Pengertian Usability Dan Mengapa Usability Itu Penting?

Image: canva.com

Pengertian Usability Dan Mengapa Usability Itu Penting?

Aku udah pernah membahas mengenai UI dan UX. Mulai dari apa itu UI dan UX sampai dengan mengapa UI dan UX itu penting. Ada satu lagi yang penting sebelum UX adalah usability. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian usability dan menjawab pertanyaan mengapa usability itu penting.

Pengertian Usability

Berikut beberapa pendapat menurut para ahli mengenai pengertian dari usability:

Menurut Jacob Nielson tahun 1993 (Harrison, dkk, 2013), usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction (Saleh, dkk, 2015).

Menurut Pressman (2012), usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.

Menurut Santoso (2010), usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas.

Standar internasional ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction.

Baca Juga :  Pengertian User Experience (UX) Dan Mengapa User Experience Itu Penting?

Dari beberapa pengertian usability yang didefinisikan para ahli bisa diambil kesimpulan, usability merupakan tingkatan kemampuan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna secara mudah dan tujuan dalam penggunaan tercapai. Intinya sebuah aplikasi disebut memiliki usability yang baik jika aplikasi tersebut mudah digunakan dan fungsi atau tujuan penggunaannya sesuai dengan yang diinginkan.

Mengapa Usability Itu Penting?

1. Memudahkan Pengguna

Sebuah aplikasi harus memiliki usability yang baik. Dengan memiliki usability yang baik akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi. Karena pada prinsipnya aplikasi dibuat untuk memudahkan penggunanya.

2. Mudah Dipelajari

Selain mudah digunakan, usability juga memastikan aplikasi mudah untuk dipelajari. Sebisa mungkin pengguna langsung paham dan mudah memahami penggunaan aplikasi saat pertama kali mencoba. Atau harus bisa memberikan pandangan pertama yang menakjubkan.

Baca Juga :  Perbedaan Usability Dan User Experience, Dimana Penarapannya?

3. Berjalan Sesuai Fungsinya

Usability memastikan fungsi aplikasi berjalan sesuai dengan tujuannya. Jika sebuah aplikasi berfungsi untuk transaksi pembayaran, maka aplikasi tersebut harus bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Ini udah wajib hukumnya untuk sebuah aplikasi.

4. Berdampak Pada Faktor Kesuksesan

Seperti yang sudah aku sebutkan juga pada UI dan UX, usability juga berpengaruh pada faktor kesuksesan aplikasi. Kenapa? Mudah saja jika aplikasi sulit digunakan dan dimengerti maka pengguna akan dengan mudahnya berpindah kelain hati. Dan sudah pasti lama-kelamaan akan ditinggal oleh penggunanya.

5. Menarik Minat Pengguna

Aplikasi yang memiliki usability yang baik, akan mudah menarik minat pengguna. Pengguna mau menggunakan aplikasi itu untuk kedua, ke tiga bahkan seterusnya. Ini penting untuk keberlangsungan sebuah aplikasi.

Baca Juga :  Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability

Usbaility bisa diterapkan pada website, aplikasi mobile, aplikasi desktop, bahkan pada hardware. Intinya sebuah aplikasi harus memiliki usabilility yang baik. Karena usability ini merupakan landasan dasar seorang desainer untuk menghasilkan UI yang bagus.


Referensi:

  • Bevan, N., 1995, Human-Computer Interaction Standards, International Conference on Human Computer Interaction, 1995
  • Harrison, R.; Flood, D.; Duce, D.,2013, Usability Of Mobile Applications: Literature Review And Rationale For A New Usability Model, Journal of Interaction Science, 2013
  • Pressman, R. S., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7 (Buku Satu), Penerbit Andi, Yogyakarta
  • Saleh, A. M.; Ismail, R.B, 2015, Usability Evaluation Frameworks Of Mobile Application: A Mini-Systematic Literature Review, Global Summit on Education GSE, 2015
  • Santoso, Insap., 2010, Interaksi Manusia dan Komputer, Penerbit Andi, Yogyakarta



About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *