Waktu Tidur Bayi

Image: mamam96.ru

Waktu Tidur Bayi Sesuai Umur, Calon Bapak Harus Tau!

Biasanya yang paling tau tentang bayi ialah ibunya sendiri. Salah satunya mengenai waktu tidur bayi. Selain ibu, bapak juga harus tau loh. Kan nggak selamanya anak anda sama ibunya terus. Sekali-kali boleh dong sama bapaknya.

Bayi yang masih berumur dalam hitungan bulan memang lebih banyak tidur. Hari-harinya dipenuhi dengan tidur baik siang maupun malam. Biasanya kalau bangun itu saat lapar, buang air besar atau kecil dan merasa terganggu. Selebihnya waktunya sering digunakan untuk tidur.

Manfaat kenapa bayi umur 0 sampai 12 banyak tidur ialah hormon pertumbuhan dan perkembangan otak terjadi pada waktu tidur. Itu kenapa tidur lama pada bayi masih dirasa baik untuk kesehatan sikecil senciri. Kalau sudah tau manfaatnya, jadi nggak kawatir kalau bayi tidur kelamaan.

Berikut ini waktu tidur bayi sesuai umur, calon bapak harus tau dong selain calon ibu:

Baca Juga :  5 Tips Merawat Kebersihan Rumah Yang Bisa Kamu Coba!

1. Bayi umur 0 – 3 bulan

Anda baru punya bayi dan umurnya kurang dari 3 bulan? Bisa dipastikan bayi anda waktunya habis karena tidur saja. Anda tidak perlu kawatir karena bayi antara umur 0 sampai 3 bulan memang banyak tidur. Biasanya seumuran tersebut tidur selama 15 sampai 17 jam sehari. 7 sampai 8 jam tidur siang dan 8 sampai 9 jam tidur malam.

Bayi umur segini memang belum banyak gerakan yang bisa dilakukan selain tidur. Pastikan jika sedang tidur jangan diganggu. Dan juga jangan ditinggal terlalu jauh karena bayi akan terbangun jika lapar atau buang air kecil. Masa bangunnya juga bisa kapan saja.

2. Bayi umur 4 – 5 bulan

Pada bayi umur 4 sampai 5 bulan waktu tidur bayi sudah mulai berkurang tidak sebanyak pada umur 0 – 3 bulan. Dalam sehari sendiri bayi umur segini biasanya tidur selama 14 sampai 15 jam saja. Terdiri dari 4-5 jam tidur siang dan 10 sampai 11 jam tidur malam.

Baca Juga :  Beberapa Layanan Otomotif Online Seva.id Yang Dapat Kamu Pilih

Pola tidur bayi umur 4 – 5 juga masih sama atau tidak terlalu banyak perbedaan dengan umur 0 – 3 bulan. Tidak bisa diprediksi kapan tidur kapan bangunnya. Anda harus sesalu siaga untuk menjaga bayi anda.

3. Bayi umur 6 – 8 bulan

Semakin bertambahnya umur bayi maka wakti tidurnya juga akan berkurang. Umur segini sudah mulai aktif-aktifnya dan waktu tidurnya mulai berkurang. Karena sudah berkurang waktu tidurnya bukan berarti anda melupakan waktu-waktu biasanya si kecil tidur.

Pada bayi umur 6 sampai 8 bulan waktu tidur hanya tinggal 13 sampai 14 jam. Dengan pembagian 3 sampai 4 jam tidur siang dan 9 sampai 10 tidur malam hari. Waktu tidurnya sudah mendekati normal.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Villa di Bogor, Hunian Indah Full Facility

4. Bayi umur 9 – 12 bulan

Bayi dengan umur diatas 9 bulan sampai dengan 12 bulan waktu tidur sudah bisa dikatakan normal. Aktivitasnya juga sudah banyak, seperti merangkak dan lainnya. Otomastis waktu tidurnya bisa sama seperti orang yang sudah dewasa.
Waktu tidur siangnya hanya tinggal sekitar 2 sampai 3 jam sedangkan tidur malamnya sekirar 10 jam. Total dalam sehari kurang lebih 13 jam waktu tidurnya. And harus lebih ekstra menjaga si kecil. Karena waktu bermainnya lebih banyak.

Tingkatan umur berdasarkan waktu tidur bayi ada 4 yang masing-masing memiliki waktu yang berbeda. Yang perlu diingat nggak semua pola waktu tidur bayi sama dengan bayi lainnya. Yang paling mengetahui pola waktunya adalah anda sendiri sebagai orang tua.



Pada kategori For Bloggers

About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, aku Blogger Tekno dan Fotografer Foto 360 Derajat yang tinggal Yogyakarta. Berkecimpung sebagai Blogger mulai tahun 2010 dan Fotografer Foto 360 Derajat tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *