Memulai Blog

Image: edisusilo.com

Langkah 1: Memulai Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Proses memulai blog tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Kamu hanya membutuhkan waktu tidak sampai 30 menit. Namun sebelum melakukan proses pembuatan blog. Ada beberapa hal yang perlu Kamu persiapkan terlebih dahulu saat memulai blog sebagai berikut:

1. Memilih Platform Blog

Secara umum, platform blog yang paling banyak digunakan, yaitu: Blogger dan WordPress. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa menentukan plaftform blog mana yang akan Kamu pakai. Agar Kamu bisa memilih platform blog yang tepat, sebaiknya Kamu baca artikel: Memilih Platform Blog Yang Tepat terlebih dahulu.

Pada langkah tutorial ini, kita akan membuat blog berbasis WordPress. Kenapa? Karena pertimbangannya Blog ini akan Kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, jika Kamu berharap bisa mendapatkan uang dari blog, menggunakan platform WordPress adalah langkah yang tepat.

Baca Juga :  Perlukah Monetize Blog Dilakukan? Apa Pentingnya?

Namun jika Kamu ingin menggunakan platform Blogger, maka sebaiknya Kamu ikuti langkah pada artikel: Membuat Blog Blogger. Tapi tunggu dulu, sebaiknya Kamu selesaikan terlebih dahulu membaca artikel ini. Karena nantinya akan ada hubungannya dengan proses pembuatan blog di Blogger.

Proses antara pembuatan blog Blogger dengan WordPress berbeda. Prosesnya akan lebih mudah menggunakan platform Blogger. Jadi kalau Kamu nggak Mau ribet sedikit dan pingin cepet, maka lebih baik menggunakan platform Blogger saja.

2. Menentukan Nama Domain Blog

Selanjutnya Kamu perlu mempersiapkan nama domain blog. Nama domain sesuaikan dengan kenginginanmu. Kamu bisa menggunakan nama Kamu atau bisa sesui dengan topik yang akan menjadi bahasan utama pada blogmu nantinya. Sebisa mungkin nama domain yang sederhana dalam penyebutannya dan juga tidak terlalu panjang.

Baca Juga :  Akhirnya Blog Ini Migrasi Dari HTTP Ke HTTPS, Mau Tau Caranya?

Penggunaan domain antara platform Blogger maupun WordPress tidak ada bedanya. Domainnya sama saja bisa digunakan dikeduanya. Yang berbeda hanya pengaturan pengarahan domainnya saja.

Setelah penentuan nama domain, kemudian tentukan juga domain seperti apa yang akan digunakan. Ada banyak domain TLD yang ada dipasaraan, sepertiL: .com, .net, .id, .web.id, .org dan masih banyak lagi. Kalau ingin lebih tau tentang domain TLD, kamu bisa baca artikel: Apa Itu Domain TLD?.

Kalau saran aku, jika penggunaannya untuk blog pribadi, sebaiknya memilih antara .com, .net atau .id. Penggunaan salah satu dari ketiga domain ini lebih banyak dikenal orang. Sehingga nantinya penyebutan alamat blog Kamu jadi lebih mudah.

Jika Kamu tadi ingin menggunakan platform Blogger, maka Kamu bisa langsung menuju artikel tutorialnya. Karena blog dari blogger tidak membutuhkan hosting.

Baca Juga :  Apa itu SEO? Kenapa Blog Membutuhkan SEO? Jawabnya SEO Adalah ...

Membuat Blog Blogger →

3. Pemilihan Hosting Blog

Selanjutnya Kamu perlu persiapan pemilihan hosting yang tepat. Kamu bisa mulai dengan memilih penyedia jasa hosting yang terpercaya dan handal. Banyak penyedia hosting di Indonesia, Kamu harus pintar-pintar menentukan mana yang pas buat blogmu.

Kamu juga perlu menentukan paket hosting yang ditawarkan nantinya. Kalau untuk blog pribadi yang pengunjungnya diawal-awal belum banyak, lebih baik pilih paket yang paling murah. Kalau aku suka paket yang bulanan atau per 3 bulan. Karena jika butuh performa yang lebih tinggi, akan lebih mudah diupgrade paket hostingnya.

Langkah awal memulai blog sudah Kamu lalui. Berikutnya kita akam fokus bagaimana membuat blog berbasis WordPress menggunakan self hosting. Siapkan secangkir kopi dan saldo yang cukup direkening ya.

Langkah Berikutnya: Membuat Blog WordPress →



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *