Tempat Jual Jamu Jawa Asli

Image: edisusilo.com

Nih Tempat Jual Jamu Jawa Asli Tradisional Di Kota Jogja

Menurut Kamus Besar Bahasi Indonesa (KBBI) Jamu diartikan sebagai obat-obatan yang dibuat dari, akar-akar tanaman, dedaunan dan lain-lainnya. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa yang dinamakan jamu itu terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Dan jamu itu banyak dikenal berasal dari Jawa. Pertanyaan muncul adalah apa masih ada tempat jual jamu jawa asli dimanapun.

Jamu jawa asli untuk saat ini memang agak sulit ditemui kecuali di film televisi hehe. Tapi kenyataannya masih ada yang jual khususnya di Kota Jogja. Aku menemukan tempat jual jamu jawa asli dijogja ini ada satu dan bisa dibilang langganan juga sih.

Lokasinya jualannnya di Jalan Brigjen Katamso dekat Jogja Tronik. Tepatnya di depan toko emas Semar Nusantara. Kalau dari arah malioboro mau ke jalan parangtritis, posisinya sebelum Jogja Tronik di sebelah kanan jalan. Posisinya dipinggir jalan dan mudah banget nemuinnya.

Baca Juga :  5 Minuman Segar Favorit Banyak Orang, Kamu Suka Yang Mana?

Apa aja yang dijual disana? Semua jamu jawa asli tradisional ada semua. Aku sendiri biasanya pesannya beras kencur aja. Seperti yang difoto diatas ada 2 gelas, yang satu agak keputih-putihan itu jamunya dan satu lg yang kekuning-kuningan penawarnya katanya hehe.

Loh kok dari street view nggak ada yang penjual jamunya? Oh iya jualan jamunya itu malam hari. Nggak tau mulai jam berapa dan tutupnya sampai jam berapa, yang pasti kalau malam ada. Kalau nggak jualan berarti lagi libur.

Soal harga gimana? Harga masih sangat terjangkau dan normalnya harga jamulah. Masih mahalan semangkuk mie ayam tuminilah hehe dan lebih mahal dikit dari milong yang ada dimagelang.

Baca Juga :  Minuman Unik Ala Cafe Ini Dapat Kamu Buat Sendiri di Rumah

Rasanya gimana? Rasanya ya seperti enak, gak pahit soalnya aku pesannya jamu beras kencur hehe. Kalau mau pesan yang lain juga banyak kok pilihannya. Ada kunir asem, uyub-uyub, watukan, sawan tahun (lansia), galian pegel linu, galian singset, galian masuk angin, galian sawan kikir, pitan dan lain-lainnya. Jangan tanya kasiat dari masing-masing jamunya ya. Aku taunya cuma beras kencur katanya menyehatkan badan.

Bagi Kamu yang lagi pingin jamu buat meningkatkan kesehatan, tempat jual jamu jawa asli tradisional ini rekomended banget. Tempatnya ya dipinggir jalan, sederhana, dan yang paling penting kan jamunya. Kalau tempatnya mewah ya di cafe. Itu ajasih ya, semoga informasinya bermanfaat yang lagi cari-cari jamu terutama di Kota Jogja. Yuk minum Jamu supaya badan sehat selalu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *