usaha kecil

Image: gogirlmagz.com

Ragam Usaha Kecil Kreatif Bermodal Limbah Yang Sedikit Modal

Kebanyakan diantara wirausaha yang sukses memulai bisnisnya dari jatuh bangun terlebih dahulu hingga sekarang bisa merasakan masa jaya mereka. Nah diantara Anda mungkin juga ada yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis, bidang yang satu ini memungkinkan kamu kaya lebih cepat, namun juga ada resiko kerugian yang besar. Nah untuk menghindari hal tersebut memang tak ada salahnya untuk memulai dari usaha kecil. Anggap saja sebagai bahan pembelajaran sebelum memulai bisnis yang lebih besar ke depannya mulai usaha kecil terlebih dahulu.

Banyak prospek yang cerah untuk kamu tekuni, sebaiknya dimulai dari sekarang juga, mengingat kita juga cukup tahu bahwa di tahun 2015 lalu sudah mulai diberlakukan masyarakat ekonomi Asia yang memungkinkan setiap pekerja asing masuk ke Indonesia, hal ini tentunya menambah daya saing Anda dalam mencari pekerjaan. Standard yang dibutuhkan sekarang makin tinggi, belum lagi kemungkinan banyaknya pengusaha asing yang juga mencari nafkah di dalam negeri.

Baca Juga :  5 Hal Yang Harus Kamu Tau Sebelum Membangun Startup

Memulai sebuah bisnis rumahan dari bawah memungkinkan kamu untuk melihat keadaan sekitar, belajar lebih banyak, namun juga tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali rintangan yang nantinya akan dilalui. Dibandingkan dengan bidang usaha kecil yang sudah populer sebaiknya kamu memilih jenis usaha khusus yang memang jarang ditekuni masyarakat, cara ini cukup efektif untuk membandingkan produk Anda menjadi yang berbeda dari lainnya, tak hanya itu, bidang usaha kecil kreatif juga memungkinkan kamu untuk menghindari adanya pesaing atau kompetitor

Berikut ini ada beberapa contoh usaha kecil yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Membuat kerajinan dari tulang ikan

Tentunya tak banyak yang tau bahwa ternyata aneka tulang ikan dapat dimanfaatkan, diantara Anda mungkin selalu membuang sisa makanan yang satu ini, namun ternyata bagi beberapa orang hanya dengan mengandalkan limbah dapat kamu manfaatkan menjadi kerajinan yang tinggi harganya, salah satu bentuknya adalah membuat miniatur kapal, pesawat dan bentuk kreatif lainnya, masalah bahan baku mudah dan murah, namun memang diperlukan imajinasi yang kreatif dalam mengelolanya.

Baca Juga :  7 Tips Mencari Penjual Terpercaya Di Market Place, Kamu Perlu Tau!

2. Kerajinan lampu hias dari bonggol jagung

Bonggol jagung umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk mereka yang masih memasak secara tradisional, jika tidak begitu pasti hanya dijadikan sebagai sampah biasa. Namun tidak bagi orang-orang yang kreatif, karena pada kenyataannya hanya dengan bahan bonggol jagung kamu dapat menjadikannya sebagai karya seni yang bernilai tinggi bahkan cukup banyak peminatnya, yaitu sebagai bahan pembuat lampu head, hasil jadinya sangat bagus dan dapat dijual dengan harga tinggi.

3. Memanfaatkan limbah kaca sebagai bahan pembentuk miniatur

Aneka miniatur unik terbuat dari beragam bahan, kebanyakan memang limbah yang tak terpakai, salah satu yang dapat kamu coba adalah dengan pembuatan miniatur dari limbah kaca, mulai dari bentuk-bentuk yang sangat sederhana hingga bangunan megah seperti menara Eifel, hal yang sangat dibutuhkan disini memang ketelatenan Anda sendiri.

Baca Juga :  Cara Promo Hotel Surabaya yang Mengglobal dan Efektif

4. Membuat miniatur sepeda dari kaleng soft drink

Jenis hiasan yang satu ini jika kamu membeli di pasaran harganya cukup tinggi, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah, padahal jika Anda tau bahan pembuatannya hanya beberapa produk kaleng bekas minuman, bagi kamu yang memiliki keterampilan tersebut dapat mencoba bisnis sendiri.

Itulah beberapa peluang usaha kreatif yang dapat kamu tekuni, pastinya tak memakan banyak biaya karena semua berasal dari limbah, hanya saja harus ditunjang dengan kreatifitas Anda dalam mengolahnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *