Pencegahan Penyakit

Image: pixabay.com

Salah Satu Cara Pencegahan Penyakit Yang Sering Dilupakan Adalah …

Aku pernah dengar bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Itu ada benarnya, pastilah kita lebih senang mencegah sesuatu hal terjadi dari pada harus mengobatinya. Namun demikian kita sering lupa akan pentingnya pencegahan penyakit. Padahal penyakit itu bisa datang dari hal-hal yang kita anggap sepele lho.

Yang paling banyak di sarankan untuk pencegahan penyakit yang paling mudah adalah mencuci tangan. Namun hal itu sering kita sepelekan dan lupakan. Biasanya kalau cuci tangan pasti pas lagi mau makan, ya nggak? Sebenarnya nggak hanya kalau mau makan saja, sehabis memegang benda sesuatu mungkin dianjurkan untuk mencuci tangan setelahnya.

Kenapa kita diharuskan mencuci tangan sesering mungkin? Kita nggak tau kalau benda yang kita pegang ada bakteri penyakitnya atau tidak. Karena bakteri memang tidak terlihat oleh mata secara langsung. Untuk menghindari penyakit tentu jangan terlalu banyak memegang benda-benda yang banyak dipegang orang. Atau pegang boleh tapi jangan lupa cuci tangan. Hal itu salah satu pencegahan penyakit yang bisa kita lakukan.

Baca Juga :  Kue Lebaran Kering Nan Manis, Amankah untuk Para Penderita Diabetes?

Banyak penelitian yang sudah dilakukan terkait manfaat mencuci tangan ini. Dan juga bagaimana penyebaran penyakit melalui banda-benda yang sering dipegang orang. Kita kan nggak tau misal kalau benda yang kita pegang, tadinya juga dipegang orang lain yang sedang sakit flu misalnya. Hal itu bisa jadi akan menyebabkan kita sakit juga.

Untuk mencuci tangan tentu nggak sekedar dibasahkan. Ada aturan bagaimana mencuci tangan yang benar. Yang pertama, Kamu harus membasahi telapak tangan sampai lengan di air yang mengalir atau air keran. Kemudian usap telapa tangan menggunakan sabun. Salah satu sabun yang bisa Kamu pakai adalah Lifebuoy. Lifebuoy sudah dipercaya sebagai sabun yang bisa membasmi bakteri penyebab penyakit. Dan Kamu bisa temukan sabun ini di toko-toko terdekat.

Baca Juga :  Waktu Tidur Bayi Sesuai Umur, Calon Bapak Harus Tau!

Mencuci tangan tentunya harus maksimal. Sela-sela jari kedua tangan harus bersih. Ujung jari atau sele-sela jari juga dibersihkan. Kita nggak tau mungkin ada bakteri bandel yang bisa menyebabkan penyakitan. Intinya semua bagian tangan dari telapak tangan, jari-jari, punggung tangan juga dibersihkan.

Dengan memcuci tangan yang benar, tentu bisa menghindari kita dari sakit yang tidak kita duga. Terutama gabi anak-anak harus diperhatikan kebersihannya. Bisanya anak suka main dengan benda-benda. Setelah main sebaiknya diarahkan untuk mencuci tangan. Karena biasanya hal ini bisa menyebabkan gejala sakit perut pada anak.

Yuk sealu menjaga kebersihan agar hidup kita selalu sehat. Melakukan hal-hal yang sederhana menjadi salah satu cara pencegahan penyakit. Dan semoga tulisan kali ini bermanfaat buat Kamu. Satu lagi pesan dari aku, yaitu jangan lupa cuci tangan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *