Tipe-Tipe Atap Rumah Minimalis

Image: pixabay.com

Tipe-Tipe Atap Rumah Minimalis yang Wajib Kamu Ketahui

Atap merupakan bagian yang terpenting dari suatu rumah. Tanpa adanya atap, sudah pasti hujan dan penetrasi dari cahaya matahari akan langsung masuk kedalam rumah dan membuat rumah menjadi tidak berbentuk lagi. Dengan demikian sudah dapat ditarik kesimpulan bahwa atap adalah bagian rumah yang penting. Dan Tipe-tipe atap rumah minimalis khususnya, banyak modelnya.

Bentuk dari atap sendiri juga beraneka ragam, seperti datar, pelana, limas, sandar, tenda, dan masih banyak yang lainnya. Untuk membahas bentuk atau tipe-tipe atap rumah minimalis, akan dibahas beberapa penjelasan dari atap-atap tersebut.

Berikut tipe-tipe atap rumah minimalis yang wajib diketahui:

1. Atap Datar

Ini adalah model atap yang paling sederhana karena bentunya yang rata atau datar. Atap ini biasanya digunakan untuk gedung ataupun rumah yang memilki tingkat. Tentunya atap ini tidak dibuat benar-benar datar, melainkan terdapat kemiringan agar saat hujan turun air dapat mengalir keluar.

Baca Juga :  Perumnas: Solusi Memiliki Rumah Subsidi Dari Program Sejuta Rumah

2. Atap Pelana

Atap dengan tipe ini merupakan atap yang paling mudah perawatannya, karena sangat mmudah sekali untuk mendeteksi kebocoran. Atap ini sendiri terbentuk dari dua bidang miring yang ujung atasnya saling bertemu pada satu garis lurus. Sudut kemiringan dari atap tipe ini adalah antara 30 derajat hingga 40 derajat.

3. Atap Limas

Atap limas merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana, yang dimana atap ini terdiri atas dua bidang yang miring yang berbentuk trapesium.

4. Atap Sandar

Ini adalah atap yang sering digunakan untuk rumah minimalis. Tidak sedikit arsitek yang mengkombinasikn atap tipe ini dengan atap tipe pelana.

5. Atap Tenda

Baca Juga :  7 Alasan Kenapa Properti Paling Pas Untuk Investasi Masa Mudamu!

Atap ini merupakan atap yang harus dibuat sesuai dengan luas dari suatu bangunannya, sehingga akan membuat kemiringan bidang atap menjadi sama. Atap ini terbentuk dari empat bidang atap yang bertemu di satu titik puncak. Sedangkan pertemuan antara bidang atap yang mirip dengan bubungan miring disebut dengan jurai.

Itulah beberapa penjelasan singkat dari bentuk atap rumah yang biasa digunakan. Semoga dengan adanya tips ini anda dapat menambah pengetahuan mengenai macam-macam bentuk atap rumah. Dan apabila terdapat kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan. Terima Kasih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *