Promosi Blog

Image: edisusilo.com

Langkah 6: Promosi Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Setelah kita sebelumnya membuat konten dengan baik, pastinya kita ingin apa yang kita tulis dibaca banyak orang. Salah satu cara agar ada yang berkunjung ke blog kita dan membaca postingan-postingan kita adalah dengan melakukan promosi blog.

Pada dasarnya saat ini ada tiga cara pengunjung bisa datang ke blog kita. Pertama pengunjung bisa datang datang dari search engine seperti google. Kemudian pengunjung bisa datang dari media sosial, website lain yang link blog kita ada didalamnya. Atau kalau blog kita punya konten yang menarik, bisa saja orang datang secara langsung ke blog kita tanpa perantara.

1. Daftar Google Webmaster

Jika ingin artikel Kamu masuk google, maka Kamu harus submit artikel melaui google webmaster. Langsung aja kunjungi situs google webmaster disini. Selanjutnya klik tombol TAMBAH PROPERTI. Masukkan alamat url blog Kamu ke kolom yang tersedia dan jangan lupa tekan tombol Tambah.

Promosi Blog Webmaster

google.com

Kemudian Kamu diminta untuk melakukan verifikasi blog. Salah satu cara yang mudah dengan mengupload file yang sudah disediakan. Kamu hanya tinggal masuk ke hosting blogmu dengan dengan memasukkan pada file manager . Info seputar data login Kamu bisa lihat disini. Jika sudah diupload, kemudian klik tombol VERIFIKASI.

Baca Juga :  Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Setelah melakukan verifikasi, Kamu akan masuk ke dashboard. Langkah selanjutnya Kamu hanya perlu memasukkan sitemap blogmu. Sitemap blogmu bisa didapatkan dengan masuk ke dashboard blog WordPress ke menu SEO > XML Sitemaps. Biasanya sitemap jika menggunakan plugin Yoast SEO, yaitu: namadomain.com/post-sitemap.xml dan namadomain.com/page-sitemap.xml.

Caranya Kamu masuk ke Perayapan > Peta Situs. Kemudian klik tombol Tambahan/Uji Peta Situs. Masukkan kedua sitemap blogmu disitu, yaitu: namadomain.com/post-sitemap.xml dan namadomain.com/page-sitemap.xml. Selain itu, untuk mempercepat artikelmu masuk google, Kamu juga bisa submit url postinganmu di Perayapan > Ambil Sebagai Google.

2. Share Lewat Media Sosial

Setelah Kamu membuat konten baru, sebisa mungkin share apa yang Kamu buat tadi ke media sosial. Kalau aku biasanya postingan baru dishare ke facebook, google+ dan twitter. Semakin banyak Kamu share maka semakin banyak pula kesempatan orang lain tau apa yang Kamu buat. Dengan begitu cara ini bisa mendatangkan pengunjung apalagi jika yang Kamu buat bisa menjadi viral di media sosial.

Baca Juga :  7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

3. Mengomentari Blog Lain

Cara selanjutnya agar blogmu diketahui orang banyak dengan memberi komentar ke blog lain. Atau istilah lainnya meninggalkan jejak. Cara ini bisa mendatangkan pengunjung minimal si pemilik blog. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memberi komentar, yaitu:

Lihat Kelengkapan Komentar

Sebelum memberikan komentar, pastikan kelengkapan form komentar seperti: Nama, Email, Website dan Kolom Komentar tersedia. Beberapa blog ada yang kelengkapan seperti website tidak ada. Jelas kalau ingin ingin promosi blog sulit dilakukan jika form website tidak ada.

Yang perlu diingat jangan memasukkan link di kolom komentar. Biasanya link yang ada didalam kolom komentar dianggap spam. Dan komentar semacam ini banyak yang tidak disetujui oleh si yang punya blog.

Cek DA dan PA

Apa itu DA dan PA? Kamu bisa baca di artikel: Apa itu DA dan PA?. Untuk mengecek DA dan PA Kamu bisa langsung klik disini. Nanti disitu akan ada info skor DA dan PA. Selain itu ada juga spam score. Saran juga sebisa mungkin jangan berkomentar di blog yang spam skornya tinggi. Ya maksimal 1 atau 2 saja masih bolehlah.

Baca Juga :  Pixabay: Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog Yang Lengkap Banget!

4. Memasukkan Postingan Ke Web Lain

Selain cara diatas, Kamu juga bisa mengikuti cara dibawah ini. Dan sebelum memasukkan ke web lain, pastikan dulu cek DA dan PA nya ya.

Masuk Forum

Kamu bisa promosi blog Kamu melalui forum online. Banyak forum yang bisa Kamu masuki, seperti kaskus, forum liputan6, forum kompas, forum detik, forum viva dan masih banyak lagi. Buat diskusi menarik dan jangan lupa sisipkan blog Kamu.

Direktori Blog

Selanjutnya Kamu bisa masukkan ke direktori-direktori blog. Banyak banget direktori blog, kalau di Indonesia seperti Blog JPNN. Dan Kamu bisa cari lainnya di search engine google.

Masukkan Konten Ke Situs Berita

Apa yang Kamu tulis di Blog juga bisa Kamu submit ke situs berita seperti detik, kompas, tribunnews dan viva dan lainnya. Aku pernah masukin ke tribunnews dan viva, keduanya alhamdulillah dimuat di situsnya. Kamu lihat saja tata cara yang ada dimasing-masing web.

Langkah Berikutnya: Monetize WordPress →



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *