Platform Blog

Image: edisusilo.com

Memilih Platform Blog Yang Tepat, Blogger Vs WordPress!

Bagi Kamu yang masih pemula ingin membuat blog, memilih platform blog yang tepat adalah hal yang paling awal untuk ditentukan. Platform blog sendiri ada ada banyak, namun yang paling banyak digunakan dan umumnya dipakai, yaitu Blogger dan WordPress. Kedua platform ini sudah sangat populer dikalangan para penggiat blog.

Selain Blogger dan WordPress, ada juga platform blog lokal. Dan untuk blog lokal biasanya untuk domain menggunakan subdomain dari penyedianya. Sedangkan Blogger dan WordPress bisa di custome sesuai dengan keinginan kita. Dan saran dari aku, jika ingin serius menekuni blog maka gunakan antara Blogger atau WordPress.

Blogger dan WordPresssama-sama besar dan sudah banyak digunakan. Manakah yang terbaik dan yang paling tepat buat blog Kamu? Pada postingan pertama ini aku akan memberikan gambaran untuk Kamu mengenai kedua Platform ini. Karena masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

#Blogger

Pertama yang akan aku bahas disini tentang plaftform Blogger. Blogger sendiri aku bagi 2, yaitu Blogger menggunakan subdomain blogspot.co.id yang benar-benar gratis dan Blogger menggunakan custome domain yang memerlukan pembiayaan. Berikut ulasan mengenai keduanya:

1. Blogger Menggunakan Subdomain Blogspot.co.id

Kelebihan Blogger menggunakan subdomain blogspot.co.id adalah gratis. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Blogger merupakan platform blog yang dimiliki oleh Google. Jadi akan banyak dukungan dari produk-produk google seperti analytics, peyimpanan file, dan adsense.

Kamu tidak perlu memikirkan domain dan hosting karena semua sudah disediakan oleh Blogger. Karena pemakainnya banyak, tutorial-tutorial mengenai Blogger ini mudah kita temukan. Pemakaiannya juga mudah jika digunakan untuk pemula. Blogger ini cocok bagi Kamu yang suka memasukkan banyak gambar pada postingan.

Kekurangan dari Blogger menggunakan subdomain blogspot.co.id adalah kita kurang bebas dan fitur terbatas. Seperti kita tidak bisa menentukan bentul url pada blog. Bagi Kamu yang memang hanya fokus untuk menulis, Blogger menggunakan subdomain blogspot.co.id ini cocok untuk Kamu. Mudah penggunaannya dan Kamu tidak lagi perlu memikirkan hal-hal teknis mengenai blognya sendiri.

Baca Juga :  Langkah 7: Monetize Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

2. Blogger Menggunakan Custome Domain

Selangkah lebih baik dari Blogger menggunakan subdomain blogspot.co.id adalah dengan mengganti domainnya. Blogger menyediakan fitur untuk mengganti subdomain dengan custome domain, seperti: .com, .net. , .org, masih banyak lagi. Selebihnya sama halnya dengan penjelasan di Blogger menggunakan subdomain blogspot.co.id.

Kekurangannya tentu Kamu akan mengeluarkan biaya untuk membeli domain. Untuk hosting Kamu tetap tidak perlu memikirkannya, karena Blogger full diberikan gratis. Blogger jenis ini cocok bagi Kamu yang tidak ingin keluar biaya banyak namun memiliki blog dengan domain sesuai dengan keinginan.

#WordPress

Untuk WordPress sendiri aku bagi 3, yaitu WordPress menggunakan subdomain wordpress.com yang benar-benar gratis, WordPress menggunakan custome domain dengan pembiayaan sedikit dan WordPress self hosting dengan full pembiayaan. Berikut penjelasan ketiga pilihan WordPress tersebut:

1. WordPress Menggunakan Subdomain WordPress.com

Sama halnya dengan Blogger menggunakan subdomain blogspot.co.id, WordPress tipe ini full gratis. Kamu bebas menggunakannya tanpa mengeluarkan uang. Dan sedikit lebih baik dari Blogger, WordPress memiliki banyak dukungan plugin. Penggunaan untuk pemula juga mudah tanpa perlu memikirkan hal-hal teknis.

Kekurangannya jika menggunakan platform gratisan adalah keterbatasan fitur-fitur yang dimiliki. Dan domain menjadi panjang karena menggunakan subdomain. Tapi WordPress model ini sudah cocok bagi Kamu yang ingin memulai memiliki blog dan fokus pada tulisan.

2. WordPress Menggunakan Custome Domain

Antara Blogger menggunakan custome domain danWordPress custome domain sebenarnya sama. Kita hanya mengganti subdomain dengan domain yang bisa kita beli. Bedanya Blogger membebaskan kita untuk membeli domain dimana saja sedangkan domain di WordPress kita tidak bisa membeli ditempat lain.WordPress sudah menyediakan tempat untuk pembelian domain. Dan harganya tentu diatas rata-rata penjual domain.

Baca Juga :  Langkah 6: Promosi Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Jika dibandingan dengan Wordpres yang benar-benar gratis, WordPress menggunakan custome domain memiliki kelebihan. Tidak ada iklan dan tentunya domain menjadi lebih ringkas. Jika blog Kamu ingin terlihat profesional namun tidak ingin mengurusi hal-hal teknis maka tipe ini cocok digunakan.

3. WordPress Self Hosting

Bagi Kamu yang ingin benar-benar serius menekuni blog, maka saran dari aku menggunakan platform yang satu ini. WordPress self hosting ini menggunakan content management system (CMS) milik WordPress. CMS WordPress ini gratis dan bisa digunakan untuk blog atau web skala besar sekalipun.

Menggunakan WordPress Self Hosting, Kamu bebas mengelola blog sesuai dengan keinginan. Fitur yang bisa kita gunakan tanpa batas. Semuanya bisa kita kelola sendiri dari mulai custome CMS, hosting dan domainnya.

Dengan kelebihan yang didapatkan tentu tidak gratis. Kamu perlu menyiapkan biaya untuk hosting dan domain. Dan Kamu juga perlu mempelajari hal-hal teknis. Dan tipe ini lebih cocok yang bagi Kamu yang memang benar-benar serius dan mau belajar.

Dari 5 pilihan platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Aku sarankan sebelum membuat blog, tentukan terlebih dahulu menggunkan platform yang mana. Hal ini akan berpengaruh kedepannya jangan sampai Kamu menyesal menggunakan platform tersebut.

Aku sudah pernah menggunakan platfrom Blogger gratis dan meggunakan custome domain. Selain itu juga sudah pernah mencoba menggunakan platform WordPress gratis. Dan pada akhirnya aku menemukan yang terbaik, yaitu menggunakan WordPress self hosting pada blog aku.

Menggunakan WordPress selft hosting kita akan memiliki kebebasan dalam proses pengelolaannya. Yang paling menarik adalah dukungan pluginnya banyak, sehingga apa yang kita inginkan bisa terwujud menggunakan WordPress self hosting. Selain itu, penggunanya banyak sehingga dukungan tutorial bisa kita temukan di mesin pencarian dengan mudah.

Baca Juga :  Apa itu SEO? Kenapa Blog Membutuhkan SEO? Jawabnya SEO Adalah ...

Kesimpuan

Dari 5 platform yang sudah kita bahas diatas, maka kita perlu menyimpulkan mana yang sesuai untuk Kamu. Memilih platform blog sama halnya memilih rumah. Pilih mana yang nyaman dan sesaui untuk Kamu. Berikut kelebihan dan kekurangan dari platform blog yang ada:

1. Blogger Menggunakan Subdomain Blogspot.co.id

Kelebihan
– Gratis
– Mudah digunakan
– Cocok untuk pemula
– Template bebas

Kekurangan
– Fitur terbatas
– Domain panjang
– Plugin/Widget terbatas

2. Blogger Menggunakan Custome Domain

Kelebihan
– Domain Bebas
– Mudah digunakan
– Cocok untuk pemula
– Template bebas
– Lebih Profesional

Kekurangan
– Fitur terbatas
– Plugin/Widget terbatas
– Ada biaya tambahan untuk domain /tahun

3. WordPress Menggunakan Subdomain WordPress.com

Kelebihan
– Gratis
– Mudah digunakan
– Cocok untuk pemula
– Template terbatas

Kekurangan
– Fitur terbatas
– Domain panjang

4. WordPress Menggunakan Custome Domain

Kelebihan
– Domain Bebas
– Mudah digunakan
– Cocok untuk pemula
– Template terbatas
– Lebih Profesional

Kekurangan
– Fitur terbatas
– Ada biaya tambahan untuk domain /tahun

5. WordPress Self Hosting

Kelebihan
– Domain Bebas
– Mudah digunakan
– Fitur tidak terbatas
– Bebas Mengelola
– Lebih Profesional
– Plugin tidak terbatas
– Template bebas

Kekurangan
– Ada biaya tambahan untuk domain /tahun
– Ada biaya tambahan untuk hosting /bulan atau /tahun
– Mau belajar

Dari kelebihan dan kekurangan masing-masing platform diatas, Kamu bisa menentukan sendiri mana yang cocok untuk Kamu gunakan. Jangan sampai salah pilih karena pergantian platform tentunya seperti mengulang dari nol kembali. Semangat ngeblog dan semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *