Tempat Wisata Di Bukit Tinggi

Image: edisusilo.com

9 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Terkenal Dan Populer

Tempat wisata di Bukit Tinggi menjadi salah satu tempat wisata favorit. Kota kecil ini memiliki tempat wisata yang unik-unik dan banyak memiliki nilai sejarah. Di Bukit Tinggi terdapat jam gadang yang terkenal dan ada kebun binantang tertua di Indonesia yaitu Taman Marga Satwa Dan Budaya Kinantan.

Beberapa waktu yang lalu, aku berkesempatan mengunjungi kota Bukit Tinggi. Berangkat dari rumah sebelum subuh sampai sana kurang lebih jam 10 itu pun karena berhenti dibengkel dulu. Relatif jauh ya karena memang rumahku berada di Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Paling nggak membutuhkan waktu 6 jam perjalanan dengan jalan yang meliuk-liuk.

Suasana kota bukit tinggi sendiri sejuk, dingin ya cocok banget untuk tempat liburan. Biaya dari makan, tempat wisaja murah-murah. Dan bagusnya antara satu tempat wisata dengan tempat wisata lain jaraknya tidak berjauhan. jadi bisa menghemat waktu liburan.

Kalau liburan kan kurang pas rasanya kalau tidak diabadikan. Ada 9 tempat wisata yang aku kunjungi di bukit tinggi. Semuanya bagus-bagus dan cocok buat Kamu yag pingin liburan kesana. Bisa juga jadi referensi mana tau suatu saat Kamu bisa kesana.

Berikut 9 tempat wisata di bukit tinggi yang terkenal dan populer:

1. Jam Gadang

Inilah tempat wisata di bukit tinggi yang paling terkenal di Bukit Tinggi. Jam raksasa yang dengan taman yang indah. Lokasinya berdekatan dengan pasar dan dekat dengan Istana Bung Hatta. Kalau Kamu mau kesini nggak susah nemuinnya. Semua penunjuk jalan sudah ada.

Baca Juga :  Kelok Sembilan: Jembatan Paling Keren Yang Pernah Aku Lewati

Suasanya nyaman, ramai pengunjung juga dan kebetulan kesananya pas hari sabtu jadi mungkin kurang kelihatan ramai. Ada tamannya jadi pas siang hari bisa berteduh. Karena lokasinya dekat pasar, jadi Kamu bisa sekalian beli oleh-oleh disini.

2. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta ini aku nggak masuk kedalam, cuma bisa ambil foto didepannya. Lokasinya persis berseberangkan dengan Jam Gadang. Paling berjarak 50 meteran. Nggak tau boleh masuk atau enggak tapi dari hasil aku baca-baca diwebsite orang, kita nggak diperkenankan masuk. Mungkin Kalau Kamu mau coba.

3. Taman Panorama

Taman Panorama ini tempat wisata di Bukit Tinggi yang bagus banget. Kamu bisa melihat pemandangan indah ngarai sianok dari sini. Kamu juga bisa melihat Lobang Jepang. Pokonya tempatnya enak dan nyaman banget.

Lokasinya nggak jauh dari Jam Gadang. Tempatnya berada dipinggiran kota bukit tinggi. Gampang kok lokasinya dicari. Enaknya kalau Kamu ke Bukit tinggi pakai aja GPS atau google maps pasti mudah cari-cari lokasi wisatanya.

4. Lobang Jepang

Lobang jepang ini merupakan peninggalan Jepang tempo dulu. Lobang jepang ini didalamnya ada lorong-lorong banyak. Kamu bisa lihat denah lokasinya disamping kanan. Dan Kamu sekarang sedang berada di tempat yang seperti gagang ketapel atau persisi dibawah tulisan-tulisan lokasinya.

Terdapat lebih dari 10 lorong didalamnya. Sebelum sampai kelorong tersebut, Kamu harus menuruni anak tangga sejauh kurang lebih 40 meteran. Jadi kalau kira-kira nggak kuat jangan masuk ya hehe. Dan pintu keluarnya ada 2 pilihan, yang pertama Kamu lewat jalan masuk tadi dan yang kedua berda jalur. Saran sih bagi yang memang dirasa kurang kuat lebih baik ambil jalan masuk tadi. Soalnya jalan keluarnya anak tangganya lebih banyak dan pasti melelahkan.

Baca Juga :  Pantai Depok: Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Khususnya Sea Food

Lokasinya dimanasih? Lokasi dari lobang jepang ini berada di area taman panorama. Tiket masuknya sudah jadi satu dengan taman panorama. Disitu juga ada pemandunya kalau mau biar dijelaskan bagian-bagin lorong-lorong lobangnya.

5. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok ini merupakan lembah curam yang bagus banget. Kamu bisa liat pemandangan indah ini di taman panorama. Aku ambil foto ini saat keluar dari lobang jepang. Oh iya kalau kesini hati-hati bawa makanan karena banyak monyetnya yang jahil.

6. Taman Marga Satwa Dan Budaya Kinantan

Taman Marga Satwa Dan Budaya Kinantan ini adalah kebun binantang tertua di Indonesia. Kebun binatang ini kalau nggak salah peninggalan Belanda dulu. Didalamnya ada beraneka ragam binatang, Museum Rumah Adat Baanjuang, Benteng Fort De Kock, ada jembatan limpapeh. Salah satu kebun binatang yang nyaman dan bersih menurutku.

Lokasinya sebenarnya gampang dicari yang jadi masalah ada pintu masuknya. Pas pakai google maps, sampai dibawah jembatan limpapeh sebenarnya udah sampai. Tapi mau masuknya dari mana yang nggak tau. Kalau Kamu dari arah jam Gadang, setelah jembatan limpapeh nanti belok kekanan, trus nanti ada jalan kecil kamu ambil kekanan. Jalan masukknya agak nanjak dan agak kecil sih. Atau kalau masih nggak ketemu mending tanya orang aja.

Baca Juga :  Sekilas Tentang Virtual Reality Photography Yang Perlu Kamu Tau!

7. Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang ini merupakan rumah ada yang isinya banyak banget benda-benda bersejarah yang unik. Lokasinya sendiri berada di dalam Taman Marga Satwa Dan Budaya Kinantan. Di museum ini, Kamu bisa nyobain pakaian adat dan bisa ambil foto juga buat kenang-kenangan.

8. Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh ini penghubung antara Taman Marga Satwa Dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort De Kock. Dibawahnya bukan suangi tapi jalan raya. Jalan ini tembunya ke Jam Gadang kalau lurus. Dari atas jembatan ini Kamu bisa lihat sebagian keramaian kota Bukit Tinggi.

9. Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock ini merupakan benteng peninggalan Belanda dulu. Lokasi benteng ini berada di area Taman Marga Satwa Dan Budaya Kinantan tepatnya di taman burungnya. Kalau mau kesini, Kamu melewati Jembatan Limpapeh terlebih dahulu.

Bentengnya terbilang masih bagus dan masih terdapat meriam-meriam kuno disekelilingnya. Lokasinya yang berada di puncak bukit ini membuat udaranya terasa sejuk. Masih banyak pepohonannya yang tinggi-tinggi.

Itu tadi 9 tempat wisata di bukit tinggi yang terkenal dan populer. Kamu bisa kunjungi 9 tempat wisata tersebut hanya dalam 1 hari saja. Biaya masuk objek-objek wisatanya juga murah-murah. Tempat yang rekomendasi banget bat liburan.

Kalau aku kemarin pas kesini sorenya langsung ke payakumbuh. Jaraknya kurang lebih 60 km atau 1 jamperjalanan. Disana ada tempat-wisata yang bagus-bagus juga dan dekat juga dengan lembah harau yang terkenal. Selamat Berlibur semoga selalu bahagia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *