Pantai Nglambor Tempat Snorkeling

Image: edisusilo.com

Pantai Nglambor: Tempat Snorkeling Di Yogyakarta, Kamu Harus Coba!

Ceritanya udah agak lama nggak liburan, dan kemarin pas bertepatan tanggal merah 12 Desember aku nyempatin untuk jalan-jalan. Karena udah lama nggak ke pantai, maka diputuskan untuk liburan main ke pantai di Gunung Kidul, yaitu pantai nglambor yang bisa untuk tempat snorkeling.

Ada yang tau pantai nglambor? Atau udah pernah pergi kesana? Pantai nglambor ini sepertinya belum lama dikenal banyak masyarakat. Aku sendiri belum lama tau tentang pantai ini. Taunya cuma pernah dengan ada pantai di Gunung Kidul yang bisa untuk tempat snorkeling.

Dan baru minggu lalu kesampaian, diniatin kesana untuk mencoba dan melihat apakah desas-desus itu benar adanya. Yup setelah sampai sana ternyata benar, bahwa pantai nglambor ini bisa untuk tempat snorkeling. Kok bisa? Padahal kan pantai di Gunung Kidul rata-rata banyak karang dan berbahaya kalau untuk berenang apalagi snorkeling? Sabar, pantai ini memang bisa dan aku udah coba dan akan aku jelasin.

Pantai nglambor ini seperti pantai pada umumnya yang ada di Gunung Kidul. Banyak batu karangnya, ombaknya besar dan udah mulai ramai hehe. Kenapa bisa untuk snorkeling? Jadi bentuk pantainya itu ada seperti pulai karang yang ada didekat pantai. Jadi pantainya berbentuk hampir seperti huruf “U”. Ditengah-tengahnya kita bisa berenang ria sambil lihat ikan kecil-kecil dan aman pastinya.

Baca Juga :  Ingin Mencoba Wisata Religi Di Aceh? Cobalah Kunjungi Ke 5 Tempat Ini

Aku sampai sana sekitar jam 11 pagi dan terik matahari sudah hampir diatas kepala. Karena udah sampai sana jadi walaupun panas, mau nggak mau tetap kudu nyobaik snorkeling disana. Kebetulan pakai motor dari Jogja dan dengan waktu tempuh yang lumayan.

Pantai nglambor ini terletak di Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta berjarak 70 an Kilometer. Untuk waktu tempuhnya aku berangkat jam 08.30 Wib dan sampai sana 11.00 Wib. Kurang lebih 2 jam perjalanan, karena ada berhenti isi bensin sama sarapan dulu.

Jalan menuju kesana ya searah jika pernah ke pantai indrayanti, sundak, baron dan kawan-kawannya. Pantai ini dekat dengan pantai siung dan pantai wedi ombo. Dekat-dekat situ memang banyak pantai baru-baru. Dan salah satunya yang baru ya pantai nglambor ini.

Untuk akses jalan menuju kesana sih nggak masalah. Yang masalah nanti masuk kearah pantainya, kalau pakai mobil nggak bisa. Jadi mobile parkir dipinggir jalan gitu dan sudah ada tempat parkirnya. Kalau untuk motor bisa masuk sampai ke parkiran di pantai. Solusi yang bawa mobil, Kamu bisa jalan kaki atau bisa naik ojek. Jaraknya lumayan kalau jalan kaki dengan jalan yang naik turun dan kalau naik ojek juga murah kok, hanya 5000 rupiah saja sekali jalan.

Baca Juga :  Masjid Raya Al Hidayah: Salah Satu Masjid Kampung Terbaik Di Indonesia

Sampai sana aku duduk-duduk sebentar sambil nunggu antri mau snorkelingnya. Alatnya ada yang menyewakan dan satu paket semua dengan foto-foto didalam air. Alatnya ada pelampung, kacamata, selang untuk pernafasan (nggak tau namanya apa), ada sepatu juga. Kemarin satu paket semuanya perorang 50 ribu rupiah + udah dapat foto-foto didalam air yang dikirim ke email kita.

Kalau nggak nyewa juga nggak masalah, Kamu tetap bisa berenang disana tapi mungkin lebih aman jika pakai peralatan lengkap. Ombaknya lumayan besar walaupun masih aman buat kita snorkeling. Namun dibagian bawahnya ada batu karang yang kalau Kamu nggak hati-hati bisa luka nanti kakinya.

Aku sendiri awalnya karena sangking senengnya kurang hati-hati dan kaki pun jadi korban bergesekan dengan batu karang. Sakit? sakitnya pas berenang nggak terlalu, pas udah selesai baru terasa bagian mana aja yang sakit. Tapi walaupun begitu tetap seru dan pingin nyobain lagi.

Mungkin saran bagi yang belum kena dan mau kesana. Sebisa mungkin pakai celana panjang dan dan kaos lengan panjang. Untuk menghindari lecet-celet akibat benturan dengan batu karang. Selain itu juga biar kulitnya nggak gosong akibat terik matahari.

Baca Juga :  9 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Terkenal Dan Populer

Oh iya belum diceritain ya pengalaman snorkelingnya gimana. Pas kesana sih mungkin karena hari libur dan pasti ramai, adi airnya agar keruh nggak bening. Mungkin ini bisa karena ombak juga atu mungkin karena banyak orang. Dibawahnya hanya ada batu karang dengan ikan-ikan kecil. Kalau terumbu karangnya nggak ada ya kalau aku lihat. Dan tempat snorkeling ini nggak terlalu dalam mulai dari sepinggang sampai sepundak.

Pantai nglambor ini cocok banget bagi Kamu yang pingin ngerasain snorkeling di pantai Jogja. Mungkin Kamu juga udah pernah lihat foto-fotonya di google banyak. Dan tempat ini bagus banget buah ngisi liburan, apalagi ini udah mulai liburan ya guys.

Itu aja sih liburan kemarin di pantai nglambor yang bisa untuk tempat snorkeling. Sebenarnya kemarin ada ke pantai lain yang bagus juga, tapi lain kali mungkin ya. Pantai di Gunung Kidul ini rekomended banget buat Kamu yang pingin liburan dan main air.

Biayanya termasuk relatif murah dari mulai biaya retribusi cuma 5 ribu itu untuk beberpa pantai. Parkiran juga cuma 2000 aja dan biaya makan juga murah-murah kalau untuk mahasiswa. Jangan kawatir, liburan kesana nggak bikin kantong boros. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *