Tebing Breksi

Image: edisusilo.com

Taman Tebing Breksi: Tempat Wisata Bekas Tambang Batu Di Yogyakarta

Ini ceritanya kemarin hari jumat lagi pingin liburan. Karena waktunya mepet jadi liburannya yang dekat-dekat aja. Pertamanya sih setelah jumatan menyempatkan dulu menikmati semangkok mie ayam tumini jumbo + ceker. Setelah itu langsung ke taman tebing breksi, yang katanya tempat wisata bekas tambang batu di Yogyakarta.

Sebenarnya ini yang kedua kali aku ke taman tebing breksi ini. Pertama kali pas bulan puasa kemarin setelah ke candi prambanan. Sekarang ceritanya nganterin seseorang yang pingin kesini. Dan baru sempat nulis sekarang soalnya belum ada bahan buat tulisan apa hehe.

Taman tebing breksi ini merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang dulunya tambang batu. Dulu pas jalan-jalan ke candi ijo pasti nampak kalau tabing ini masih ada rutinitas tambang. Tapi sekarang dimanfaatkan sebagai objek wisata yang menarik banyak wisatawan.

Walaupun bekas tambang batu, tebing breksi ini istilahnya dipoles agar menarik untuk dikunjungi. Ada lingkaran yang didalamnya ada rerumputan hijau dan dikelilingi bangku dari batu. Ditempat inilah biasanya sering ada acara-acara pentas apapun. Kemarin pas kesini lagi dipasangin tenda-tenda, mungkin mau ada acara.

Baca Juga :  Pantai Nglambor: Tempat Snorkeling Di Yogyakarta, Kamu Harus Coba!

Selain taman utama, kita bisa naik keatas bukit bebatuannya. Diatas kita bisa melihat pemandangan Yogyakarta dari atas ketinggian. Bandara Adi Sucipto kelihatan jelas dari ini. Candi barong, candi ratu boko, dan candi prambanan juga tampak dari kejauhan.

Untuk naik keatas, sudah disediakan tangga yang tersusun dari pahatan batu bukitnya. DI samping anak tangganya ada ukiran gambar wayang. Beberapa belum jadi sih, tapi sudah menarik dilihat apalagi besok kalau sudah jadi semua. Ada juga yang pingin foto dengan burung-burung hantu.

Diatas itu sama halnya diatas bukit, atau mungkin seperti bukit yang tinggal separo. Separonya sudah diambil batunya. Tapi tempat ini sangat menarik untuk dikujungi jika bosan dengan tempat wisata yang itu-itu aja. Ini terbukti kemarin pas aku kesana. Padahal itu hari jumat siang atau agak sore lho. Tetap rame dikunjungi banyak wisatawan, dilihat dari nomer kendaraannya sih banyak juga yang dari luar daerah Yogyakarta.

Baca Juga :  9 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Terkenal Dan Populer

Kebetulan pas kesana kemarin mendung dan gerimis-gerimis gitu jadi nggak terlalu lama mengekplorasinya. Fasilitasnya juga udah mulai lengkap, sudah ada musholanya. Jadi nggak bingung kalau mau sholat disana.

Alamatnya dimana sih? Taman tebing breksi ini berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau Kamu tau candi ijo, jalannya sama kearah candi ijo. Tempat ini sebelum candi ijonya, atau setelah simpang jalan kalau mau ke candi barong. Tenang aja ada tulisannya jelas, nanti dari jalan belum kiri. Paling lebih kurang 300 meteran dari jalan ke candi ijonya.

Biaya masuknya gimana? murah tenang aja. Biaya parkir 2000 rupiah dibayar dipintu masuk dan seiklasnya untuk biaya masuknya. Untuk kemajuan tempat wisata ini ya kalau bisa seiklasnya nggak cuma 1000 – 2000. Kerane tebing batu ini masih terus dikembangan yang terlihat dari masih ada orang-orang yang melakukan pekerjaan.

Baca Juga :  7 Candi yang You Must Visit Ketika Kamu Sedang Wisata Jogja

Aku juga udah sempat ambil foto 360 atau virtual reality photography dilokasi ini. Tapi foto ini diambil saat pertama kali kesini. Nggak banyak sih perbedaan sekarang sama dulu.

Saat ini banyak bermunculan destinasi wisata baru-baru di Yogyakarta. Salah satunya ya taman tebing breksi ini yang belum lama dibuka untuk kunjungan wisata. Semakin membuat kota pelajar ini menarik untuk dikunjungi. Website Indonesia Travel ( Belanda ) juga sampai menyediakan halaman khusus yang membahas tempat wisata di Yogyakarta.

Bagi Kamu yang lagi di Jogja dan bingung liburan kemana. Taman tebing breksi ini bisa jadi tempat Kamu liburan. Untuk foto-foto juga bagus. Banyak juga yang foto prewedding disini. Selain tempatnya bagus, juga kata anak mudah sekarang itu kekinian. Yuk ramaikan tempat wisata di Indonesia khususnya Yogyakarta.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *