reklamasi pantai

Image: reklamasi-pantura.com

Seberapa Penting Reklamasi Pantai Untuk Dilakukan?

Akhir-akhir ini kita banyak mendengar berita yang membahas tentang reklamasi pantai. Mulai dari Reklamasi Benoa maupun Reklamasi Jakarta. Ada yang pro dan ada yang kotra terhadap kebijakan reklamasi pantai ini. Apapaun itu pasti memiliki tujuan baik didalamnya walaupun tidak kita pungkiri pasti ada yang dirugikan. Semua pasti demi kepentingan bersama.

Yang bisa kita lihat sebagai orang awam memang reklamasi pantai yang terjadi di Benoa dan Jakarta hanya memberikan manfaat dari sisi ekonomi. Pastinya dong ya? Pajak dan aliran lainnya bakal masuk kantor keuangan pemerintah. Namun mungkin bagi rakyat sekitar, faktor ekonomi bisa jadi masalah yang untuk dihadapi.

Beberapa alasan yang aku cermati dari berita-berita yang beredar, para nelayan atau lainnya merasa keberatan jika dilakukan reklamasi pantai. Alasannya reklamasi pantai bisa mematikan pencaharian nelayan dan lingkungan laut sekitar. Kalau dari sisi itu memang tidak bisa kita pungkiri. Pasti jarak melaut akan lebih jauh dibandingkan sebelumnya. Dan ekosistem laut yang ada di area tersebut pasti akan terganggu. Seperti ikan, terumbu karang dan lain-lainya. Akan tetapi pasti ada alasan lain kenapa reklamasi dilakukan.

Baca Juga :  Seberapa Besar Dampak Dari Penghapusan Kawasan 3 in 1?

Seperti yang dijelaskan pada Ruang Reklamasi, selain alasan ekomoni yang lebih baik, reklamasi pantai juga dapat menambah lahan perumahan yang mana emmang di Jakarta sudah mulai berkurang. Selain itu juga alasan bahwa kerusahan kawasan pantai jadi pertimbangan untuk dilakukannya reklamasi ini. Kawasan tersebut juga dirasa kurang produktif.

Memang bisa kita akui dengan adanya reklamasi ini, kawasan tersebut jadi lebih hidup dan lebih produktif dari sebelumnya. Karena reklamasi yang akan dilakukan juga nggak main-main. Pastinya dilakukan hati-hati dan penuh perhitungan. Namun efeknya juga berimbah dengan nasip orang-orang disekitar yang nggak boleh dikesampingkan.

Seperti yang kita lihat di dicerita film-film bahwa untuk mendapatkan hal yang besar harus rela mengorbankan yang kecil. Tampaknya itu akan terjadi pada kasus reklamasi ini. Semua kebujakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pastinya tidak bisa memuaskan hati semua pihak. Harus ada yang dikorbankan untuk itu. Namun alangkah baiknya sebisa mungkin apapun itu kebijakannya, tidak merugikan siapapun baik kalangan atas apa lagi kalangan bawah. Kami yang sudah susah ini janganlah ditambahi dengan beban yang tambah menyelutikan ini.

Baca Juga :  Kegiatan Tanoto Foundation Melahirkan Generasi Peduli Lingkungan

Sebagai orang yang tidak tinggal langsung di Jakarta dan Bali, memang tidak merasakan dampaknya. Bahkan keuntungannya juga tidak. Tapi dari kasus dua lokasi ini bisa berimbas untuk kasus-kasus berikutnya. Bisa saja akan muncul reklamasi-reklamasi lainnya. Dengan ribuan pulau yang sudah ada di Indonesia ini, akankah ditambah lagi dengan pulau-pulau hasil reklamasi?

Kebijakan reklamasi pantai ini memang menarik diikuti. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi berikutnya. Dengan harapan bahwa apapun keputusan yang didapat tidak mengorbankan salah satu pihak. Jadi, Seberapa penting reklamasi pantai untuk dilakukan? Tergantung persepsi dan manfaat yang didapat dari masing-masing lokasi.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *