyya

Jenis pakaian muslim pria ini sama seperti Tawb tetapi biasa di gunakan untuk pria muslim di Mesir. Galabiyya bias digunakan untuk acara formal dan non-formal. Karena tampilannya yang lebih kasual tetapi mewah.

3. Jubbas

Jenisini juga sama dengan Tawb dan Galabiyya. Jubbas berasal dari bahasa turki yang artinya selama mata kaki. Warna yagn biasa di gunakan juga warn anetral seperti hitam, putih, abu-abu dan biru dongker. Jubbas juga jarang sekali memiliki motif.

4. Kurta

Pakaian tradisional dari Negara Afganistan, India, Pakistan, Nepal dan Srilanka. Tetapi awalmulanya Kurta berasal dari Pakistan. Kurta mempunyai bentuk yang sama seperti Tawb, Galabiyya, dan Jubbas, tetapi panjang bajunya tidak sampai kemata kaki sehingga membutuhkan celana lagi.

Baca Juga :  Viar Motor: Sekarang Juga Jual Motor Listrik Yang Cocok Untuk Blogger

5. Koko

Baju yang paling sering digunakan di Indonesia ini sebenarnya berasal dari Negara Cina. Nama koko berasal dari panggilan orang Indonesia ke pria cina. Sehingga terbawa sampai sekarang.

Jenis pakaian muslim pria di atas sebenarnya bias didapatkan dengan mudah di Indonesia, Kamu bias mencari di Pasar Tanah Abang atau online. Jika Kamu mencari pakaian jenis ini lebih mudah mencari dengan menggunakan keyword gamis, misalkan Kamu ingin mencari untuk anak Kamu tinggal ketik “gamis anak terbaru” di e-commerce seperti Tokopedia, Mataharimall.com, atau Bukalapak. Jika Kamu bingung e-commerce apa yang jual. Kamu bias masukan keyword gamis anak terbaru di mesin pencari google. Google akan memberikan informasi lengkap tentang baju gamis anak.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *