Pengertian User Experience (UX)

Image: canva.com

Pengertian User Experience (UX) Dan Mengapa User Experience Itu Penting?

Kalau berbicara user experience (UX) pasti akan ada kaitannya dengan user interface (UI). Antara user experience dengan user interface ini berbeda. Seperti apa bedanya? Akan kita bahas lengkap mulai dari pengertian user experience sampai dengan mengapa user experience itu penting.

Pengertian User Experience (UX)

User experience (UX) sesuai artinya dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau software kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan. Kalau dulu aplikasi mempunyai usability yang bagus saja cukup. Sekarang sebuah aplikasi juga harus memiliki user experience yang bagus.

Seperti apa user experience itu? Saat Kamu membuka Instagram sampai berjam-jam tanpa bosan, saat Kamu chatting menggunaan WhatApp tanpa henti, saat Kamu berlama-lama mencari barang-barang jualan di toko online, berarti Kamu udah menikmati user experience yang sudah diberikan oleh instagram, WhatsApp dan juga toko online. Kenapa juga kita bisa berjam-jam sibuk dengan smartphone kita? Itu semua karena penerapan user experience di smartphone Kamu sudah sangat baik.

Baca Juga :  Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX

Mengapa User Experience Itu Penting?

1. Memudahkan Pengguna

Penerapan user experience pada akan memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Karena didalamnya sudah ada penilaian aspek usability. Setiap aplikasi pastilah dibuat agar para pengguna mudah untuk menggunakannya.

2. Menarik Minat Pengguna

Selain faktor kemudahan penggunaan, penerapan user experience juga untuk menarik minat pengguna. Tujuan aplikasi dibuat sudah pasti ingin penggunanya selalu menggunakan aplikasinya. Jika aplikasi tidak menarik untuk pengguna, sudah pasti bisa dengan mudah akan ditinggalkan.

3. Berdampak Pada Faktor Kesuksesan

Seperti pad poin diatas tadi, pengguna akan mudah meninggalkan aplikasi yang tidak memberikan pengalaman menarik. Contoh nyanya ya aplikasi chatting WhatsApp. Aplikasi ini makin hari makin banyak penggunanya karena memberikan pengalam pengguna yang bagus banget. Kita bisa bandingan dengan aplikasi sejenis yang penggunanya makin haris makin turun. Oleh karena itu, user experience penting diterapkan pada sebuah aplikasi untuk meningkatkan kesuksesan atau minimal mempertahankan kesuksesan.

Baca Juga :  Pengertian User Interface (UI) Dan Mengapa User Interface Itu Penting?

4. Menghasilkan UI Yang Bagus

User interface itu merupakan keluaran dari penerapan user experience. Jika user experience pada sebuah aplikasi benar-benar diperhatikan penerpannya, maka akan menghasilkan desain UI yang bagus. Bagus disini nggak harus warna-warni dan bling-bling, namun secara tampilan akan elegan dan menarik.

5. Untuk Memenangkan Persaingan

Kamu tau kenapa toko ritel seperti indo****t dan alfa***t bisa memenangkan persainan dari toko bisa di sekelilingnya? itu karena mereka menerapkan user experience yang bagus. Padahal secara barang ya sama saja, secara harga malah bisa lebih mahal, tapi secara pengalaman yang mereka berikan itu gak ada di toko biasa.

Contoh lain lagi yaitu antara android dan IOS. Aku pengguna smartphone dengan sistem operasi keduanya. Jujur aja, secara user experience IOS lebih bagus. Kenapa orang mau bayar mahal smartphone ini? Ya karena user experience yang merekan berikan memang terbaik.

Baca Juga :  Perbedaan Usability Dan User Experience, Dimana Penarapannya?

Dengan membaca sampai sini seharusnya Kamu sudah paham dengan pengertian user experience dan mengapa user experience itu penting. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya buat Kamu. Tunggu artikel-artikel berikutnya lebih luas membahas tentang UI dan UX ya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *