Penyebab Server Down

Image: canva.com

Penyebab Server Down yang Harus Kamu Hindari

Dalam berselancar di dunia internet, khususnya website, tentu Kamu mengenal dengan baik istilah server down? Karena mungkin sering terjadi pada banyak orang, dan termasuk Kamu. Tentu Kamu harus tahu penyebab server down yang wajib untuk Kamu hindari agar server Kamu tidak mengalami down dan Kamu akan bekerja dengan baik menggunakan server Kamu, berikut ulasannya.

Trafik yang Viral

Memiliki traffic yang tinggi pada website Kamu tentunya sangat menyenangkan bukan? Apalagi jika Kamu merupakan sebuah perusahaan dengan bisnis yang sedang banyak dibutuhkan oleh semua kalangan. Namun hati-hati, karena hal tersebut bisa menjadi boomerang terhadap website Kamu dan kemungkinan akan menyebabkan server yang Kamu gunakan mengalami down. Bagaimana bisa terjadi? Web hosting terbaik anti Down, Coba cek Hosting DomaiNesia

Penyebab Server Down yang pertama ialah terjadinya viral effect atau trafik website yang membludak dan tak terkontrol. Apa maksud dari hal tersebut? Maksudnya ialah dapat terjadi sebuah konten ataupun isi dari website yang Kamu miliki sedang viral sehingga banyak sekali orang yang mengakses website Kamu, hal tersebut tentu akan menyebabkan server Kamu menjadi lamban dan bahkan akan mengalami down.

Problem pada DNS Kamu

Apa itu DNS? DNS merupakan salah satu bagian terpenting yang ada dalam sebuah website, ketika DNS Kamu bermasalah dan mengalami suatu kegagalan, tentunya hal tersebut akan membuat website atau server Kamu mengalami down dan mungkin mengalami akses yang sangat lamban. Kinerja website Kamu tentunya akan sangat buruk sekali dan orang-orang akan enggan mengunjungi server Kamu .

Sehingga dengan hal tersebut, jika DNS bisa menjadi salah satu penyebab server down, Kamu harus sering dan rajin memantau serta memastikan bahwa DNS yang ada pada website Kamu memang sudah benar-benar terpasang dengan pas, baik dan sesuai agar menghindari bahaya terhadap website Kamu , bahkan akan menyebabkan down pada server Kamu.

Mendapat Serangan dari Hacker

Selanjutnya, penyebab lain dari server atau website Kamu yang mengalami down ialah adanya serangan dari hacker ataupun orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Kamu tidak asing dengan istilah hacker bukan? Tentu Hacker akan dengan sengaja masuk dan mengambil alih semua sistem website yang Kamu miliki dan tentunya dapat merusak segala yang telah Kamu bangun dalam website tersebut.

Tentu hal tersebut sangat menyedihkan dan membuat geram bukan? Jelas, serangan hacker tentu akan lebih mudah terjadi pada website-website dengan sistem keamanan yang rendah, sehingga sangat dianjurkan untuk memiliki sistem keamanan yang baik serta sulit ditembus oleh para hacker yang ingin berniat jahat dan merusak sistem dari website Kamu. Salah satu Penyebab server down.

Pusat Data yang Down

Data center atau pusat data merupakan salah satu bagian yang penting dalam elemen sebuah website ataupun server. Banyak sekali, bahkan hampir seluruh proses terjadi di data center ini. Proses tersebut meliputi backup data, sinkronisasi data dan juga pemrosesan data yang semuanya berlangsung di pusat data atau dikenal dengan data center. Sungguh sangat berbahaya jika data center tidak aman karena akan sangat memengaruhi website Kamu.

Data center tentunya dapat down dan menghambat kinerja serta kecepatan akses website karena terlalu seringnya dan banyaknya proses yang berlangsung di data center tersebut. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab server down dan menghambat semua proses yang ada pada website dan server Kamu.

Aplikasi Bajakan atau Plugin

Mungkin Kamu sering mendengar kata bajakan? Ternyata banyak sekali masalah yang disebabkan oleh hal yang berbau bajakan, seperti CD bajakan, Film bajakan, lagu bajakan dan termasuk aplikasi bajakan atau yang dikenal dengan plugin, karena hal ini yaitu bajakan, akan menjadi salah satu penyebab server down, menyedihkan sekali bukan untuk Kamu?

Sungguh, nyatanya aplikasi bajakan atau sembarangan dapat menjadi boomerang terhadap website dan server Kamu, karena dengan aplikasi bajakan akan mempermudah server mengalami down. Hal tersebut terjadi karena kinerja dari sebuah server website yang sedang berjalan, terganggu dengan adanya plugin dari aplikasi bajakan, yang tentunya akan sangat berbahaya, bukan hanya untuk website Kamu, namun juga untuk komputer Kamu.

Single Point of Failure atau SPOF

Selanjutnya ialah SPOF, sebuah nama atau istilah lain dari hal yang berbau sebagai kelemahan sistem. Hal tersebut menunjukkan sebuah titik kelemahan yang dimiliki oleh sebuah sistem. Jika titik ini terdeteksi dan terjadi, maka akan menyebabkan kegagalan atau error. Jika kegagalan sebuah sistem terjadi makan tentu secara otomatis akan membuat server Kamu menjadi down.

Tentu ada caranya agar semua itu tidak terjadi. Cara mencegah terjadinya SPOF atau kegagalan sistem ini ialah dengan membuat perencanaan sistem website atau melalui server dengan matang dan tentunya baik. Baik yang dimaksud ialah dari segi memilih hardware yang digunakan, software dan juga memonitoring serta control secara berkala pada sistem website yang Kamu miliki.

Paragraf-paragraf di atas merupakan ulasan mengenai apa penyebab server down dan kinerjanya menjadi sangat lambat. Tentu setelah membaca ulasan di atas, Kamu harus memahami dan mengenali betul server dan website Kamu, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya server down. Karena tentu akan sangat membuat para pengunjung kecewa ketika website Kamu mengalami down.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *