Sepatu Bola

Image: footy-boots.com

Tips Mencuci Sepatu Bola agar Bersih dan Tahan Lama

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan olahraga yang tergolong penting. Termasuk saat bermain bola, memiliki beberapa sepatu bola membuat Kita perlu mengetahui tata cara merawat serta membersihkannya secara tepat. Olahraga sepak bola menjadi olahraga yang merakyat karena mudah dilakukan dan juga murah. Aturan yang berkenaan dengan olahraga ini cukup sederhana sehingga lebih mudah dipahami meski oleh orang awam sekalipun. Bagi yang gemar berolahraga sembari bermain maka kegiatan sepak bola menjadi sebuah pilihan yang cukup tepat. Sebab tidak perlu terlalu serius dalam berolahraga namun manfaat yang diterima akan sama besarnya.

Memutuskan melakukan kegiatan sepak bola membuat Kita perlu menyediakan sepatu yang mendukung olahraga ini. Sepatu untuk sepak bola memiliki desain dan dibuat dari material khusus mengingat olahraga ini dilakukan di lapangan rumput. Desain yang unik sekaligus corak yang tidak kalah mentereng ternyata membutuhkan teknik pencucian dan perawatan tersendiri. Meski digunakan di lapangan terbuka dan berumput tebal sepatu jenis ini tidak boleh dicelupkan ke dalam air saat dicuci.

Baca Juga :  Peralatan Diving Paling Dasar yang Harus Diketahui untuk Pemula

Bagi Anda yang baru saja membeli sepatu bola, dan kurang paham bagaimana mencuci dan merawatnya maka berikut tips yang bisa dipelajari:

1. Mengangkat lumpur dengan sikat

Hendak mencuci sepatu sepakbola kesayangan dahulukan melepaskan semua tali sepatunya dan mengambil kotoran lumpur yang menempel. Bisa memanfaatkan sikat maupun alat bantu lain namun jangan disikat terlalu keras cukup seperlunya saja. Sekedar untuk memastikan bahwa lumpur dan noda menggumpal lainnya bisa terlepaskan dan tidak menempel berlebihan lagi. Cara ini cukup membantu untuk meringankan proses pembersihan berikutnya sehingga bisa bersih lebih maksimal.

2. Menggunakan cairan pencuci piring

Mencuci sepatu khusus sepakbola ini sebaiknya tidak menggunakan detergent, ganti dengan cairan pencuci piring. Namun caranya adalah melarutkan cairan pencuci piring ke dalam air hangat lalu mencelupkan kain bersih. Kain bersih yang sudah dibasahi cairan pencuci piring inilah yang digunakan untuk mencuci sepatu Anda yang kotor tadi. Usapkan lap basah ini secara perlahan dan merata ke semua bagian sepatu hingga semua kotoran mulai luntur. Air yang digunakan sebaiknya air yang hangat bukan yang panas, cukup dibasuh bukan mencelupkan sepatu ke dalam larutan sabun.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Sepatu Bola Terbaru Dari Adidas dan Nike

3. Membilasnya dengan lap basah

Membasuh sepatu dengan lap bercampur sabun cair tadi akan menjadikan sepatu memiliki beberapa bekas sabun. Menghilangkan bekas sabun ini sekali lagi tidak dicelupkan ke dalam air, pembilasan tetap menggunakan lap basah. Namun kali ini cukup menggunakan lap yang dibasahi oleh air bersih untuk mengangkat sisa-sisa sabun yang masih menempel. Setelah semua bagian sepatu dibilas bersih tinggal dikeringkan, bisa digantung atau diangin-anginkan. Cara mencuci yang seperti ini akan mempertahankan kekuatan dan kualitas warna dari sepatu bola yang dimiliki.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *